PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PROYEK LITERASI TEMATIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Authors

  • Asih Kusumawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Lisa Zahro Ainie Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Moktika Cahyarani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nila Mahardikawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Eka Damayanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Qurrota Akyun Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Widi Sukmawati Trisnatul Rohma Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Yuni Pratiwi Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

penguatan karakter, proyek literasi, tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun program literasi di SMP Negeri 6 Malang dengan fokus utama pada peningkatan kemampuan literasi siswa serta penguatan karakter mereka. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan desain studi kasus, penelitian ini memungkinkan eksplorasi mendalam terhadap fenomena literasi dalam konteks nyata. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru dan siswa kelas VII, VIII, dan IX serta pencatatan observasi untuk memastikan data yang komprehensif. Wawancara dengan guru bertujuan untuk memahami pandangan mereka terhadap program literasi yang sedang berjalan dan potensi peningkatan, sementara wawancara dengan siswa dilakukan untuk menggali pengalaman mereka dalam mengikuti program literasi dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi. Observasi langsung dilakukan untuk memantau kegiatan literasi di kelas. Hasil dari penelitian ini adalah penyusunan program LITERALOKA yang tidak hanya meningkatkan keterampilan membaca dan menulis, tetapi juga mengembangkan karakter seperti tanggung jawab, kerjasama, dan kreativitas. Program ini diharapkan dapat signifikan dalam penguatan karakter siswa, meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri 6 Malang, dan memberikan panduan bagi sekolah lain dalam mengadopsi program literasi serupa untuk meningkatkan literasi siswa secara luas dan berkelanjutan.

References

Abidin, N. R. Z. (2020). Literasi Membaca Sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur Dan Bertanggungjawab). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 790–797. Diambil dari https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/669/587

Amir, A. (2022). Penguatan Literasi MIPA Melalui Kegiatan Lesson Study Sebagai Upaya Menciptakan Generasi Yang Berkarakter. Bioedunis Journal, 1(2), 37–44. doi: 10.24952/bioedunis.v1i2.6633

Chamisijatin, L., & Zaenab, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis literasi melalui pendampingan lesson study di SMP Muhammadiyah 02 Kota Batu. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 10-24.

Fadilah, M. P., Alim, W. S., Zumrudiana, A., Lestari, I. W., Baidawi, A., Elisanti, A. D., & KM, S. (2021). Pendidikan karakter. Agrapana Media.

Fahroji, O. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter: Penelitian di SMP Islam Al-Azhar 11 Kota Serang dan SMP Islam Terpadu Raudhatul Jannah Kota Cilegon. Qathrunâ, 7(1), 61-82.

Handayani, T. U. (2020). Penguatan Budaya Literasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(1).

Harfiyani, A. (2018). Penguatan pendidikan karakter melalui budaya literasi dalam konteks pembelajaran abad 21 di Sekolah Dasar. In PROSIDING SEMINAR DAN DISKUSI PENDIDIKAN DASAR.

Hendarman, dkk. (2018). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Lickona, T. (1991). Educating For Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247-9258.

Rahman, A. A. (2018). Teori Perkembangan Moral dan Model Pendidikan Moral. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 37–44. doi: 10.15575/psy.v3i1.2175

Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2022). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. (Online), (archive.org), diakses 5 Januari 2024.

Suhadisiwi, Indarti. (2018). Panduan Praktis Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan.

Sukmawati, A., Ni’ma, S. L., & Marsanti, A. P. N. (2023). Peranan Budaya Literasi Dalam Membentuk Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Basicedu, 7(4), 2051–2060. doi: 10.31004/basicedu.v7i4.5839

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Ulfah, T. (2020, November). Penguatan pendidikan karakter siswa melalui gerakan literasi digital di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 727-736).

Yaniardianto, E. (2024). Konsepsi Pendidikan Karakter Anak Perspektif Thomas Lickona (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Moral di Indonesia). FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 63–80. doi: https://doi.org/10.56013/fj.v1i1.1100

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Kusumawati, A. ., Zahro Ainie, L., Cahyarani, M. ., Mahardikawati , N. ., Damayanti, E. ., Akyun, Q. ., Sukmawati Trisnatul Rohma, W. ., & Pratiwi, Y. . (2024). PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PROYEK LITERASI TEMATIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(9), 4. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5662

Issue

Section

Articles