Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Geometri Ruang Dimensi Tiga untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X

Authors

  • Yanita Rakhman Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

media pembelajaran berbantuan komputer, ruang dimensi tiga

Abstract

In three-dimensional geometry material, students have difficulty understanding the concept of three-dimensional space and imagining geometric shapes. One of the learning media used as an alternative to overcoming student difficulties is computer-assisted learning media. This development research aims to produce computer-assisted learning media on three-dimensional geometry material for class X high school students that are valid, practical, and effective. The development model used is the 4D development model designed by Thiagarajan by only carrying out three initial stages (defining, designing, and developing stages). The results of the data analysis showed that: (1) the results of the validity test of the material and media were 3.067 and 3.267 respectively, (2) the results of the practicality test based on the student response questionnaire were 3.52, (3) the percentage of many students who received evaluation scores greater equals 80 is 90 percent. Thus, this computer-assisted learning medium has been declared valid, practical, and effective.

Pada materi geometri ruang dimensi tiga, siswa kesulitan dalam memahami konsep ruang dimensi tiga dan membayangkan bangun ruang. Salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai alternatif mengatasi kesulitan siswa tersebut adalah media pembelajaran berbantuan komputer. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi geometri ruang dimensi tiga untuk siswa sekolah menengah atas kelas X yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D yang didesain oleh Thiagarajan dengan hanya melakukan tiga tahap awal (tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan). Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan materi dan media berturut-turut adalah 3,067 dan 3,267, (2) hasil uji kepraktisan berdasarkan angket respon siswa adalah 3,52, (3) presentase banyak siswa yang mendapatkan nilai evaluasi lebih besar sama dengan 80 adalah 90 persen. Dengan demikian, media pembelajaran berbantuan komputer ini telah dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

References

Zayyadi, M., Supardi, L., & Misriyana, S. (2017). Pemanfaatan teknologi komputer sebagai media pembelajaran pada guru matematika. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 1(2), 25-30.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.

Darmawan, D. (2011). Teknologi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya..

Hobri, H. (2010). Metodologi penelitian pengembangan (aplikasi pada penelitian pendidikan matematika). Jember: Pena Salsabila.

Muhammad, R. (2012). Penggunaan animasi dengan macromedia flash untuk meningkatkan daya ingat terhadap matematika pada materi geometri di kelas X SMA Negeri 3 Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(2).

Safrina, K., Ikhsan, M., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah geometri melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori van hiele. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Informatika, 8(1), 36-44.

Downloads

Published

31-05-2022

How to Cite

Rakhman, Y. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer pada Materi Geometri Ruang Dimensi Tiga untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Kelas X. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(5), 379–386. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3742

Issue

Section

Articles