HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN KONFLIK PERAN PADA MAHASISWA PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Authors

  • Nur Liza Universitas Negeri Malang
  • Ika Andrini Farida Universitas Negeri Malang
  • Aji Bagus Priyambodo Universitas Negeri Malang
  • Yudi Tri Harsono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i42022p257-266

Keywords:

Konflik Peran; Self Regulated Learning; Mahasiswa

Abstract

Abstract: Students are obliged to complete their studies, but this is easy because students have a lot of activities to do both academic and non-academic (extracurricular), so students who join the unit often experience role conflicts between students and academic activities. The purpose of this study was to describe self-regulated learning and the role conflict of student administrators of the student activity unit of the State University of Malang and to determine the relationship between self-regulated learning and the conflict of roles of student administrators of the Student Activity Unit of the State University of Malang. The type of this research is quantitative research with correlational research design. Data collection in this study used a combination sampling technique between cluster random sampling and incidental sampling which obtained a subject of 123 students. The instruments used in this study are the self-regulated learning scale from Eva (2018) and the role conflict scale based on the definition according to Greenhaus & Beutell. This study uses product moment correlation data analysis. From data analysis obtained correlation coefficient -0.207 with p 0.022 (p < 0.05). It is recommended that students who experience role conflict can do independent learning by planning activities, making priority scales, making fun strategies to maintain motivation.

 

Abstrak: Mahasiswa berkewajiban untuk menyelesaikan studinya, namun tidaklah mudah karena mahasiswa memiliki banyak aktivitas yang dilakukan baik aktivitas akademik maupun non akademik (ekstrakurikuler), sehingga mahasiswa yang mengikuti unit kegiatan mahasiswa sering mengalami konflik peran antara kegiatan organisasi dan kegiatan akademik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran self regulated learning dan konflik peran mahasiswa pengurus unit kegiatan mahasiswa Universitas Negeri Malang serta mengetahui hubungan antara self regulated learning dan konflik peran mahasiswa pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasioal. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik sampling kombinasi antara cluster random sampling dan insidental sampling yang memperoleh subjek sebesar 123 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala self regulated learning dari Eva (2018) dan skala konflik peran yang berdasarkan definisi menurut Greenhaus & Beutell. Penelitian ini menggunakan analisis data korelasi product moment. Dari analisis data diperoleh koefisien korelasi -0,207 dengan p 0,022 (p < 0,05). Disarankan bagi mahasiswa yang mengalami konflik peran dapat melakukan self regulated learning dengan cara membuat perencanaan aktivitas, membuat skala prioritas, membuat strategi yang menyenangkan untuk mempertahankan motivasi.

References

Asdalifa, A. (2021). Kontribusi Self-Regulated Learning terhadap Role Conflict pada Mahasiswa yang Bekerja di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Astutik, I. P. (2021). Hubungan Regulasi Diri dengan Konflik Peran Ganda pada Mahasiswa yang Bekerja (Skripsi, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2017). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2019). Reliabilitas & Validitas Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Disti, S. K. (2019). Problematika Anggota UKM Paduan Suara Mahasiswa (UKM PSM) Universitas Negeri Malang dalam Berpartisipasi Akademik. (Skripsi, Universitas Negeri Malang).

Eva, N. (2018). Determinan Prestasi Akademik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Cerdas Istimewa dengan Self-Regulated Learning sebagai Mediator (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Fasikhah, S. S., & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal imiah psikologi terapan 1 (1)

Fitriyawati, D. (2020). Konflik Peran ganda pada Mahasiswa yang Telah Menikah Ditinjau dari Kecerdasan Adversitas (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Greenhaus, J. H., & Beutell, N. J. (1985). Sources of conflict between work and family roles. Academy of management review, 10(1), 76-88.

Gunawan, M. A. (2015). Statistik Penelitian Bidang pendidikan, Psikologi, dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Kabiba, K., Arfin, A., & Junaidin, J. (2021). Faktor Penyebab Terjadinya Konflik Peran dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa Pengurus Organisasi. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 21(1).

Keputusan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 26.1.80/UN32/KM/2022 Pengangkatan Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Tahun 2022. (Salinan) 8 Maret 2022. Malang.

Kristiyani, T. (2016) Self-Regulated Learning Konsep, Implikasi, dan Tantangannya bagi siswa di Indonesia. Sanata Dharma University Press, Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/36041/

Naibaho, Y. F. K. N. K., & Sawiitri, D. R. (2017). Hubungan antara Regulasi Diri dengan Konflik Peran pada Mahasiswa Organisatoris di FKM dan FISIP Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 6(3).

Najah, A. (2012). Self regulated learning Mahasiswi Ditinjau dari Status Pernikahan. Educational Psychology Journal, 1(1).

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi: Asik, Mudah & bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmaniyah, A. (2018). Hubungan antara Self regulated learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Anggota BEM Universitas X. Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2).

Santock, J. W. (2009). Psikologi Pendidikan buku 1. Jakarta: Salemba Humanika

Sugiyono. (2013). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Suhunk, D. H. (2012). Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan edisi 6. (Penerjemah Eva Hamdiah & Rahmat Fajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Supratiknya, A. (2014). Pengukuran psikologi.Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tim panitia PKKMB UM. (2018). Materi Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru. Malang: panitia pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru Universitas Negeri Malang.

Yustika, M. S. (2015). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Self regulated learning pada Siswa SMA Negeri 2 Wonogiri. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. https://core.ac.uk/download/pdf/148607065.pdf

Zimmerman, B. J & Schunk. D. H. (1989). Self regulation of learning and acdemiic achievement: Theory reserarch, and Pratctice. New York: Springer.

Downloads

Published

2022-09-12

How to Cite

Liza, N. ., Farida, I. A. ., Priyambodo, A. B. ., & Harsono, Y. T. . (2022). HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DAN KONFLIK PERAN PADA MAHASISWA PENGURUS UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) UNIVERSITAS NEGERI MALANG. Flourishing Journal, 2(4), 257–266. https://doi.org/10.17977/um070v2i42022p257-266

Issue

Section

Articles