Pengaruh Model PBL Berbantukan Media Spesimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV

Authors

  • Nuril Jannah Universitas Wiraraja, Jl. Raya Pamekasan-sumenep KM.05, Sumenep Jawa Timur 69451, Indonesia
  • Tita Tanjung Sari Universitas Wiraraja, Jl. Raya Pamekasan-sumenep KM.05, Sumenep Jawa Timur 69451, Indonesia
  • Kadarisman Universitas Wiraraja, Jl. Raya Pamekasan-sumenep KM.05, Sumenep Jawa Timur 69451, Indonesia

Keywords:

PBL (Problem Based Learning), Media spesimen, Hasil belajar.

Abstract

Model pembelajaran merupakan prosedur pembelajaran yang dibuat secara sistematis untuk membantu guru dalam ketercapaian tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL berbantukan media spesimen terhadap hasil belajar materi IPA siswa kelas IV di SDN Kolor II. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen dan desain penelitian menggunakan posttest only control grup. Teknik pengambil sampel penelitian ini menggunakan purposive random sampling dengan melibatkan populasi seluruh siswa kelas IV pada SDN Kolor II Kabupaten Sumenep. Instrumen pada penelitian ini berupa nilai posttest yang diberikan kepada siswa berupa soal esai sebanyak 10 butir. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL berbantukan media spesimen berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar materi IPA siswa kelas IV di SDN Kolor II. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan independen sample T test dengan nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari nilai t tabel (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Selain itu, hasil rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 81,9>58,5. Hal ini yang dapat membuktikan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran PBL berbantukan media spesimen.

References

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2022). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION, 3(1), 27–35. https://doi.org/10.37058/diffraction.v3i1.4416

Artasari, Y., Lestari, R., & Yolanda, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Spesimen Moluska pada Materi Animalia Kelas X di SMA Negeri 1 Rambah Samo. Riau: Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian, 1, 1–7.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Lestari, R. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Spesimen Moluska Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Di Sman 2 Rambah Hilir. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Dan Sains, IAIN Batusangkar Keterampilan Abad 21; Strategi Pengembangan Pembelajaran, Penelitian , Matematika Dan Sains, 2014, 31–33.

Mutia. (2021). CHARACTERISTICS OF CHILDREN AGE OF BASIC EDUCATION. 3.

Nurhidayati, A., Putro, S. C., & Widiyaningtyas, T. (2018). PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK DIBANDINGKAN BERBANTUAN BAHAN AJAR CETAK PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR PEMROGRAMAN SISWA SMK. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 41(2), 130–138. https://doi.org/10.17977/um031v41i22018p130

Rahmayanti, E. (2017). Penerapan Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas XI SMA. Prosiding Konferensi Nasional Kewarganegaraan III P-ISSN 2598-5973, November, 242–248. http://eprints.uad.ac.id/9787/

Ramadhani, S. P. (2019). Konsep Dasar IPA: konsep dan aplikasi pengembangan IPA di SD (Mulyani (ed.)). yiesa media karya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Syamsidah, & Suryani, H. (2018). Buku Model Problem Based Learning (PBL). CV Budi Utama.

Taufiq, A. (2020). Hakikat Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1–37.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Yuniarto, saiful rahman. (2021). Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 2(1), 20.

Zamroni, Y., Tresnani, G., Suryadi, B. F., Candri, D. A., & Sukiman, S. (2019). Pembuatan Spesimen Awetan Organisme Untuk Menunjang Pelajaran Keanekaragaman Hayati Di Sekolah. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(2), 116–120. https://doi.org/10.29303/jwd.v1i2.33

Downloads

Published

03-10-2023

How to Cite

Jannah, N., Sari, T. T. ., & Kadarisman. (2023). Pengaruh Model PBL Berbantukan Media Spesimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 3(1), 35–44. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/4202

Issue

Section

Articles