EFEKTIVITAS BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA TALI-TEMALI PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN YANG RENDAH PADA SISWA TK B

Authors

  • Muhammad Ikhsan Universitas Negeri Malang
  • Sri Weni Utami Universitas Negeri Malang
  • Farah Farida Tantiani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v2i12022p24-31

Keywords:

early writing skill, play with scout rigging media, kindergarten student grade B

Abstract

Abstract: This research was conducted to determine the scout rigging effectiveness to improve low early writing skill among kindergarten student grade B. The location of this research was in TK ABA 5 Malang City. This research use the pre-test-post-test experimental design. There were 8 kindergarten students grade B with low early writing skill involve to this research. The instrument of this research is the early writing skill test consist of 13 items with a reliability index of 0,432, the test was developed independently by researcher. The treatment of this research was given according the guidance of play with scout rigging media. The paired sample t-test result show that the value of sig. (2-tailed) score is 0,000 < 0,05. There was an increase in the early writing skill as much as 22.40% after the treatment to play with scout rigging media was given. The increase make the child more flexible to hold the pencil and the child also more able to coordinate between their eyes and fingers while writing. The conclusion is there is an increase in the early writing skill after the treatment to play with scout rigging media was given

Keywords: early writing skill, play with scout rigging media, kindergarten student grade B.

Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas bermain menggunakan media tali-temali pramuka untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan yang rendah pada siswa TK B. Lokasi pelaksanaan penelitian ini berada di TK ABA 5 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen psikologi dengan desain pre-test-post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi TK B sejumlah 8 orang yang telah dinyatakan memiliki kemampuan menulis permulaan rendah melalui tes kemampuan menulis permulaan. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan menulis permulaan yang dikembangkan sendiri oleh peneliti berjumlah 13 soal dengan indeks reliabilitas sebesar 0.432. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini dilakukan sesuai dengan panduan bermain menggunakan media tali-temali yang dikembangkan oleh peneliti dan telah divalidasi oleh ahli. Uji beda yang digunakan adalah uji paired sample t-test untuk melihat perbedaan skor antara sebelum dan sudah diberikan perlakuan bermain menggunakan media tali-temali pramuka. Hasil uji beda paired sample t-test menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) yang dihasilkan adalah 0,000 < 0,05. Terjadi peningkatan kemampuan menulis permulaan sebesar 22.40% setelah diberikan perlakuan bermain menggunakan media tali-temali pramuka. Peningkatan yang terjadi membuat anak lebih mampu memegang pensil dengan luwes dan mampu melakukan koordinasi antara mata dan jari saat menulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis permulaan setelah diberikan perlakuan bermain menggunakan media tali-temali pramuka

Kata kunci tali-temali pramuka, kemampuan menulis permulaan, siswa TK B

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdiknas.

Aditya, Ivan. 2017. Calistung Bukan Syarat Masuk SD (online). (http://krjogja.com/web/news/read/37580/Calistung_Bukan_Syarat_Masuk_SD). Diakses 4 April 2018.

Ardiansyah, Israr. 2013. Seri Keterampilan Pramuka Tali Temali.Jakarta : Esensi.

Indrawati, Dwi. 2015. Korelasi Antara Perkembangan Motorik Halus dengan Kemampuan menulis Awal di TK Al Muhajirin Kota Malang.Malang : FIP Universitas Negeri Malang.

Morrow, Lesley Mandel. 2007. Developing Literacy In Preschool.London:The Guilford Press.

Lestari, Siwining. 2017. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Tali Temali Pada Kelompok B di TK ABA Desko, Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo.Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastyo, Eddy. Larangan Tes Calistung Buat SD Swasta Unggulan Kesulitan Jalankan K-13 (online). http://www.suarasurabaya.net/mobile/kelanakota/detail/2017/190417-Larangan-Tes-Calistung-Buat-SD-Swasta-Unggulan-Kesulitan-Jalankan-K-13. Diakses 31 Mei 2017.

Samian. 2017. Empat SD Tuban Abaikan Larangan Kemdikbud (online). (http://m.suarabanyuurip.com/kabar/baca/empat-sdn-tuban-abaikan-larangan-kemendikbud). Diakses 31 Mei 2018.

Santrock, John W. 2011. Life Span Development : Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas Jilid 1.Jakarta:Erlangga.

Tedjasaputra, Mayke S. 2003. Bermain,Mainan, dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Grasindo.

Theokas, Christina. 2007. Life Skills Development Through Participation In Sport.Psychology.USA : Department Commonwealth University Virginia.

Ulfa. 2012. Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Pemberian Tugas Di Kelompok B TK Aisyiyah. Parigri.Universitas Tadulako.

Published

2021-06-30

How to Cite

Ikhsan , M. ., Utami, S. W. ., & Tantiani, F. F. . (2021). EFEKTIVITAS BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA TALI-TEMALI PRAMUKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN YANG RENDAH PADA SISWA TK B. Flourishing Journal, 2(1), 24–31. https://doi.org/10.17977/um070v2i12022p24-31

Issue

Section

Articles