IMPLEMENTASI SELF PROGRESS LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI CHECK SHEET DATA
Keywords:
Self progress learning, Check sheet data, Bepikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan self progress learning pada pembelajaran matematika melalui check sheet data. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VB SDN Kauman 1 Kota Malang dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner/angket yang mengukur respons peserta didik terhadap penerapan strategi self progress learning melalui check sheet data. Instrumen pengumpulan data berupa lembar angket menggunakan skala Likert dengan empat skala penilaian: sangat setuju (SS), setuju (S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Penelitian ini menggunakan sepuluh pernyataan dalam angket untuk mengevaluasi efektivitas strategi tersebut. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan strategi self progress learning pada pembelajaran matematika mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Analisis hasil angket menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan strategi ini. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan bahwa self progress learning melalui check sheet data dapat menjadi metode yang efektif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan berpikir kritis mereka dalam pembelajaran matematika
References
Harianja, J. K. (2020). Mengembangkan sikap rasa ingin tahu (curiosity) siswa pada pelajaran fisika menggunakan model pembelajaran flipped classroom. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 6(1), 121-130.. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1738
Kemendikbud. (2022). Dimensi, elemen, dan subelemen profil pelajar pancasila pada kurikulum merdeka. Jakarta: Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran
Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O. A. (2022). Penerapan Teori Belajar Humanistik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 233-237.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246.. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Ragin, G., Refando, A., & Utami, D. C. (2020). Implementasi strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Pandawa, 2(1), 54-60.https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Suhandi, A., & Kurniasri, D. (2019). Meningkatkan kemandirian siswa melalui model pembelajaran kontekstual di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 125-137. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3), 636-646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.