Hubungan antara Dukungan Sosial dan Burnout pada Mahasiswa Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI)

Authors

  • Endi Dwi Prahyuono Hidayat Universitas Negeri Malang
  • Yudi Tri Harsono Universitas Negeri Malang

Keywords:

Dukungan sosial, Burnout, Program kewirausahaan mahasiswa indonesia

Abstract

Abstract: This study aims to determine the relationship between social support and burnout in students of the Indonesian Student Entrepreneurship Program (PKMI). The hypothesis of this study is the relationship between social support and burnout in PKMI students. The subjects of this study were 229 students participating in PKMI. The data collection in this study used questionnaires from two scales, namely the social support scale and the burnout scale. The social support scale is measured by the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) consisting of 12 aitems belonging to Zimet.et al (1990) adapted by Eva and Bisri (2018) and the burnout scale, namely the Maschlach burnout inventory general survey (MBI-GS) consisting of 16 aitems made by Maslach and Jackson (1986) and adapted by Rizky (2021). Analysis of research data using Spearman Rank, and obtained a correlation coefficient between two variables of -0.191 with p≤0.05 which are in the weak category with a negative correlation direction. The results of this study showed a significant negative relationship between social support and burnout in PKMI students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan burnout pada mahasiswa Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI). Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan antara dukungan sosial dan burnout pada mahasiswa PKMI. Subjek penelitian ini yaitu 229 mahasiswa peserta PKMI. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dari dua skala, yaitu skala dukungan sosial dan skala burnout. Skala dukungan sosial diukur dengan Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) terdiri dari 12 aitem milik Zimet. dkk (1990) yang di adaptasi oleh Eva dan Bisri (2018) dan skala burnout yaitu Maschlach burnout inventory general survei (MBI-GS) terdiri dari 16 aitem yang dibuat oleh Maslach dan Jackson (1986) dan diadaptasi oleh Rizky (2021). Analisis data penelitian menggunakan Spearman Rank, dan didapat koefisien korelasi antara dua variabel sebesar -0,191 dengan p≤0,05 yang masuk kategori lemah dengan arah korelasi yang negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial dan burnout pada mahasiswa PKMI.

 

References

Azwar, S. (2003). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2013). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar.

Baron, R., & Byrne, D. (2013). Psikologi Sosial. Erlangga

Becker, M. A. S., Schelbe, L., Romano, K., & Spinelli, C. (2017). Promoting first-generation college students' mental well-being: Student perceptions of an academic enrichment program. Journal of College Student Development, 58(8), 1166-1183.

Bria, M., Spânu, F., Băban, A., & Dumitraşcu, D. L. (2014). Maslach burnout inventory–general survey: factorial validity and invariance among Romanian healthcare professionals. Burnout Research, 1(3), 103-111.

Bruschini, M., Carli, A., & Burla, F. (2018). Burnout and work-related stress in Italian rehabilitation professionals: A comparison of physiotherapists, speech therapists and occupational therapists. Work, 59(1), 121-129.

Cameron, J. I., Naglie, G., Silver, F. L., & Gignac, M. A. (2013). Stroke family caregivers’ support needs change across the care continuum: a qualitative study using the timing it right framework. Disability and rehabilitation, 35(4), 315-324.

Chao, R. C. L. (2012). Managing perceived stress among college students: The roles of social support and dysfunctional coping. Journal of college counseling, 15(1), 5-21.

Clone, S., & DeHart, D. (2014). Social support networks of incarcerated women: Types of support, sources of support, and implications for reentry. Journal of Offender Rehabilitation, 53(7), 503-521.

Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Malang. (2020). Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) UM. Diakses dari http://kemahasiswaan.um.ac.id/en/program-mahasiswa-wirausaha/

Dwiputri, F. S. N., & Harsono, Y. T. (2022). The Relationship Between Social Support and Resilience in Qur'an Memorizing at Santri SMP ISR in Malang City. KnE Social Sciences, 285-296

Etikan, I., & Bala, K. (2017). Sampling and sampling methods. Biometrics & Biostatistics International Journal, 5(6), 00149.

Eva, N., & Bisri, M. (2018). Dukungan Sosial, Religiusitas, dan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Cerdas Istimewa. Proseding Seminar Nasional Klinis.

