PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI TRANSAKSI KELAS XI BDP SMK ISLAM BATU)
Keywords:
Media Pembelajaran, Google Sites, Keaktifan Siswa, Hasil BelajarAbstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan serta menguji kelayakan media pembelajaran berbasis Google Sites yang telah dibuat. Penurunan keaktifan dan hasil belajar siswa selama pembelajaran dari rumah (online) menjadi alasan utama penelitian ini, yang disebabkan oleh kurangnya kesiapan alat belajar atau media pembelajaran yang memadai. Namun, dengan berkembangnya teknologi saat ini, masalah tersebut dapat diatasi. Selain itu, ada tuntutan bagi pengajar untuk menciptakan media pembelajaran yang variatif, menarik, fleksibel, dan dapat digunakan kapan saja serta di mana saja. Dalam penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites yang digunakan dalam mata pelajaran Administrasi Transaksi untuk kelas XI BDP memperoleh penilaian validasi dari pakar media sebesar 98,29% dengan kategori "Sangat Layak" dan penilaian dari pakar materi sebesar 92% dengan kategori "Sangat Layak". Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan media Google Sites lebih aktif dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran Google Sites.
References
A. Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Jakarta.
Adzkiya, D. S., & Maman Suryaman. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Ahmad, S. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group Wardoyo.
Akbar, S. D. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran cetakan kelima. PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2012). Penelitian tindakaan Kelas. Bumi aksara.
Bambang Setyawan. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITE DALAM BIMBINGAN KLASIKAL DI SMAN 1 SAMPUNG. 6, 78–87.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cahyo Nugroho, M. K., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934
DePorter, B., H., & M., & Abdurrahman, A. (1999). Quantum learning: Membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Penerbit Kaifa.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, Suban, M. E., & Heru, K. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp
Holt, J. (2010). Mengapa Siswa Gagal (Erlangga. (ed.)).
Hunt, T., Carper, J., Lasley, T., & Raisch, C. (2013). Bloom’s Taxonomy. In Encyclopedia of Educational Reform and Dissent. https://doi.org/10.4135/9781412957403.n51
Husniyah, R., Widiatsih, A., Fajarisman, F., Kunrozazi, K., & Kurniawan, N. (2022). Pengembangan Website Menggunakan Google Sites Materi Produksi Pada Tumbuhan dan Hewan Untuk SMP/MTs Pada Masa Pandemi Covid 19. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 6(1), 47–58. https://doi.org/10.31537/ej.v6i1.616
Islamiah, I. N. (2021a). Efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Site dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Jombang.
Islamiah, I. N. (2021b). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 4 Jombang. Skripsi. Surabaya: Universitas Sunan Ampel Surabaya. http://digilib.uinsby.ac.id/46854/
Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1)(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Japrizal, J., & Irfan, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Masa Covid-19Di Smk Negeri 6 Bungo. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1(3), 38–44. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.33
Kemendikbud. (2014). Tugas Seorang Guru. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/tugas-peran-serta-tanggung-jawab-seorang-guru/
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis disertai dengan Contoh, Ed. Rev. Majid, (Ed. Rev.). Rajawali Pers.
Megawati, L. Efriyanti, Supriadi, H. A. Musril, S. M. D. (2022). Perancangan Media Pembelajaran TIK Kelas XI Menggunakan Google Sites di SMA Negeri 1 Junjung Sirih. IRJE : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 164–175.
Mukti, W. M., N, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Materi Listrik Statis. Webinar Pendidikan Fisika 2020, 5(1), 51–59. https://sites.google.com/view/fisikakuyess.
Murtafiah, W., Namiroh, S., Darmadi, D., Krisdiana, I., & Masfingatin, T. (2020). Mavendi (Magnetic Venn Diagram): Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Di Era Normal Baru. Sigma, 6(1), 1. https://doi.org/10.36513/sigma.v6i2.874
Nasution, S. dan I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Quantum Teaching.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Putri, N. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Materi Hukum Newton Pada Gerak Benda. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 5.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108
Rikani, Istiqomah, & Taufiq, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Google Sites pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK), 54–61.
Rosadi, yulfa imania. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis 3D Page Flip Proffesional untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bisnis Retail Materi Memahamu Bisnis Retai.
Samsu. (2017). Metode Penelitian : Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantittif, dan Mix Method serta Research and Development. PUSAKA.
Sandra, M.Wahyudi, D., H., Hari, M., & R., H. (2021). Pengembangan E-Learning Berbasis Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Di SMK Islam BATU Pada Kelas XII Bisnis Daring dan Pemasaran.
Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Journal.Um.Ac.Id.
Sari, A. R. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32–43. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i2.1689
Singh, P. K. P., & Hashim, H. (2020). Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020
Siti Zubaidah. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, September, 1–7.
Smkislambatu.sch.id. (n.d.). SMK Islam Batu. Smkislambatu.sch.id
Sofnidar, & Yuliana, R. (2018). Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik. 3(2), 257–275.
Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, CV.
Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393
Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145.
Syakiroh, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Dalam Upaya Peningkatan Prestasi Peserta Didik Pada Pelajaran Pai Kelas Viii Di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Pembelajaran 2021. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/35854%0Ahttps://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/35854/14422163 Atik Syakiroh.pdf?sequence=1
Tarigan, D., & Siagian, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(2), 187–200. https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i2.3295
Udomsil, P., & Pankham, S. (2016). A Development of Causal Relationship Model of the Google Sites Usage for Learning at Rangsit University. Proceedings of Knowledge Management International Conference (Kmice) 2016, August, 521–525.
Waryana. ratna. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Google Sites Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS. 1(3), 259–267.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.