Pengaruh Evaluasi Diri Terhadap Kepercayaan Diri Dalam Pergaulan di Masa Pembelajaran Daring
DOI:
https://doi.org/10.17977/um070v2i62022p429-434Keywords:
kepercayaan diri; evaluasi diri; pembelajaran daring; interaksi sosialAbstract
Abstract: In 2020, the COVID-19 virus was declared to have entered Indonesia. The World Health Organization has designated COVID-19 as a pandemic. President Joko Widodo decided to impose large-scale social restrictions (PSBB), activities in schools and workplaces were closed and activities in public places or facilities and religious places were also restricted. Online learning as an alternative to learning is immediately implemented so that students continue to get an education and can still interact with friends and teachers even though they are quarantining at home during a pandemic. Online learning which initially became a new experience for students then began to bring up one by one obstacles, one of which was the lack of interaction by students with the social environment. The purpose of this study was to identify the factors causing the lack of social interaction of students with their social environment and determine whether self-evaluation can affect self-confidence and can be a solution to increase self-confidence. The method used in this article is literature review. It was found that the lack of social interaction caused by lack of intense communication with peers, lack of social support, and self-evaluation was influential in increasing self-confidence.
Keywords: self-confidence; self-evaluation; online learning; social interaction
Abstrak: Pada tahun 2020, virus COVID-19 dinyatakan telah masuk ke Indonesia. World Health Organization telah menetapkan status COVID-19 sebagai pandemi. Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kegiatan di sekolah dan tempat kerja diliburkan lalu kegiatan di tempat atau fasilitas umum dan tempat keagamaan juga dibatasi. Pembelajaran daring sebagai alternatif pembelajaran segera dilaksanakan agar para pelajar tetap mendapatkan pendidikan dan tetap dapat berinteraksi dengan teman dan juga para guru meskipun sedang melakukan karantina di rumah disaat pandemi. Pembelajaran daring yang awalnya menjadi pengalaman baru bagi para pelajar kemudian mulai memunculkan satu persatu hambatan, salah satunya kurangnya interaksi oleh para siswa dengan lingkungan sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor penyebab kurangnya interaksi sosial siswa dengan lingkungan sosialnya dan mengetahui apakah evaluasi diri dapat mempengaruhi kepercayaan diri serta dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah literature review. Ditemukan hasil bahwa kurangnya interaksi sosial disebabkan oleh kurangnya komunikasi yang intens dengan teman sebaya, kurangnya dukungan sosial, serta evaluasi diri berpengaruh dalam meningkatkan kepercayaan diri.
Kata kunci: kepercayaan diri; evaluasi diri; pembelajaran daring; interaksi sosial
References
Aisyiyah, D. F. (2021). Pola interaksi sosial dengan teman sebaya pada proses pembelajaran jarak jauh: Studi kasus siswa Kelas 7 di SMP 3 Muhammadiyah Kepanjen.
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Baron, R. A., & Branscombe, N. R. (2012). Social Psychology (13th ed.). Pearson Education, Inc.
Beach, S. R. H., & Tesser, A. (2000). Self-Evaluation Maintenance and Evolution. Springer, Boston, MA. https://doi.org/10.1007/978-1-4615-4237-7_7
Cramer, R. J., Neal, T. M. S., & Brodsky, S. L. (2009). SELF-EFFICACY AND CONFIDENCE: THEORETICAL DISTINCTIONS AND IMPLICATIONS FOR TRIAL CONSULTATION. Consulting Psychology Journal, 61(4), 3119-334. https://doi.org/10.1037/a0017310
Dwiputra, K. O. (2020, September 12). Agar Anak Tidak 'Kuper' Selama Sekolah di Rumah. KlikDokter. Retrieved Mei 16, 2022, from http://klikdokter.com/info-sehat/read/3643885/agar-anak-tidak-kuper-selama-sekolah-di-rumah
Erniwati, & Fitriani, W. (2020). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB ORANG TUA MELAKUKAN KEKERASAN VERBAL PADA ANAK USIA DINI. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.24853/yby.4.1.1-8
Fikri, D. A. (2020, August 23). Apakah Sekolah Daring Bikin Anak Jadi Anti-Sosial? Lifestyle Okezone. https://lifestyle.okezone.com/read/2020/08/23/196/2265996/apakah-sekolah-daring-bikin-anak-jadi-anti-sosial
Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). KONSEP DASAR EVALUASI DAN IMPLIKASINYA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159-181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729
Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(2), 201-211.
Nilamsari, N. (2014). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 13(2), 177-181. https://doi.org/10.32509/wacana.v13i2.143
Nuchron, N., Soenarto, & Sudarsono, F. (2013). Model evaluasi diri sekolah menengah kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 40-52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1583
Peraturan Pemerintah No. 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 No. 91)
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333-339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No. 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19)
Taylor, R. (2013). Kiat-Kiat Pede Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Usher, K., Bhullar, N., & Jackson, D. (2020). Life in the pandemic: Social isolation and mental health. Journal of Clinical Nursing, 29(15-16), 2756–2757. 10.1111/jocn.15290
Yusuf, D., & Setiawan, R. (2021). COVID-19: RELASI SOSIAL SISWA DI BANTEN PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), 115-128.https://doi.org/10.21831/dimensia.v10i2.47297
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.