Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang pada Topik Hukum Pascal dengan Menggunakan Three Tiers Test
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa pendidikan fisika
Universitas Negeri Malang pada topik hukum Pascal. Penelitian ini perlu dilakukan guna memberikan
gambaran miskonsepsi yang terjadi pada topik hukum Pascal dengan menggunakan soal isomorfik
three tiers test. Mahasiswa disajikan tiga soal isomorfik dengan tipe three tiers test level pertama,
berupa pilihan benar atau salah disertakan alasan dari jawaban terpilih. Sebanyak 39,2 % mahasiswa
pendidikan fisika mengalami miskonsepsi pada topik hukum Pascal. Persentase mahasiswa dengan
pemahaman konsep yang benar dan sempurna sebanyak 8,7%. Hasil identifikasi menunjukan bahwa
mahasiswa mengalami miskonsepsi pada topik hukum Pascal disebabkan karena mahasiswa
beranggapan bahwa 1) tekanan yang diberikan pada seluruh bagian piston sama besar, maka
gayanya juga akan bernilai sama besar dengan nilai persentase sebesar 30,4%. 2) gaya yang
diberikan pada piston pertama sama dengan yang gaya diterima piston kedua dengan nilai
persentase sebesar 30,4% . 3) luas penampang pada kedua piston tidak berpengaruh pada gaya yang
bekerja pada piston dengan nilai presentasi sebesar 17,3%
References
Anggraeni, T. (2019). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas Xii MIA di SMA Negeri 8 Kota Jambi pada Materi Fluida
Statis. Universitas jambi.
Artiawati, P. R., Muliyani, R., Kurniawan, Y., & Guess, L. (2018). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi
menggunakan Three Tier-Test pada Materi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Jurnal Ilmu
Pendidikan Fisika, 3(1), 5–7.
Barke, H.-D., Hazari, A., & Yitbarek, S. (2008). Misconceptions in Chemistry: Addressing Perceptions in Chemical
Education. Springer Science & Business Media.
BERNSTEIN, A., & White, F. Z. (1952). Unusual Physical Findings in Pleural Effusion: Intrathoracic Manometric
Studies. Annals of Internal Medicine, 37(4), 733–738.
Husniyah, A., Yuliati, L., & Mufti, N. (2016). Pengaruh Permasalahan Isomorfik terhadap Keterampilan
Pemecahan Masalah Materi Gerak Harmonis Sederhana Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 4(1), 36–44.
Khairunnisa, K., Djudin, T., & Oktavianty, E. (2018). Mengintegrasikan Remediasi Miskonsepsi Menggunakan
Model Conceptual Change Tipe Ecirr dalam Pembelajaran Getaran Harmonis. Jurnal Pendidikan Dan
Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).
Lestari, Y. (2018). Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Trihayu:
Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(2).
Maunah, N. (2014). Pengembangan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk Menganalisis Kesulitan
Belajar Siswa Kelas X pada Materi Suhu dan Kalor. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2).
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80.
Mustikasari, V. R., Annisa, M., & Munzil, M. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Konsep Tekanan Zat Siswa Kelas
Viii-c SMPN 1 Karangploso Semester Genap Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Pembelajaran Sains,
(2), 39–50.
Nadhiif, M. A., Diantoro, M., & Sutopo, S. (2015). Tes Isomorfik Berbasis Komputer untuk Diagnostik
Miskonsepsi Diri pada Materi Gaya dan Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 58–67.
Odom, A. L., & Barrow, L. H. (1993). Third Misconceptions Seminar Proceedings: Freshman Biology Non-Majors
Misconceptions about Diffusion and Osmosis. Ithaca: Misconceptions Trust.
Serway, S., W. Jewet, J., Jr, & A, R. (2006). Serway s Principles of Physics A Calculus-Based Text Fourth Edition.
Sheng-nan, L., & Da-ming, F. (2015). What Factors “Work” for Teacher Organizational Learning in Shanghai
Middle Schools? A Grounded Theory Approach. US-China Education Review, 5(1), 52–66.
Suparno, P. (2013). Miskonsepsi & Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Gramedia Widiasarana.
Taber, K. S. (2001). Building the Structural Concepts of Chemistry: Some Considerations from Educational
Research. Chemistry Education Research and Practice, 2(2), 123–158.
Wartono, W., Saifullah, A. M., & Sugiyanto, S. (2017). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Materi Fluida
Statis dengan Instrumen Diagnostik Three-Tier. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(1), 020–
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications. Sage.
Zulfa, S. I., Nikmah, A., & Nisak, E. K. (2020). Analisa Penguasaan Konsep pada Tekanan Hidrostatis dan Hukum
Pascal Mahasiswa Pendidikan Fisika. Jurnal Fisika Indonesia, 24(1), 24–29
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.