Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD

Authors

  • Jati Fatmawiyati Universitas Negeri Malang
  • Resi Shaumia Ratu Eka Permata Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i82022p567-582

Keywords:

implementasi pendidikan inklusif, pendidikan anak usia dini

Abstract

Abstract: PAUD education is held to provide opportunities for children with special needs to obtain learning on a par with normal children. PAUD education also helps children with special needs to be able to develop their potential as much as possible. This study aims to determine the implementation of inclusive education in PAUD ACR  in terms of the principles of implementing PAUD inclusive education established by the Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.  This research uses a qualitative approach. The results showed that the implementation of PAUD ACR  was in accordance with the principles of PAUD education including those contained in the Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif from the Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. The principles of providing education at PAUD ACR are quite consistent with the principles of curriculum development, learning principles, infrastructure, learning evaluation, procedures for admitting students with special needs, human resources, the ratio of students with special needs in study groups, parental involvement, and evaluating the implementation of inclusive PAUD.

 

Abstrak: Pendidikan inklusif pada lembaga PAUD diselenggarakan sebagai upaya untuk memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pembelajaran yang setara  dengan anak reguler lainnya serta memungkinkan anak untuk dapat menyalurkan potensi yang dimilikinya sedini mungkin.  Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan inklusif di PAUD ACR ditinjau dari prinsip-prinsip  penyelenggaraan  pendidikan PAUD inklusif yang ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Pendekatan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data penelitian menggunakan metode  observasi, wawancara serta didukung dokumentasi. Data pada penelitian ini dianalisis dengan cara reduksi data, model data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini antara lain kepala sekolah PAUD ACR, Guru Penanggung Jawab Kelas, serta wali murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan PAUD ACR telah cukup sesuai dengan prinsip-prinsip  penyelenggaraan  pendidikan PAUD inklusif yang tertuang dalam Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Prinsip yang cukup sesuai mulai dari penyusunan kurikulum, prinsip pembelajaran, sarana prasarana evaluasi pembelajaran, prosedur penerimaan siswa ABK, sumber daya manusia, rasio siswa ABK dalam rombongan belajar, keterlibatan orangtua, serta evaluasi penyelenggaraan PAUD Inklusif. 

References

Azizah, A. N., Adriany, V., & Romadona, N. F. (2019). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif di Lembaga PAUD. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 16(2), 109-120.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini (2018). Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2018). Model Program Pembelajaran Individual. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. (2015). NSPK (Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria) Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Fatmawiyati, J., dkk. (2022). Modul Pelatihan Pendidikan Inklusi. Malang: Inteligensia Media

Hallahan, D. P., & Kauffman, J. M. (2006) Exceptional Children: Introduction to Special Education. Boston: Allyn & Bacon.

Hastari, Y. N., & Sujana, I. W. (2020). Pelaksanaan Program PAUD Inklusi Berbasis Pendidikan Islam: Studi Kasus di RA Anak Emas. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 469-476.

Indianto, R. (2013). Materi Workshop Sekolah Inklusi : Implementasi Pendidikan Inklusif. Surakarta: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan inklusi sebagai alternatif solusi mengatasi permasalahan sosial anak penyandang disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).

Mangunsong, F. (2014). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Jilid Kesatu. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3).

Merinda, S., Itryah, I., & Misnawati, D. (2022). Deteksi Perkembangan Anak Paud Harapan Bunda Di Desa Sugih Waras. J-Abdi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(6), 5247-5254.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 TAHUN 2009 http :// kelembagaan.ristekdikti.go.id / wp-content /uploads/ 2016 /11/Permen-No.-70-2009- tentang-pendidiian-inklusif-memiliki-kelainan kecerdasan.pd

Rudiyati, S. Pengembangan Kurikulum Adaptif di Sekolah Inklusif. Online diakses 30 November 2022 dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-sarirudiyati-mpd/kurikulum-adaptif-di-sekolah-inklusif.pdf

Sibanda, L. (2021). Chapter inclusion in early childhood development settings: a reality or an oasis. Education in Childhood, 1-19.

Stubbs, S. (2002). Pendidikan Inklusif Ketika Hanya Ada Sedikit Sumber. The Atlas Aliance.

Underwood, K., Valeo, A., Wood, R. (2012). Understanding inclusive early childhood education: a capability approach. Contemporary issues in early childhood 13(4), 290-299.

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Fatmawiyati, J. ., & Permata, R. S. R. E. . (2023). Implementasi Pendidikan Inklusif di PAUD. Flourishing Journal, 2(8), 567–582. https://doi.org/10.17977/um070v2i82022p567-582

Issue

Section

Articles