Pemahaman Guru Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 5 Kepanjen

Authors

  • Prisma Rohmanniatul Izza Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Khofifatu Rohmah Adi Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Differentiated Instruction, Pembelajaran Berdiferensiasi, Understanding, Pemahaman, Teacher, Guru

Abstract

Differentiated instruction is recommended to be applied in the implementation of the merdeka curriculum. Understanding differentiated instruction is the first step that must be fulfilled by every stakeholder involved in the world of education. This research aims to determine teachers' understanding of differentiated instruction at SMP Negeri 5 Kepanjen. The method used in this research is descriptive type with a qualitative approach. The informants in this study consisted of 12 informants including one supporting informant, namely the deputy principal, and key informants including 11 class VII teachers at SMPN 5 Kepanjen. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. Data analysis uses Miles and Huberman interactive model analysis. Checking the validity of the data uses triangulation of sources and methods. The results of the research show that 92% (11 out of 12) teachers already understand differentiated learning in accordance with the results of research studies including definitions, purpose, characteristics, procedures and assessment standards. However, there are misconceptions between teacher understanding and implementation of differentiated instruction. Recommendations for further research that wishes to conduct similar research include research related to teacher problems in implementing differentiated instruction. This aims to expand the scope of research again, because the scope of this research only focuses on teacher understanding.

 

Pembelajaran berdiferensiasi direkomendasikan untuk diterapkan pada pelaksanaan kurikulum merdeka. Pemahaman terhadap pembelajaran berdiferensiasi merupakan langkah awal yang harus dipenuhi oleh setiap stakeholder yang terlibat dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 5 Kepanjen. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri 12 dari informan meliputi satu informan pendukung yaitu wakil kepala sekolah, dan informan kunci meliputi 11 guru kelas VII di SMPN 5 Kepanjen. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles and Huberman. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 92% (11 dari 12) guru sudah memahami terkait pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan hasil kajian penelitian meliputi definisi, tujuan, karakteristik, prosedur, dan standar penilaian. Namun demikian, terdapat miskonsepsi antara pemahaman guru dan implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yang berkenan melakukan penelitian serupa, perlu dilakukan penelitian terkait problematika guru dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Hal tersebut bertujuan untuk memperluas kembali lingkup penelitian, dikarenakan lingkup penelitian ini hanya berfokus kepada pemahaman guru.

References

Ambarita, J., & Simanullang, P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi (M. P. Dewi, Anita Candara (ed.); Cetakan Pe). CV. Adanu Abimata.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Aryani, W. D. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi, Implementasi dan Praktik Baik pada mapel IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka. Cahya Ghani Recovery.

Darlis, A., Sinaga, A. I., Perkasyah, M. F., Sersanawawi, L., & Rahmah, I. (2022). Pendidikan Berbasis Merdeka Belajar. Analytica Islamica, 11(2), 393–394.

Evaristiayu, A. A. (2022). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Malang.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2504

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(2), 10006–10014.

Halimah, Hadiyanto, & Rusdinal. (2023). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Bentuk Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5019–5033.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Insani, F., Nuroso, H., Purnamasari, I., Sarjana, F. P., & Semarang, U. P. (2023). Analisis Hasil Asemen Diagnostik Sebagai Dasar Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. 09, 4450–4458.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. N. 25. (2022). Keputusan Kepala BSKAP tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Jalur Mandiri pada Tahun Ajaran 2022/2023 Tahap II. Https://Kurikulum.Gtk.Kemdikbud.Go.Id/.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Merdeka Belajar Episode 1.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Modul Asesmen Diagnostik.

Komalasari, M. (2023). Pemetaan Kebutuhan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Berdiferensiasi. Tantangan Dan Inovasi Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar Berbasis Ajaran KHD, 27–32.

Mahdiannur, M. A., Erman, E., Martini, M., Nurita, T., & Rosdiana, L. (2022). Eksplorasi Pengetahuan Guru Ipa Smp Tentang Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka : Pengukuran Berdasarkan Complex Multiple-Choice Survey. Jurnal Tarbiyah, 29(2), 295. https://doi.org/10.30829/tar.v29i2.1812

Mahfudz, M. (2023). Pembelajaran Berdiferesiasi Dan Penerapannya. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 533–543. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i2.534

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. 1–58.

Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Padang: Afifa Utama.

Mastuti, A. G., Abdillah, A., & Rumodar, M. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru Melalui Workshop Dan Pendampingan Pembelajaran Berdiferensiasi. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 1–9. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9682

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). ualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 4 ( terjemahan U.-P. Tjetjep Rohindi Rohidi (ed.); 4th ed.). USA: Sage Publications.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 16 Tahun 2022 tentang standar proses. (2022). Permendisbudristek Nomor 16 Tahun 2022 Standar Proses. Permendisbudristek, 1–18.

Pitaloka, H., & Arsanti, M. (2022). Pembelajaran Diferensiasi dalam Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan Sultan …, November, 2020–2023.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarma, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ).

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34–54.

Purwowidodo, A., & Zaini, M. (2023). Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (Y. P. M. Pustaka. (ed.)).

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Siahaan, M., Manalu, S. P., & Sinaga, D. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(10), 4627–4633.

Sopianti, D. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sman 5 Garut. KANAYAGAN–Journal of Music Education, 1(1), 1–8.

Sukmawati, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan …, 12(117), 126.

Supono, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Modul Ajar Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Workshop Dan Pendampingan. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 3(2), 147–156. https://doi.org/10.51878/action.v3i2.2253

Suwandi, F. P. E., Rahmanigrum, K. K., Mulyosari, E. T., Mulyantoro, P., Sari, Y. I., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Strategi Pembelajaran Diferensiasi Konten Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 57–66.

Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39

Swandewi. (2021). Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan DEIKSIS, 3(1), 248–253.

Tomlinson, C. A. (2000). Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Digests, 1–7.

Tomlinson, C. A., & Moon, T. . . (2013). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. ASCD.

Usman, U., Lestari, I. D., Alfianisya, A., Octavia, A., Lathifa, I., Nisfiyah, L., Permata Aries, N. A., & Oktatira, R. (2022). Pemahaman Salah Satu Guru Di Man 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 32–36. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4432

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301

Wiggins, G., & McTighe, J. (2012). Pengajaran Pemahaman melalui Desain. Jakarta:Indeks.

Wulandari. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Pemahaman Guru Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 5 Kepanjen

Downloads

Published

31-03-2023

How to Cite

Rohmanniatul Izza, P. ., & Rohmah Adi, K. (2023). Pemahaman Guru Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 5 Kepanjen. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(3), 122–139. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/5028

Issue

Section

Articles