KEEFEKTIFAN PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM BELAJAR DI SMK SIDING PURI LENTENG

Authors

  • Devivatul Adibah Universitas Negeri Malang
  • Aji Bagus Priyambodo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p468-478

Keywords:

konseling realitas; teknik WDEP; tanggung jawab belajar

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to test the (want, direction, evaluation, planning) WDEP technique to increase student learning responsibility. Therefore, the researcher intends to find out the extent of the effectiveness of reality counseling using the WDEP technique to increase student learning responsibility. The method in this study is a quantitative approach with a pre-experimental one group pretest posttest design. The experimental design used in this study was pretest → treatment nt → posttest, which involved one class as an experiment. The results of this study indicate differences in students' learning responsibilities before and before receiving treatment. If before getting treatment the level of student learning responsibility was at 58.58% and was in the low category, getting treatment the level of student responsibility increased at 80.04% and entered the medium category, from the data it can be seen that the difference in presentation before and before given treatment that is 21.46%. The analysis technique used was the normality test with significance p= 0.200>0.005, and the paired sample t-test obtained a significance of 0.000 where p= 0.000< 0.05. So it can be concluded that there is a significant difference between the results of the pretest and posttest, which means that the application of reality counseling using the WDEP technique is effective to increase learning responsibility.

Keywords: reality counselin;, WDEP technique; learning responsibility.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji teknik (want, direction, evaluation, planning) WDEP untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Oleh karena itu peneliti berniat untuk mengetahui sejauh mana efektivitas konseling realitas dengan menggunakan teknik WDEP untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa. Metode dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Pre-experimental one group pretest posttest design. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini pretest→treatment→posttest, yang melibatkan satu kelas sebagai eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan tanggung jawab belajar pada siswa sebelum dan sesudah mendapatkan treatment. Jika sebelum mendapatkan treatment tingkat tanggung jawab belajar siswa berada pada 58,58% dan masuk dalam kategori rendah, setelah mendapatkan treatment tingkat tanggung jawab siswa meningkat pada 80,04% dan masuk pada kategori sedang, dari data tersebut dapat dilihat bahwa perbedaan presentase sebelum dan sesudah diberikannya treatment yaitu 21,46%. Adapun teknik analisis yang digunakan uji normalitas dengan signifikansi p= 0,200>0,005, dan uji paired sample t-test diperoleh signifikansi 0,000 dimana p=0,000< 0,05. Maka dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest, yang berati penerapan konseling realita dengan menggunakan teknik WDEP efektif untuk meningkatkan tanggung jawab belajar.

Kata kunci: konseling realitas; teknik WDEP; tanggung jawab belajar

References

Ali Masrohan. (2014). Penerapan Konseling Kelompok Realitas Teknik WDEP untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rojogampi Banyuwangi. Unesa Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1–10.

Arjanggi, R., & Suprihatin, T. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi-Diri. Makara Human Behavior Studies in Asia, 14(2), 91. https://doi.org/10.7454/mssh.v14i2.666

Bariyyah, K., Hastini, R. P., & Wulan Sari, E. K. (2018). Konseling Realita untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Konselor, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24036/02018718767-0-00

Bergita, D., & Romia, H. (2021). Upaya Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Melalui Konseling Kelompok Realita. Konseling Indonesia, 6(2).

Corey, G. (2007). Teori dan praktek konseling & psikoterapi (Ed. 2). Bandung: Refika Aditama, 2007.

Dewi, F. P. (2016). Tingkat tanggung jawab belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 dan implikasinya terhadap usulan topik-topik bimbingan belajar. Universitas Sanata Dharma.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar (Ed. 2). Jakarta : Rineka Cipta, 2011.

Filsufah. (2016). Efektifitas Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Hisbah, 13(11).

Hadi, S., & Nurhaidah. (2021). Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Di Rumah Selama Covid 19 Melalui Pendekatan Konseling Kelompok Realita:(Studi Kasus Siswa Kelas X1 SMA Negeri 2 Lambu). Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 11(1), 112–130.

Helmiyatun. (2021). Keefektifan Teknik WDEP Dalam Konseling Realita Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

Lickona, T. (1991). mendidik untuk membentuk karakter bagaimana sekolah mengajarkan sikap hormat dan tanggung jawab (U. Wahyudin (ed.); Cetakan ke). Jakarta : bumi aksara, 2016.

Mahsunah, F. (2017). UPAYA MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK REALITA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 PRAMBON NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Munawarah, D. M. (2020). PENGARUH LAYANAN KONSELING TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DENGAN TEKNIK POSITIVE REINFORCEMENT PADA SMK NEGRI 7 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. UIN Raden Intan Lampung.

Ningrum, Sekar dan Wiryosutomo, H. W. (2020). Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal BK UNESA, 11(2), 158–162.

Nurul Rizqa. (2013). Penerapan Konseling Kelompok Realita Tektik WDEP Utuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Mojosari. BK Unesa, 03(01).

Putri Puspita D. (2014). PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA TEKNIK WDEP UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB DALAM MEMATUHI TATA TERTIB SEKOLAH PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 1 WONOAYU. 491–498.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suwardi, D. R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Bae Kudus. Economic Education Analysis Journal, 1(2)

Downloads

Published

2023-01-11

How to Cite

Adibah, D. ., & Priyambodo, A. B. . (2023). KEEFEKTIFAN PENERAPAN KONSELING REALITA UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM BELAJAR DI SMK SIDING PURI LENTENG. Flourishing Journal, 2(6), 468–478. https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p468-478

Issue

Section

Articles