Persepsi Terhadap Citra Diri Pengguna Media Sosial Instagram

Authors

  • Rinda Saskiona Nerita Universitas Negeri Malang
  • Rakhmaditya Dewi Noorrizki Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p435-439

Keywords:

persepsi; citra diri pengguna Instagram; media sosial; psikologi sosial

Abstract

Abstract: Instagram is a social media based on photos and videos with various interesting features that provide facilities for users to interact with other users. Instagram can be said to be a social environment because there are various interactions in it. Instagram users will create an ideal self-image which will then be presented in an upload in the form of photos or videos. The upload will cause various different perceptions from everyone who sees it. Therefore, the author will discuss and analyze the perceptions that arise in Instagram social media using the point of view of Social Psychology. This Instagram article was created with the aim of identifying and analyzing the formation of Instagram users ' self-image that can cause various different perceptions among other Instagram users. The theory that will be used to discuss the problem in this article is the theory of inferential correspondence attributes. This article was written using the literature study method. Perceptions that arise will cause various responses, these responses can be in the form of like (Like), share (Share), follow (follow), unfollow (unfollow), block, comment, or report (report).

Keywords: perception; Instagram user self-image; social media; social psychology

Abstrak: Instagram merupakan media sosial yang berbasis foto dan video dengan berbagai fitur menarik yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk berinteraksi dengan pengguna lainnya. Instagram dapat dikatakan lingkungan sosial karena terjadi berbagai interaksi di dalamnya. Para pengguna Instagram akan menciptakan citra diri yang ideal yang kemudian akan dipresentasikan dalam suatu unggahan yang berupa foto maupun video. Unggahan tersebut akan menimbulkan berbagai persepsi yang berbeda dari setiap orang yang melihatnya. Oleh karena itu, penulis akan membahas dan menganalisis mengenai persepsi yang muncul dalam media sosial Instagram dengan menggunakan sudut pandang psikologi sosial. Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pembentukan citra diri pengguna Instagram yang dapat menimbulkan berbagai persepsi yang berbeda diantara pengguna Instagram lainnya. Teori yang akan digunakan untuk membahas permasalahan di dalam artikel ini adalah Teori Atribut Korespondesi Inferensial. Artikel ini ditulis dengan menggunakan metode studi literatur. Persepsi yang muncul akan menimbulkan berbagai respon, resppon tersebut dapat berupa like (suka), share (membagikan), follow (mengikuti), unfollow (batal mengikuti), block, komentar, maupun report (melapor).

Kata kunci: persepsi; citra diri pengguna Instagram; media sosial; psikologi sosial

References

Baron, R.A. & Branscombe, N.R. (2014). Social Psychology (Thirteenth Edition). Pearson Education Limited. United States of America. Hashina. N. H., Fandhi.G. (2022, Mei 4). Melawan Hoaks yang Bersumber dari Media Massa. Kompas. Retrieved from Melawan Hoaks yang Bersumber dari Media Massa (kompas.com)

Hanurawan, F. (2010). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Maureen, C. & Stellarosa, Y. (2021). Instagram sebagai Pembentuk Citra Diri Generasi Milenial Jakarta. IKATAN SARJANA KOMUNIKASI INDONESIA, 4(01), 27-34. http://dx.doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.73

Pradana, A.A., dkk. (2021). Telaah Literatur sebagai Alternatif Tri Dharma Dosen: Bagaimana Tahapan Penyusunannya?. Jurnal Ilmu Kesehatan Dharmas Indonesia, 1(1), 6-15. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/jikdi. Pradani, A.T. & Suhanti, I.Y. (2020). Persepsi Laki-laki terhadap Perilaku Male Grooming. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(2), 43-51. https://doi.org/10.31293/mv.v3i2.4909. Prihatingsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Jurnal Communicatio, VII(1), 51-65. Retrieved from 543 (budiluhur.ac.id)

Putri, D.M. (2018). Proses Pembentukan Citra Diri Melalui Media Sosial Instagram pada Universitas Bakrie. Retrieved from http://repository.bakrie.ac.id/id/eprint/1517

Ramadhani, A.Z.N. (2020). Pengaruh Terpaan Akun Instagram @awkarin Terhadap Persepsi Remaja Pengguns Instagram Tentang Awkarin [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang]. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/60998

Restusari, N.F. & Farida, N. (2019). Instagram Sebagai Alat Personal Branding dalam Membentuk Citra Diri (Studi pada Akun Bara Pattiradjawane). Mediakom: Jurnal Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.35760/mkm.2019.v3i2.2340

Sakti, B.C. & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online, 6(4), 409-501. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21950.

Samsuar. (2019). Atribusi. Jurnal Network Media, 2(1), 65-69. Retrieved from http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php.junetmedia/index.

Shalihah. N. F. (2021, Oktober 6). Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya. Kompas. Retrieved from Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya... (kompas.com)

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Nerita, R. S. ., & Noorrizki, R. D. . (2023). Persepsi Terhadap Citra Diri Pengguna Media Sosial Instagram. Flourishing Journal, 2(6), 435–439. https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p435-439

Issue

Section

Articles