ANALISIS KOLABORASI ANTAR MATA PELAJARAN DALAM MODEL SISTEM BLOK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 10 MALANG

Authors

  • Nur Elifianita Susanti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aprilia Iva Swastika Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Abid Musthofa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Fendi Irawan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Indah Wahyu Puji Utami Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

kolaborasi antar mata pelajaran, model sistem blok, implementasi Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi antar mata pelajaran pada Sistem Blok sebagai bagian dari Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SMKN 10 Malang. Model sistem blok diadopsi untuk meningkatkan keterpaduan antar mata pelajaran dan memperkuat relevansi pembelajaran dengan dunia nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa kolaborasi antar mata pelajaran dalam model sistem blok berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap hubungan antar mata pelajaran serta relevansi pembelajaran dengan dunia industri. Temuan ini mengindikasikan bahwa implementasi model sistem blok dapat menjadi alternatif yang efektif dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah menengah kejuruan.

References

Agustinova, D. E. (2018). Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata pelajaran Sejarah pada Sekolah Menengah Atas. ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 14(1).

Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.

Ayundasari, L. 2017. Urgensi Pembelajaran Sejarah Berbasis Potensi Lokal Bahari untuk Menumbuhkan Minat Wirausaha di Pesisir Selatan Kabupaten Malang. Jurnal Sejarah dan Budaya, Tahun Kesebelas, Nomor 2, Desember 2017, hal 211-219

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (2003). Qualitative research for education: An introduction to theories and methods (4th ed.). Boston: Pearson Education.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research methods in education (6th ed.). London: Routledge.

Daulay, M., Nugraha, M. H., Nababan, S. A., & Hanum, L. (2023). Penerapan Pembelajaran Outing Class Sejarah di SMA UISU Medan. Jurnal Penelitian, Pemikiran dan Pengabdian. Vol. 11 (1), 62-67.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2005). The SAGE handbook of qualitative research (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Pane, A. & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2012). Qualitative interviewing: The art of hearing data (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Siska, N. L. (2022). Sejarah Lokal Terhadap Pendidikan Karakter. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dari https://osf.io/preprints/thesiscommons/gpd6w/.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum merdeka belajar kampus merdeka: Sebuah kajian literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185-201.

Wiartis. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Kegiatan Kolaborasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Vol. 07 No 4. Dari https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/article/view/673.

Downloads

Published

01-05-2024

How to Cite

Elifianita Susanti, N., Iva Swastika, A., Musthofa, A. ., Irawan, F. ., & Wahyu Puji Utami, I. . (2024). ANALISIS KOLABORASI ANTAR MATA PELAJARAN DALAM MODEL SISTEM BLOK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMKN 10 MALANG. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(8), 5. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5627

Issue

Section

Articles