Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan E-Learning Gnomio pada Materi Gerak Harmonik Sederhana

Authors

  • Nafilah Husnaul Azizah JurusanFisika, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Endang Purwaningsih Jurusan Fisika, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Amirah Sugihartin SMAN 1 Bondowoso, Jl. Letnan Rantam, Bondowoso, 68214, Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning menggunakan e-learning gnomio untuk kemampuan pemecahan masalah
siswa kelas X MIA 3 SMAN Bondowoso pada materi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada sampel 25 siswa SMA
Bondowoso kelas X MIA 3 dengan desain penelitian Pre-test and Post-test Group. Instrumen
penelitian berupa tes uraian kemampuan pemecahan masalah pre-test dan post-test. Hasil analisis
data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada nilai pre-test yaitu (61,52),
sedangkan pada rata-rata nilai post-test yaitu (85,56), lalu diuji menggunakan Uji N-Gain dan
memperoleh nilai persentase 61,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan
bahwa dalam penggunaan model Problem Based Learning menggunakan e-learning gnomio cukup
efektif untuk kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gerak harmonik sederhana.
Penelitian ini bermanfaat sebagai acuan untuk peneliti lain supaya dapat melaksanakan penelitian
tentang kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan e-learning gnomio

References

Al-Ani, W. T. (2013). Blended Learning Approach Using Moodle and Student’s Achievement at Sultan Qaboos

University in Oman. Journal of Education and Learning, 2(3), 96–110.

Beers, S. (2011). 21st Century Skills: Preparing Students for Their Future.

Carlgren, T. (2013). Communication, Critical Thinking, Problem Solving: A Suggested Course for All High School

Students in the 21st Century. Interchange, 44(1), 63–81.

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2016). An Elearning System for

Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.

H.

Hariawan, H., Kamaluddin, K., & Wahyono, U. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving

terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. JPFT

(Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 48–54.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA

Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Klegeris, A., & Hurren, H. (2011). Problem-Based Learning in A Large Classroom Setting: Methodology, Student

Perception and Problem Solving Skills. Proceedings of Edulearn 11 Conference.

Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of

Instruction. Global Journal of Human-Social Science Research, 14(5), 2014.

Lindström, K., Lindblad, F., & Hjern, A. (2009). Psychiatric Morbidity in Adolescents and Young Adults Born

Preterm: A Swedish National Cohort Study. Pediatrics, 123(1), e47–e53.

Oguz-unver, A., & Arabacioglu, S. (2011). Overviews On Inquiry Based And Problem Based Learning Methods”.

Western Anatolia. Journal of Educational Sciences (WAJES), 1(3), 30–303.

Redish, E. F. (2005). Changing Student Ways of Knowing: What Should Our Students Learn in A Physics Class.

Proceedings of World View on Physics Education, 1–13.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Kencana.

Tham, K., & Tham, C. (2011). Blended Learning-A Focus Study on Asia. International Journal of Computer Science

Issues (IJCSI), 8(2), 136.

Walsh, L. N., Howard, R. G., & Bowe, B. (2007). Phenomenographic Study of Students’ Problem Solving

Approaches in Physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 3(2), 020108.

Wenning, C. J. (2007). Using A Modified Delphi Technique to Validate A Physics and Physical Science Teacher

Education Textbook. Illinois State University.

Yuliati, L. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktek. Malang: Lembaga Pengembangan Dan

Pembelajaran UM

Downloads

Published

06-05-2023

How to Cite

Azizah, N. H. ., Purwaningsih, E. ., & Sugihartin, A. . (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan E-Learning Gnomio pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(7). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3569

Issue

Section

Articles