IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK

Authors

  • Frida Septiana Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

pembelajaran sosial emosional, aplikasi TikTok, partisipasi peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh popularitas aplikasi TikTok di kalangan banyak orang, termasuk peserta didik SMP, yang memiliki potensi untuk meningkatkan partisipasi belajar melalui media ini. Aplikasi TikTok, yang berupa video, digunakan sebagai sarana pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Perancangan media pembelajaran ini merupakan implementasi dari mata kuliah pembelajaran sosial emosional dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil penerapan pembelajaran sosial emosional dengan bantuan aplikasi TikTok dalam meningkatkan partisipasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan dilaksanakan di SMPN 15 Malang, dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas 7C. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, studi dokumentasi, dan refleksi. Pemilihan media pembelajaran didasarkan pada kemampuannya untuk meningkatkan partisipasi peserta didik serta sesuai dengan karakteristik mereka yang gemar menonton video animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran sosial emosional berbantuan aplikasi TikTok berhasil meningkatkan partisipasi peserta didik.

References

Alvianto, W. A., Amanullah, J., & Santoso, L. (2024). Tiktok Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Editing Video. Abstrak: Jurnal Kajian Ilmu seni, Media dan Desain, 1(1), 01-14.

Batoebara, M. U. (2020). Aplikasi Tik-Tok Seru-Seruan Atau Kebodohan. Network Media, 3(2), 59-65.

Hidayah, F., & Khadijah, K. (2023). Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Dalam Belajar Kelompok. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7942-7956.

Ihza, M. M., Jumadi, J., & Satrio, A. (2024). Analisis Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Pendidikan Karakter Di Era Teknologi 4.0. J-INSTECH, 5(2), 105-121.

Medri, S., & Ramadan, Z. H. (2024). Analisis Dampak Aplikasi Tiktok terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas IV SD Negeri 018 Sorek Satu Kabupaten Pelalawan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(4), 4155-4162.

Muntaha, M. A. (2023). Penggunaan Konten Tik-Tok Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas 6 Sd N 3 Temuwuh, Dlingo, Dlingo, Bantul.

Nurhayati, N., Siswanto, J., Nyoman, N., & Isnuryantono, E. (2023). Implementasi Profilling Sosial-Emosional Peserta Didik sebagai Persiapan Merancang Pembelajaran di SDN Gayamsri 02 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1548-1557.

Nuryani, N. (2023). Pengaruh lingkungan sekolah dan tontonan terhadap perkembangan sosial emosional anak di TkIT Ibnu Mas' ud Islamic School (IMISC) Labuapi (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Rohmah, O. T., Julia, J., & Syahid, A. A. (2023). Partisipasi Peserta Didik SD Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Blended Learning. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 208-219.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 1(1), 30-41.

Septiana, F. (2023) Efektivitas Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Geografi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA.

Sundusiah, N. F., Jumadi, J., & Dewi, D. W. C. (2023). Studi Literatur: Penggunaan Media Sosial Tiktok Dalam Partisipasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 1(12), 91-100.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Widiastuti, S. (2022). Pembelajaran Sosial Emosional Dalam Domain Pendidikan: Implementasi Dan Asesmen. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Widyarto, R. (2020). Penerapan Pembelajaran Seni Rupa Melalui Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Interaktif.

Wisudayanti, K. A. (2020). Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa di Sekolah Dasar Melalui Penanaman Pendidikan Karakter. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 135-146.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Septiana, F. . (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PESERTA DIDIK. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(11), 5. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5286

Issue

Section

Articles