Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang pada Topik Hukum Pascal dengan Menggunakan Three Tiers Test

Authors

  • Delilah Nur Maisyaroh Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Meliska Suelsy Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Muhammad Reyza Arief Taqwa Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika
Universitas Negeri Malang pada topik hukum Pascal. Penelitian ini perlu dilakukan guna memberikan
gambaran miskonsepsi yang terjadi pada topik hukum Pascal dengan menggunakan soal isomorfik
three tiers test. Mahasiswa disajikan tiga soal isomorfik dengan tipe three tiers test level pertama,
berupa pilihan benar atau salah disertakan alasan dari jawaban terpilih. Sebanyak 39,2 % mahasiswa
pendidikan fisika mengalami miskonsepsi pada topik hukum Pascal. Persentase mahasiswa dengan
pemahaman konsep yang benar dan sempurna sebanyak 8,7%. Hasil identifikasi menunjukan bahwa
mahasiswa mengalami miskonsepsi pada topik hukum Pascal disebabkan karena mahasiswa
beranggapan bahwa 1) tekanan yang diberikan pada seluruh bagian piston sama besar, maka
gayanya juga akan bernilai sama besar dengan nilai persentase sebesar 30,4%. 2) gaya yang
diberikan pada piston pertama sama dengan yang gaya diterima piston kedua dengan nilai
persentase sebesar 30,4% . 3) luas penampang pada kedua piston tidak berpengaruh pada gaya yang
bekerja pada piston dengan nilai presentasi sebesar 17,3%

References

Anggraeni, T. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas Xii MIA di SMA Negeri 8 Kota Jambi pada Materi Fluida

Statis. Universitas jambi.

Artiawati, P. R., Muliyani, R., Kurniawan, Y., & Guess, L. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi

menggunakan Three Tier-Test pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Jurnal Ilmu

Pendidikan Fisika, 3(1), 5–7.

Barke, H.-D., Hazari, A., & Yitbarek, S. (2008). Misconceptions in Chemistry: Addressing Perceptions in Chemical

Education. Springer Science & Business Media.

BERNSTEIN, A., & White, F. Z. (1952). Unusual Physical Findings in Pleural Effusion: Intrathoracic Manometric

Studies. Annals of Internal Medicine, 37(4), 733–738.

Husniyah, A., Yuliati, L., & Mufti, N. (2016). Pengaruh Permasalahan Isomorfik terhadap Keterampilan

Pemecahan Masalah Materi Gerak Harmonis Sederhana Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 36–44.

Khairunnisa, K., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2018). Mengintegrasikan Remediasi Miskonsepsi Menggunakan

Model Conceptual Change Tipe Ecirr dalam Pembelajaran Getaran Harmonis. Jurnal Pendidikan Dan

Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).

Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu:

Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).

Maunah, N. (2014). Pengembangan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk Menganalisis Kesulitan

Belajar Siswa Kelas X pada Materi Suhu dan Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).

Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80.

Mustikasari, V. R., Annisa, M., & Munzil, M. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep Tekanan Zat Siswa Kelas

Viii-c SMPN 1 Karangploso Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Pembelajaran Sains,

(2), 39–50.

Nadhiif, M. A., Diantoro, M., & Sutopo, S. (2015). Tes Isomorfik Berbasis Komputer untuk Diagnostik

Miskonsepsi Diri pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 58–67.

Odom, A. L., & Barrow, L. H. (1993). Third Misconceptions Seminar Proceedings: Freshman Biology Non-Majors

Misconceptions about Diffusion and Osmosis. Ithaca: Misconceptions Trust.

Serway, S., W. Jewet, J., Jr, & A, R. (2006). Serway s Principles of Physics A Calculus-Based Text Fourth Edition.

Sheng-nan, L., & Da-ming, F. (2015). What Factors “Work” for Teacher Organizational Learning in Shanghai

Middle Schools? A Grounded Theory Approach. US-China Education Review, 5(1), 52–66.

Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Gramedia Widiasarana.

Taber, K. S. (2001). Building the Structural Concepts of Chemistry: Some Considerations from Educational

Research. Chemistry Education Research and Practice, 2(2), 123–158.

Wartono, W., Saifullah, A. M., & Sugiyanto, S. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Fluida

Statis dengan Instrumen Diagnostik Three-Tier. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 020–

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. Sage.

Zulfa, S. I., Nikmah, A., & Nisak, E. K. (2020). Analisa Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum

Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 24(1), 24–29

Downloads

Published

06-05-2023

How to Cite

Maisyaroh, D. N. ., Suelsy, M. ., & Taqwa, M. R. A. . (2023). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang pada Topik Hukum Pascal dengan Menggunakan Three Tiers Test. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(7). Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/3564

Issue

Section

Articles