Fauziah, Dkk. (2016). Menangani Stres Remaja dengan Dukungan Sosial Teman Sebaya. Univrsitas Pembangunan Jaya. Psikologi. Artikel

Ferdiawan, R. P., Raharjo, S. T., & Rachim, H. A. (2020). Coping Strategi Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Jurnal Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 199-207.

Feeney, B. C., & Collins, N. L. (2015). A new look at social support: A theoretical perspective on thriving through relationships. Personality and Social Psychology Review, 19(2), 113-147.

Geiger, T., & Pivovarova, M. (2018). The effects of working conditions on teacher retention. Teachers and Teaching, 24(6), 604-625

Ghodang, H. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Konsep Dasar dan Aplikasi Analisis Regresi dan Jalur dengan SPSS). Penerbit Mitra Grup.

Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., & Simarmata, J. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Yayasan Kita Menulis

Herispon,. (2020). DAMPAK EKONOMI PEMBATASAN SOSIAL BERSKALA BESAR TERHADAP MASYARAKAT KOTA PEKANBARU DI PROVINSI RIAU.

Hijrianti, R. M. (2016). Dukungan Sosial Dengan Burnout Pada Wartawan (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Hobfoll, S. E., & Freedy, J. (2017). Conservation of resources: A general stress theory applied to burnout. In Professional burnout (pp. 115-129). Routledge.

Ifham, A., & Helmi, A. F. (2002). Hubungan kecerdasan emosi dengan kewirausahaan pada mahasiswa. Jurnal psikologi, 29(2), 89-111.]

Jairam, D., & Kahl, D. H. (2012). Navigating the doctoral experience: The role of social support in successful degree completion. International Journal of Doctoral Studies, 7(31), 1-329.

Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/

Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2021). Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/

Kim, B., Jee, S., Lee, J., An, S., & Lee, S. M. (2018). Relationships between social support and student burnout: A meta‐analytic approach. Stress and Health, 34(1), 127-134.

Labrague, L. J., & De los Santos, J. A. A. (2020). COVID‐19 anxiety among front‐line nurses: Predictive role of organisational support, personal resilience and social support. Journal of nursing management, 28(7), 1653-1661.

Lam, R. W. (2018). Depression. Oxford University Press.

Lailani, F. (2005). Burnout pada perawat ditinjau dari efikasi diri dan dukungan sosial (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Lin, N., Dean, A., & Ensel, W. M. (Eds.). (2013). Social support, life events, and depression. Academic Press.

Loughry, M. L., Ohland, M. W., & Woehr, D. J. (2014). Assessing teamwork skills for assurance of learning using CATME team tools. Journal of Marketing Education, 36(1), 5-19.

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2016). Burnout. In Stress: Concepts, cognition, emotion, and behavior (pp. 351-357). Academic Press.

Maslach, C., Leiter, M. P., & Schaufeli, W. B., & (2001). Job burnout. In S. T. Fiske, D. L. Schacter, & C. Zahn-Waxler (Eds.), Annual Review of Psychology, 52, 397-422.

Maslach, C., & Leiter, M. P. (2008). Early predictors of job burnout and engagement. Journal of applied psychology, 93(3), 498.

Muflihah, L., & Savira, S. I. (2021). Pengaruh Persepsi Dukungan Sosial Terhadap Burnout Akademik Selama Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi Mahasiswa, 8(02), 201-2011.

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran stress dan dampaknya pada mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75-83.

Negron, R., Martin, A., Almog, M., Balbierz, A., & Howell, E. A. (2013). Social support during the postpartum period: mothers’ views on needs, expectations, and mobilization of support. Maternal and Child Health Journal, 17(4), 616-623.

Nurnida, I.,& Tiara, N. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica, Vol. 1 No. 1 April 2017ISSN: 2355-0295, E-ISSN : 2549-893289

Oktaviola, Defy. (2021) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN BURNOUT PADA PENDETA. Other thesis, Universitas Katholik Soegijapranata Semarang.

Orpina,Prahara.(2019). Self-efficacy dan burnout akademik pada mahasiswa yang bekerja. Indonesia Journal od educational counseling, Vol 3 No 2.

Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/febi/article/view/3591/795

Pratiwi, D., & Lailatushifah, S. N. F. (2012). Kematangan emosi dan psikosomatis pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Psikologi. Universitas Wangsa Manggala. Yogyakarta.

Purba, J., Yulianto, A., & Widyanti, E. (2007). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pada Guru. 5(1), 11.

Rahman, N. (2019). Mahasiswa Wirausaha, Kenapa Tidak?. Unair News. Diakses dari https://news.unair.ac.id/2019/12/21/mahasiswa-wirausaha-kenapa-tidak/?lang=id

Redityani, N. L. P. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Peran Resiliensi dan Dukungan Sosial Terhadap Burnout pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1), 86-94.

Rizky, H. M. (2021). Hubungan Antara Hardiness Dengan Burnout Pada Anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Cabang Kota Malang. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

Ronen, T., Hamama, L., Rosenbaum, M., & Mishely-Yarlap, A. (2016). Subjective well-being in adolescence: The role of self-control, social support, age, gender, and familial crisis. Journal of happiness studies, 17(1), 81-104.

Rubin, A., & Babbie, E. R. (2016). Empowerment series: Research methods for social work. Cengage Learning.

S, Maryam. (2020). “Analisis Program Kewirausahaan Dalam. Meningkatkan Wirausaha Mahasiswa di Universitas Siliwangi Kota. Tasikmalaya”. Diakses dari http://repositori.unsil.ac.id/5749/7/BAB%201%2C2%2C3%2C4%2C5-1-67.pdf

Sari, A. P., Pelu, M. F. A., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., ... & Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis

Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Diakses dari https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html

Sholikah, B. (2022). UMS Raih Juara Lomba Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia. Republika. Diakses dari https://www.republika.co.id/berita/r2yznx291/ums-raih-juara-lomba-kewirausahaan-mahasiswa-indonesia-2021

Sholeh, M., & Yusuf, M. (2020). Dampak Positif Kegiatan Program Pengembangan Kewirausahaan sebagai Upaya Meningkatkan Daya Minat Kewirausahaan bagi Mahasiswa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 11(2), 132-138.

Siedlecki, K. L., Salthouse, T. A., Oishi, S., & Jeswani, S. (2014). The relationship between social support and subjective well-being across age. Social indicators research, 117(2), 561-576.

Stanley, S. K., Hogg, T. L., Leviston, Z., & Walker, I. (2021). From anger to action: Differential impacts of eco-anxiety, eco-depression, and eco-anger on climate action and wellbeing. The Journal of Climate Change and Health, 1, 100003.

Supendra, D. & Hendrayana, A. A. (2011). Peserta PMW Tersandung Laporan. Ganto. Diakses dari https://www.ganto.co/artikel/163/peserta-pmw-tersandung-laporan.html

Sukino, S., Virasari, C. D., Kartika, T. R., Sugiarto, Y., Dewobroto, W., Haji, W. H., & Taruna, A. (2021). Panduan program kewirausahaan mahasiswa Indonesia 2021.

Taylor, S. E. (2011). Social Support: A Review. Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780195342819.013.0009

Thompson, R. A. (2015). Social support and child protection: Lessons learned and learning. Child abuse & neglect, 41, 19-29.

Wijaya, I. P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1).

Yeatts, D. E., Seckin, G., Shen, Y., Thompson, M., Auden, D., & Cready, C. M. (2018). Burnout among direct‐care workers in nursing homes: Influences of organisational, workplace, interpersonal and personal characteristics. Journal of Clinical Nursing, 27(19-20), 3652-3665.

Zacher, H., & Rudolph, C. W. (2021). Individual differences and changes in subjective wellbeing during the early stages of the COVID-19 pandemic. American Psychologist, 76(1), 50.

ZAI, S. (2020). PENGARUH MANAJEMEN WAKTU DAN PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. Journal of Personality Assessment, 52(1), 30–41. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa5201_2

Zimet, G. D., Dahlem, N. W., Zimet, S. G., & Farley, G. K. (1990). Multidimensional Scale of Perceived Social Support [Data set]. American Psychological Association. https://doi.org/10.1037/t02380-000

Downloads

Published

2022-09-12

Issue

Section

Articles