MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI DI SMPN 14 MALANG DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGEBRA
Keywords:
Discovery Learning, Kemampuan Kerjasama, Hasil BelajarAbstract
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan menerapkan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model McTaggart dan Kemmis guna mengetahui tingkat kerjasama siswa dan hasil belajar siswa. Peneliti melakukan penelitian di SMP Negeri 14 Malang dengan melibatkan 32 siswa dalam dua tahapan siklus, yaitu siklus I dan II. Peneliti juga melaksanakan tiga kali pertemuan di setiap tahapan siklus. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik perhitungan deskriptif komparatif dengan membandingkan ketercapaian hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan kerjasama siswa meningkat sebesar 25%, sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 75%. Perolehan nilai belajar siswa pada siklus I meningkat sebesar 31,25%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 71,87%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Malang dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi transformasi geometri.
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Hasanah, Jamaluddin, & Fakhri. (2020). EFEKTIVITAS MODEL BLENDED-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJASAMA MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UIN ALAUDDIN MAKASSAR [Universitas Negeri Makassar]. In E-Prints UNM. http://eprints.unm.ac.id/17833/
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Reniningsih, E. (2015). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Siswa Melalui Group Investigation Pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Di SMK SAHID SURAKARTA. Jurnal Cakrawala Pendidikan. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/27379
Suseno, Y. A. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Block Dienes Pada Siswa Tunalaras Kelas III Di SLB Surakarta. https://123dok.com/document/zx5ee44q-peningkatan-hasil-belajar-matematika-media-dienes-tunalaras-surakarta.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.