Identifikasi miskonsepsi materi getaran dan gelombang pada siswa SMP kelas VIII menggunakan three-tier test

Authors

  • Merry Christiani
  • Munzil Munzil
  • Erni Yulianti

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i4p304-321

Keywords:

Miskonsepsi, Getaran dan Gelombang, Three-Tier Test

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pengetahuan yang sistematis mengenai gejala-gejala alam yang ada berdasarkan hasil observasi, eksperimen, penyimpulan, dan penyusunan suatu teori. Miskonsepsi merupakan pemahaman oleh siswa tentang suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah yang diterima oleh para ahli yang dapat mengakibatkan permasalahan pada siswa. Tes diagnostik digunakan untuk menentukan elemen-elemen pada suatu mata pelajaran yang memungkinkan adanya miskonsepsi, salah satunya menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan mengidentifikasi miskonsepsi konsep getaran dan gelombang pada siswa SMP kelas VIII menggunakan tes diagnostik three-tier. Berdasarkan hasil tes menggunakan three-tier diagnostic test dapat diketahui bahwa persentase tertinggi miskonsepsi siswa materi getaran dan gelombang sebanyak 54,94 persen yakni pada konsep gerak gelombang.

References

Abbas, M. L. H. (2016). Pengembangan instrumen three tier diagnostic test miskonsepsi suhu dan kalor. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Dewi, I. N. A., Kusairi, S., & Yuliati, L. (2016). Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Hukum Archimedes. In Prosiding Seminar Nasional Tahun.

Gurel, D. K., Eryılmaz, A., & McDermott, L. C. (2015). A review and comparison of diagnostic instruments to identify students' misconceptions in science.

Istiqomah, N. (2017). Analisis Miskonsepsi Pokok Bahasan Gelombang Mekanik pada Siswa Kelas XII SMAN Kencong. Seminar Nasional Pendidikan Fisika FKIP, Universitas Jember 2017 Vol.2, ISSN : 2527 – 5917

Liza, M. M., Soewarno, S., & Marwan, A. R. (2016). Identifikasi Miskonsespi Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII di Mtsn Rukoh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(4), 212-217.

Marlina, M., Utaya, S., & Yuliati, L. (2017, May). Penguasaan Konsep IPA Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Penanggungan Malang. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 781-787).

Peşman, H. (2005). Development of a three-tier test to assess ninth grade students' misconceptions about simple electric circuits (Master's thesis).

Peşman, H., & Eryılmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric circuits. The Journal of educational research, 103(3), 208-222.

Kemdiknas, P. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2018/2018. Jakarta: Puspendik.

Ratnaningdyah, D. (2018, July). Mengungkap miskonsepsi fisika dengan metode the three-tier test. In prosiding seminar nasional program pascasarjana universitas pgri palembang (Vol. 5, No. 05).

Sarlina, S. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194-209.

Serway, R., & Jewett, J. (2009). Physics for Scientists and Engineers, Chapters 1-39. Nelson Education.

Shalihah, A., Mulhayatiah, D., & Alatas, F. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes Diagnostik Three-tier Pada Hukum Newton Dan Penerapannya. Journal of Teaching and Learning Physics, 1(1), 24-33.

YAQIN, M. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Three-tier Konsep Getaran dan Gelombang untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi prodi pendidikan ipa-fakultas MIPA UM.

Zayyinah, Z., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Dengan Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Suhu dan Kalor. Natural Science Education Research, 1(2), 78-89.

Downloads

Published

30-04-2021

How to Cite

Christiani, M. ., Munzil, M., & Yulianti, E. . (2021). Identifikasi miskonsepsi materi getaran dan gelombang pada siswa SMP kelas VIII menggunakan three-tier test. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(4), 304–321. https://doi.org/10.17977/um067v1i4p304-321

Issue

Section

Articles