Pengembangan media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA kelas X

Authors

  • Dian Septa Puspitasari
  • Supriyono Koes Handayanto
  • Widjianto Widjianto

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i8p649–654

Keywords:

remedial, mobile learning, prestasi belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran remedial dengan aplikasi Mobile Learning pokok bahasan suhu dan kalor dan menguji efektivitas media pembelajaran remedial dengan aplikasi Mobile Learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah rancangan dari Brog and Gall sampai tahap ketujuh. Hasil penelitian ini berupa media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning. Berdasarkan hasil validasi ahli dan pengguna media tersebut data dikategorikan baik. Hasil implementasi menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning menunjukkan peningkatan (N-Gain) prestasi belajar siswa sebesar 0.65. Dengan demikian, secara umum produk pengembangan dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X SMA, khususnya pada materi suhu dan kalor.

References

Astra, I. M. (2012). Aplikasi mobile learning fisika dengan menggunakan Adobe Flash sebagai media pembelajaran pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(2), 174-180.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2013). Persentase Penguasaan Materi Soal Fisika Ujian Nasional SMA/MA Tahun Pelajaran 2012/2013.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Chapter 12. The methods and tools of observational research. Educational Research: An introduction (4th Edition). Longman: New York.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Petunjuk Teknis Pembelajaran Tuntas, Remedial, dan Pengayaan di SMA

Lo, J. J., Wang, H. M., & Yeh, S. W. (2004). Effects of confidence scores and remedial instruction on prepositions learning in adaptive hypermedia. Computers & Education, 42(1), 45-63.

Martin, F., & Ertzberger, J. (2013). Here and now mobile learning: An experimental study on the use of mobile technology. Computers & Education, 68, 76-85.

Polonia, B. S. E. (2014). Pengembangan aplikasi kamus fisika berbasis android sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas X pokok bahasan fluida statis dan kalor (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Yang, Y. F. (2010). Developing a reciprocal teaching/learning system for college remedial reading instruction. Computers & Education, 55(3), 1193-1201.

Downloads

Published

11-01-2022

How to Cite

Septa Puspitasari, D. ., Koes Handayanto, S. ., & Widjianto, W. (2022). Pengembangan media pembelajaran remedial dengan aplikasi mobile learning pokok bahasan suhu dan kalor untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA kelas X. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(8), 649–654. https://doi.org/10.17977/um067v1i8p649–654

Issue

Section

Articles