Akun Alter: Cara Baru Presentasi Diri di Media Sosial

Authors

  • Risya Meidhina Syavitri Universitas Negeri Malang
  • Rakhmaditya Dewi Noorrizki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p440-446

Keywords:

akun alter; presentasi diri; media sosial

Abstract

Abstract: In the modern era, the development of Science and technology brought many changes in people's lives. Internet and social media which is a product of the development of information and communication technology emerged to facilitate interaction between people. In interacting, humans will form a self-presentation to be accepted by society, both naturally and artificially. Today, social media offers a variety of convenience for its users to form a self-presentation as desired by operating more than one account in the same device. This is what then causes the emergence of anonymous accounts without identity or commonly known as alter accounts. This study aims to identify the form of self-presentation strategies such as what the alter account users have.  This study was conducted using the literature review method. The results of the literature review revealed that alter account users use self-presentation strategies ingratiation, intimidation, and self-promotion. Most alter account owners avoid disclosing information that could indicate identity, but dare to express personal opinions that may be controversial.

Keywords: alter accounts; self presentation; social media

Abstrak: Di era modern, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa banyak perubahan dalam kehidupan bermasyarakat. Internet dan media sosial yang merupakan produk dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi muncul untuk mempermudah interaksi antar manusia. Dalam berinteraksi, manusia akan membentuk presentasi diri untuk bisa diterima masyarakat, baik secara alami maupun dibuat-buat. Dewasa ini, media sosial menawarkan beragam kemudahan bagi para penggunanya untuk membentuk presentasi diri sesuai keinginan dengan mengoperasikan lebih dari satu akun dalam perangkat yang sama. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya akun-akun anonim tanpa identitas atau yang biasa dikenal dengan istilah akun alter. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan bentuk strategi presentasi diri seperti apa yang dimiliki para pengguna akun alter.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode review literatur. Hasil dari kajian literatur mengungkapkan bahwa pengguna-pengguna akun alter menggunakan strategi presentasi diri ingratiation, intimidation, dan self-promotion. Kebanyakan pemilik akun alter menghindari mengemukakan informasi yang bisa menunjukkan identitas, namun berani mengemukakan pendapat personal yang mungkin bersifat kontroversial.

Kata kunci: akun alter; presentasi diri; media sosial

References

Bahar, A. (2018). Survei: 46% Remaja Punya Lebih dari Satu Akun Instagram Pribadi, Kebanyakan Nggak Ngungkap Identitas Asli. Apa Alasannya?. Hai Magazine. https://hai.grid.id/read/07610011/survei-46-remaja-punya-lebih-dari-satu-akun-instagram-pribadi-kebanyakan-nggak-ngungkap-identitas-asli-apa-alasannya?page=all

Bullingham, L. & Vasconcelos, A. C. (2013). “The presentation of self in the online world”: Goffman and the study of online identities. Journal of Information Science, 39(1), 101–112. DOI: https://doi.org/10.1177/0165551512470051

Chawki, M. (2004). The Digital Evidence in the Information Era. Computer Crime Research Centre. https://www.crime-research.org/articles/chawki1

Dayakisni, T & Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang: UMM Press. DeVito, A. J. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Kharisma Publishing Group.

Hanurawan, F. (2015). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kemp, S. (2018). Digital in 2018: World’s Internet Users Pass the 4 Billion Mark. We Are Social. https://wearesocial.com/uk/blog/2018/01/global-digital-report-2018/

Maulani, N. M., & Priyambodo, A. B. (2021). Pengungkapan Diri pada Pengguna Akun Alter Twitter Dewasa Awal di Kota Malang. Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1), 318-330. Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Okoli, C. & Schabram, K. (2010). A Guide to Conducting a Systematic Literature Review of Information Systems Research. SSRN Electronic Journal. DOI: https://dx.doi.org/10.2139/ssrn.1954824 Patrick, J. (2020). APJII Catat Pengguna Internet di RI Capai 196,7 Juta. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201109200200-213-567803/apjii-catat-pengguna-internet-di-ri-capai-1967-juta

Pratiwi, R. D. (2019). Hiperrealitas Akun Alter dan Roleplayer di Media Sosial. Penakota.id. https://penakota.id/camilan/130/hiperrealitas-akun-alter-dan-roleplayer-di-media-sosial

Saifulloh, M. & Ernanda, A. (2018). Manajemen Privasi Komunikasi pada Remaja Pengguna Akun Alter Ego di Twitter. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2). DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.652

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of business research, 104, 333-339. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Tjongjono, B., Gunardi, H., Pardede, S. O., & Wiguna, T. (2019). Perundungan-siber (Cyberbullying) serta Masalah Emosi dan Perilaku pada Pelajar Usia 12-15 Tahun di Jakarta Pusat. Sari Pediatri, 20(6). DOI: https://dx.doi.org/10.14238/sp20.6.2019.342-8

Triputra, P. & Rewindinar, R. (2020). Pseudonym and Persona Management in Psychoanalisys Approach Among J-Pop Fans in Social Media. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v6i01.2066

Yang, C. C. & Brown, B. B. (2016). Online self-presentation on Facebook and self development during the college transition. Journal of youth and adolescence, 45(2), 402-416. DOI: https://doi.org/10.1007/s10964-015-0385-y

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Syavitri, R. M. ., & Noorrizki, R. D. . (2023). Akun Alter: Cara Baru Presentasi Diri di Media Sosial. Flourishing Journal, 2(6), 440–446. https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p440-446

Issue

Section

Articles