Aplikasi persamaan diferensial orde pertama untuk memodelkan laju ingatan serta modifikasinya
Abstract
Tujuan dari tulisan ini adalah untuk memodelkan laju ingatan dengan menyertakan faktor kelalaian menggunakan persamaan diferensial orde pertama. Kemudian memodifikasi model dengan menambahkan faktor latihan untuk melihat bagaimana pengaruh latihan terhadap kemampuan mengingat seseorang. Sesorang yang memiliki kemampuan tinggi dalam mengingat dan memahami sesuatu maka dia memiliki konstanta retensi yang besar, dan dia hanya memerlukan sedikit latihan untuk bisa meningkatkan kemampuannya. Sedangkan seseorang yang memiliki kemampuan yang rendah dalam mengingat dan mempelajari sesuatu, dia memiliki konstanta retensi yang cenderung kecil dan memerlukan banyak latihan untuk meningkatkan konstanta retensinya. Semakin tinggi konstanta retensi yang dimiliki seseorang maka semakin banyak kata yang mampu dia hafal.
References
Zill, D. G. 2001. A first course in differential equation with modeling applications (10th ed.). s.l.:Richard Statton.
Boyce, William E. dan DiPrima Richard C. 2009. Elementary Differential Equations and Boundary Value Problems. New York: John Wiley and Sons, Inc
Bao-Chau Do. (http://prezi.com/taq4noybefpm/rate-of-memorization-model/), diakses pada 12 Maret 2014
http://www.phy.davidson.edu/FacHome/dmb/PY200/memorize.htm/), diakses pada 22 Maret 2014
Blanchard, Paul. Devaney, Robert L. Hall, Glen. (2011). Defferential Equations (fourth edition). Unites Dtates of America: Brooks/cole
Nagle, R. Kent. Saff, Edward B. Snider, Arthur David Snider (2004). Fundamental of Differential Equations (Eight Edition).
Dontwi, I. K. dkk. 2013. Modeling Memorization and Forgetfulness Using Differential Equation. (Online), dalam Progress in Applied Mathematics. (http://cscanada.net/index.php/pam/article/view/j.pam.1925252820130601.3421), diakses pada Rabu, 5 Maret 2014
Atkinson, W. W. 2009. Memory: How to develop, train and use it. Spring-field, MO: Yoge Books
Klemm, W. R. 2007. What good learning if you don’t remember it?. (online) dalam Journal of Effective Teaching. (http://www.uncw.edu/cte/et/articles/Vol7_1/Klemm.pdf), diakses pada 5 Maret 2014
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.