Education in a Post Covid-19: Penyesuaian Diri Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang dalam Menghadapi Pembelajaran Luring

Authors

  • Dhiya Fauziyyah Sudirman Universitas Negeri Malang
  • Fina Alfiah Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Nur Rohmah Hidayatul Qoyyimah Universitas Negeri Malang
  • Femmi Nurmalitasari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i112022p713-726

Keywords:

penyesuaian diri, pembelajaran luring, post Covid-19

Abstract

In this current post-Covid-19 pandemic era, one of the challenges faced in the field of education is to return engaging or offline learning to the way it was before the Covid-19 pandemic. Changes in learning policies can have both positive and negative impacts, so it is necessary to make adjustments for each individual to face these challenges. Therefore, this study aims to find out about the adjustment of psychology students who undergo engaging learning. The method used in this study is a qualitative research method with a phenomenological model. Data collection used semi-structured interviews with 3 participants who were Psychology students class of 2020, at the State University of Malang, and who were studying offline this year. The findings in the field showed that two of three participants had sufficiently adjusted to offline learning after the Covid-19 pandemic, however, the participants have not been able to see events objectively and realistically. Concurrently, another participant still showed poor self-adjustment, because she could not control her emotions well, experienced feelings of frustration, and could not see events objectively, and there were several conditions that made participants unable to learn optimally.

Abstrak

Di era post-pandemic Covid-19 saat ini, tantangan yang dihadapi dalam bidang pendidikan salah satunya yaitu kembalinya pembelajaran luring atau luar jaringan seperti saat sebelum pandemi Covid-19. Perubahan kebijakan pembelajaran dapat memiliki dampak positif maupun negatif, sehingga perlu adanya penyesuaian diri dari masing-masing individu untuk menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri mahasiswa psikologi yang menjalani pembelajaran luring. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur dengan 3 partisipan yang merupakan mahasiswa Psikologi angkatan 2020 Universitas Negeri Malang yang menjalani perkuliahan secara luring. Hasil temuan di lapangan yaitu dua partisipan cukup menyesuaikan diri dalam pembelajaran luring usai pandemi Covid-19, namun, belum dapat melihat kejadian secara objektif dan realistis. Sedangkan, satu partisipan lainnya menunjukkan penyesuaian diri yang kurang baik, dikarenakan belum dapat mengontrol emosi dengan baik, mengalami perasaan frustasi, dan belum dapat melihat kejadian secara objektif, serta terdapat beberapa kondisi yang membuat partisipan belum dapat belajar secara maksimal.

References

Argaheni, N. B. (2020). Sistematik review: Dampak perkuliahan daring saat pandemi covid-19 terhadap mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99-108.

Atkinson, R.L, Atkinson, R. C., Hilgard. (1983). Pengantar psikologi. Jakarta: Erlangga. Choirudin, M. (2016). Penyesuaian diri: sebagai upaya mencapai kesejahteraan jiwa. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 12(1), 1-20.

Fanani, Q., & Jainurakhma, J. (2020). Kemampuan penyesuaian diri mahasiswa terhadap pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Jurnal KomtekInfo, 7(4), 285-292.

Ginitasasi, R. (2010). Pengantar Psikologi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Godly, Hilmi. (2020). Pengaruh dukungan dan motivasi intrinsik terhadap penyesuaian diri. Studi pada pondok pesantren al-furqan tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung DJati Bandung.

Hanurawan, F. (2015). Psikologi sosial. Bandung: Remaja Rosdakarya

Harapani, A. (2020). Pengaruh Kuliah Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Mahasiswa.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299– 306.

Herbert, C., El Bolock, A. & Abdennadher, S. (2021). How do you feel during the COVID-19 pandemic? A survey using psychological and linguistic self-report measures, and machine learning to investigate mental health, subjective experience, personality, and behaviour during the COVID-19 pandemic among university students. BMC Psychol 9, 90. https://doi.org/10.1186/s40359-021-00574-x

Margareta, Y., Hidayati, N. W., & Maulana, R. (2022). Analisis penyesuaian diri dalam belajar online masa pandemi Covid-19 siswa kelas X SMAN 1 Sekadau. BIKONS, 2(1), 7-16.

Muslim, M. (2020). Manajemen Stres pada Masa Pandemi COVID-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201. https://ibn.ejournal.id/index.php/ESENSI/article/view/205

Muduli, M.T.R.P.K., Asjola, V., Chaudhary, P., Aavarti, S.A. (2019). E-learning platforms for transforming higher education through distance learning. librarianship delevopment through internet of things and customer service, 61.

Pelucio, L., Simões, P., Dourado, M.C.N. et al. (2022). Depression and anxiety among online learning students during the covid-19 pandemic: a cross-sectional survey in Rio de Janeiro, Brazil. BMC Psychol 10, 192. https://doi.org/10.1186/s40359-022-00897-3.

Pradhana, R. W. (2018). Pengaruh financial literacy, cognitive bias, dan emotional bias terhadap keputusan investasi (Studi pada investor Galeri Investasi Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3), 108-117.

Pramana, Cipta. (2020). Pengembangan media pembelajaran menggunakan teknologi komunikasi dan informasi di masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 910-914.

Prameswari, A.A.P., Mujiyati., Tri, S. (2020). Perbandingan manajemen waktu mahasiswa sebelum dan selama pandemi Covid-19 di jurusan kesehatan gigi poltekkes kemenkes palembang. Jurnal Kesehatan Gigi dan Mulut (JKGM), 2(2): 10-13.

Ramadhan, I., Ayu, M., Dini, A.A., Diahm M., Sana., Nurul, F. (2022). Proses perubahan pembelajaran siswa dari daring ke luring pada saat pandemi Covid-19 di madrasah tsanawiyah. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2): 1783-1792.

Schneiders, A.A. (1955). Personal Adjustment and Mental Health. New York : Holt, Reinhart & Winstonn Inc.

Solikin, I. (2020). Manajemen Waktu Kegiatan Organisasi, Kuliah dan Sosial Kemasyarakatan Mahasiswa HMP PGSD UMS (Doctoral dissertation) Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Suharwoto, G. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan. Diakses dari: https://pusdatin.kemdikbud.go.id/pembelajaran-online-di-tengah-pandemi-Covid-19-tantangan-yang-mendewasakan/.

Wijaya, I. P., Niken, T.P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Jurnal Persona, 1(1): 40-52.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Dhiya Fauziyyah Sudirman, Fina Alfiah Wulandari, Nur Rohmah Hidayatul Qoyyimah, & Femmi Nurmalitasari. (2023). Education in a Post Covid-19: Penyesuaian Diri Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang dalam Menghadapi Pembelajaran Luring. Flourishing Journal, 2(11), 713–726. https://doi.org/10.17977/um070v2i112022p713-726

Issue

Section

Articles