EVALUASI EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM MATA PELAJARAN INFORMATIKA
Keywords:
Efektivitas, Pembelajaran berbasis multimedia, Kepuasan belajarAbstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas dan kepuasan siswa terhadap penggunaan pembelajaran berbasis multimedia dalam mata pelajaran Informatika di SMA. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya permintaan akan pendidikan yang responsif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan akan pembelajaran yang menarik dan efektif bagi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan pemahaman konsep Informatika dan kepuasan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif di SMAN 6 Malang, dengan data yang dikumpulkan melalui kuesioner siswa. Analisis data dilakukan untuk mengevaluasi pemahaman siswa terhadap konsep Informatika dan tingkat kepuasan mereka terhadap pembelajaran berbasis multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menganggap pembelajaran berbasis multimedia memberikan pengalaman belajar yang menarik dan efektif, dengan peningkatan pemahaman konsep dan kepuasan belajar yang signifikan. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik dalam mata pelajaran Informatika di tingkat SMA.
References
Damayanti, E., Santosa, A. B., Zuhrie, M. S., & Rusimamto, P. W. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9 No 03, 639–645. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/36321
Gdln, D., & Udayana, U. (n.d.). Multimedia Dalam.
H.I.A, P. (2023). Implementasi Penggunaan Media ChatGPT dalam Pembelajaran Era Digital. Journal of Educational and Cultural Studies, 2(2), 1–8.
Hanifah, D., Bentri, A., Zuwirna, Z., & Amsal, M. F. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Construct 2 pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 8760–8769. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13714
Hidayat, W., Jahari, J., & Nurul Shyfa, C. (2020). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Di Madrasah. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(1), 308. https://doi.org/10.52434/jp.v14i1.913
Ika, J., & Vol, P. U. (2023). Jurnal ika: pgsd unars vol.13 no.1 juni 2023. 13(1), 221–227.
Sulkah, U., Rukmi, A. S., & Pratiwi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Audio visual berbasis Microsoft Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN Pakis 1/368 Surabaya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 3530–3539.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.