MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMPN 14 MALANG DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA

Authors

  • Faiz Mujaddid Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Discovery Learning, Kemampuan Kerjasama, Hasil Belajar

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model McTaggart dan Kemmis guna mengetahui tingkat kerjasama siswa dan hasil belajar siswa. Peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 14 Malang dengan melibatkan 32 siswa dalam dua tahapan siklus, yaitu siklus I dan II. Peneliti juga melaksanakan tiga kali pertemuan di setiap tahapan siklus. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik perhitungan deskriptif komparatif dengan membandingkan ketercapaian hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan kerjasama siswa meningkat sebesar 25%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 75%. Perolehan nilai belajar siswa pada siklus I meningkat sebesar 31,25%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 71,87%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Malang dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi transformasi geometri.

References

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Hasanah, Jamaluddin, & Fakhri. (2020). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR [Universitas Negeri Makassar]. In E-Prints UNM. http://eprints.unm.ac.id/17833/

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Reniningsih, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Siswa Melalui Group Investigation Pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Di SMK SAHID SURAKARTA. Jurnal Cakrawala Pendidikan. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27379

Suseno, Y. A. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Block Dienes Pada Siswa Tunalaras Kelas III Di SLB Surakarta. https://123dok.com/document/zx5ee44q-peningkatan-hasil-belajar-matematika-media-dienes-tunalaras-surakarta.html

Downloads

Published

30-04-2024

How to Cite

Mujaddid, F. . (2024). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMPN 14 MALANG DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 4(4), 4. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5313

Issue

Section

Articles