PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA IPA (ULTAPA) SEBAGAI PELUANG PENINGKATAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA SMPN 28 MALANG
Keywords:
Design Thinking, Media ULTAPA, Literasi dan NumerasiAbstract
Rendahnya minat belajar dan kurang berkembangnya kemampuan intelektual pada peserta didik mencerminkan indikasi lemahnya literasi dan numerasi mereka. Guru hendaknya mencari tahu kebutuhan belajar siswa yang dapat digunakan untuk menguatkan literasi dan numerasi melalui metode Design Thinking (DT). DT adalah suatu metodologi desain untuk mengatasi masalah dengan cara memahami kebutuhan manusia yang terlibat dari segi perancangan tatap muka. Terdapat lima tahap dalam Design Thinking, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Penerapan Design Thinking (DT) ini bertujuan untuk menemukan media yang paling efektif dalam mengatasi masalah literasi dan numerasi pada peserta didik kelas IX di SMPN 28 Malang. Hasilnya menunjukkan bahwa media Ular Tangga IPA (ULTAPA) memungkinkan diterapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas IX di SMPN 28 Malang.
References
Broom, C. 2015. Empowering students: Pedagogy that benefits educators and learners. Citizenship, Social and Economics Education, 14(2), 79-86. https://doi.org/10.1177/2047173415597142
Curry, D. 2019. The PIAAC Numeracy Framework: A Guide to Instruction. Adult Literacy Education: The International Journal of Literacy, Language, and Numeracy, 33–51. https://doi.org/10.35847/dcurry1.2.33
Dam R., Siang T., 2021. Design Thinking: Get Started with Prototyping. Interaction Design Foundation. https://www.interaction-design.org/literature/article/design-thinking-getstarted-with-prototyping
Freire, P. 2000. Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.
Holbrook, J., & Ramnikmae, M. 2009. The meaning of scientific literacy. The International Journal of Environmental & Science Education, 4(3), 275–288.
Ishak, A. P., Afifah, R. N., & Kamelia, S. Q. 2021. Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(87), 138–14
Kemendikbud. 2017. Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Maulidina, A. P., & Hartatik, S. 2019. Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 3(2), 61-66.
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-fordevelopment-assessment-and-analytical-framework_9789264305274-en
Pramana, Cipta., Chamidah, D., Suyatno, S., Renadi, F., & Syaharuddin, S. 2021. Strategies to Improved Education Quality in Indonesia: A Review . Turkish Online Journal of Educational Technology. 12(3):1977-1994.
Novaliendry, D. 2013. Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif (Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 Rao). Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan. 6(2):106-118.
Novita, V., Okmayura, F., Aditya, R., Latifa, S. E. R., Safitri, R., & Fauzan, H. 2024. Perencanaan Aplikasi UI/UX pada Aplikasi Jasa Retak Motor (Saremo) Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information Systems Management and Digital Business (JISMDB). 1(2): 124-132.
Roterberg, C.M. 2019. Handbook of Design Thinking. Jerman: Kindle Direct Publishing
Sutirman. 2013. Media dan Model – Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian. 1(12).
Suhendrianto, S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.