PENGEMBANGAN INSTRUMEN OBSERVASI ATTENTION DEFIICT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS WEB

Authors

  • Siska Deaprilia Silrawati Universitas Negeri Malang
  • Irtadji Irtadji Universitas Negeri Malang
  • Farah Farida Tantiani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um070v1i62021p482-487

Keywords:

instrumen, observasi ADHD

Abstract

Abstract: This study aims to produce an instrument which is valid and reliable to observe ADHD in children. The steps of this study include: (1) need analysis, (2) design, the form is instrument spesification and writing items (3) design implementation, the form arranging instrument assembly item (4) validation expert, such as an item analysis (5) revision, from field experts validation and individual field test (6) limited trial (7) revision (8) field trials (9) product revision (10) final product. The results of the validation of the contents, done by 3 field experts, 10 items in ADHD observation instrument need to be revised. The result from validation of the contents is validity coefficient Aiken’s V span from 0,56 to 0,89 that means the contents in the instrument is sufficient. After the revision, ADHD identification instrument was tested limited to determine the difference total score between observer (parents and teachers) that handle ADHD children/students and didn’t handle ADHD children/students and there is a significant difference, with signification 0,013. After ADHD identification instrument is tested limited was reised, then a tested field test with the subject of 40 people. Validity calculation was obtained probability value span from 0,00 to 0,014, and reliability calculation was obtained 0,963. Based on the results from validity test and reliability test, it can be concluded that the instrument observation had ADHD as a valid and reliable instrument to observe ADHD in children for teachers and parents, and can be used together with institutions of psychology, education, and health.

Keywords: Instrument, ADHD Observation

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Instrumen Observasi ADHD yang valid dan reliabel dalam mengamati adanya ADHD pada anak. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: (1) analisis kebutuhan, yang dilakukan di lapangan, (2) perancangan desain, berupa spesifikasi instrumen dan penulisan item (3) implementasi desain, berupa penyusunan item perakitan instrumen (4) validasi ahli, berupa analisis item (5) revisi, perbaikan dari validasi ahli (6) uji coba terbatas (7) revisi (8) uji coba lapangan (9) perbaikan produk (10) produk akhir, berupa kajian produk yang telah direvisi. Hasil dari validasi isi, dilakukan oleh 3 ahli, instrumen observasi ADHD perlu direvisi sebanyak 10 item. Hasil dari validasi isi ini memperoleh koefisien validitas Aiken’s V yang bergerak dari 0,56 hingga 0,89 yang berarti isi dari instrumen memadai. Setelah dilakukan revisi, instrumen observasi ADHD diujicobakan secara terbatas untuk mengetahui perbedaan skor total antara pengamat (orangtua dan guru) yang menangani anak/siswa ADHD dan yang tidak menangani anak/siswa ADHD dan mencerminkan perbedaan yang signifikan, dengan nilai signifikansi sebesar 0,013. Setelah instrumen observasi ADHD yang diujicobakan terbatas telah direvisi, maka dilakukan uji coba lapangan dengan total subjek 40 orang. Selanjutnya, dilakukan analisis validitas dengan nilai probabilitas bergerak dari 0,00 hingga 0,014, dan analisis reliabilitas dengan nilai 0,963. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas, maka dapat disimpulkan bahwa instrumen observasi ADHD telah valid dan reliabel sebagai instrumen untuk mengobservasi ADHD pada anak bagi guru dan orangtua, serta dapat dimanfaatkan bersama lembaga psikologi, pendidikan, dan kesehatan

Kata kunci: instrumen, observasi ADHD

References

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baihaqi & Sugiarmin, M. (2006). Memahami dan Membantu Anak ADHD. ISBN 979-1073-07-4. Bandung: Refika Aditama.

Cartwright & Cartwright. (1984). Developing Observation Skills: Second Edition. ISBN 0-07-010185-X. United State of America: McGraw-Hill, Inc.

Dewanto, I. Joko. (2006). Web Desain (Metode Aplikasi dan Implementasi). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hurlock B. Elizabeth. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (R.M. Sijabat, Ed). Jakarta: Erlangga.

Patternote A. & Buitelaar J. (2010). ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder): Tanda-tanda, Diagnosis, Terapi, serta Penanganannya di Rumah dan Sekolah. Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ISBN 979- 8433-64-0. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Asep Herman. (2007). Step by Step: Web Design Theory and Practices. Yogyakarta: Andi Offset.

Wenar, Charles. (1994). Developmental Psychopatology From Infancy Trough Adolescence: Third Edition. ISBN 0-07-113762-9. North America:McGraw Hill, Inc

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Silrawati, S. D. ., Irtadji, I., & Tantiani , F. F. . (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN OBSERVASI ATTENTION DEFIICT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) PADA ANAK MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS WEB. Flourishing Journal, 1(6), 482–487. https://doi.org/10.17977/um070v1i62021p482-487

Issue

Section

Articles