Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan E-Learning Gnomio pada Materi Gerak Harmonik Sederhana
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran
Problem Based Learning menggunakan e-learning gnomio untuk kemampuan pemecahan masalah
siswa kelas X MIA 3 SMAN Bondowoso pada materi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan pada sampel 25 siswa SMA
Bondowoso kelas X MIA 3 dengan desain penelitian Pre-test and Post-test Group. Instrumen
penelitian berupa tes uraian kemampuan pemecahan masalah pre-test dan post-test. Hasil analisis
data diperoleh bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah pada nilai pre-test yaitu (61,52),
sedangkan pada rata-rata nilai post-test yaitu (85,56), lalu diuji menggunakan Uji N-Gain dan
memperoleh nilai persentase 61,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dapat disimpulkan
bahwa dalam penggunaan model Problem Based Learning menggunakan e-learning gnomio cukup
efektif untuk kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi gerak harmonik sederhana.
Penelitian ini bermanfaat sebagai acuan untuk peneliti lain supaya dapat melaksanakan penelitian
tentang kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan e-learning gnomio
References
Al-Ani, W. T. (2013). Blended Learning Approach Using Moodle and Student’s Achievement at Sultan Qaboos
University in Oman. Journal of Education and Learning, 2(3), 96–110.
Beers, S. (2011). 21st Century Skills: Preparing Students for Their Future.
Carlgren, T. (2013). Communication, Critical Thinking, Problem Solving: A Suggested Course for All High School
Students in the 21st Century. Interchange, 44(1), 63–81.
Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K. K., Bhardwaj, A., Goyal, R. C., & Varghese, C. (2016). An Elearning System for
Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), 132–135.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision.
H.
Hariawan, H., Kamaluddin, K., & Wahyono, U. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving
terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Palu. JPFT
(Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(2), 48–54.
Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA
Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).
Klegeris, A., & Hurren, H. (2011). Problem-Based Learning in A Large Classroom Setting: Methodology, Student
Perception and Problem Solving Skills. Proceedings of Edulearn 11 Conference.
Kristiawan, M. (2014). A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of
Instruction. Global Journal of Human-Social Science Research, 14(5), 2014.
Lindström, K., Lindblad, F., & Hjern, A. (2009). Psychiatric Morbidity in Adolescents and Young Adults Born
Preterm: A Swedish National Cohort Study. Pediatrics, 123(1), e47–e53.
Oguz-unver, A., & Arabacioglu, S. (2011). Overviews On Inquiry Based And Problem Based Learning Methods”.
Western Anatolia. Journal of Educational Sciences (WAJES), 1(3), 30–303.
Redish, E. F. (2005). Changing Student Ways of Knowing: What Should Our Students Learn in A Physics Class.
Proceedings of World View on Physics Education, 1–13.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan. Kencana.
Tham, K., & Tham, C. (2011). Blended Learning-A Focus Study on Asia. International Journal of Computer Science
Issues (IJCSI), 8(2), 136.
Walsh, L. N., Howard, R. G., & Bowe, B. (2007). Phenomenographic Study of Students’ Problem Solving
Approaches in Physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, 3(2), 020108.
Wenning, C. J. (2007). Using A Modified Delphi Technique to Validate A Physics and Physical Science Teacher
Education Textbook. Illinois State University.
Yuliati, L. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktek. Malang: Lembaga Pengembangan Dan
Pembelajaran UM
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.