Analisis proses kemampuan pemecahan masalah fisika materi fluida statis mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang

Authors

  • Achmad Ridho Khuzaini Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Yeni Audina Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Bakhrul Rizky Kurniawan Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Problem solving skill, Kemampuan pemecahan masalah, static fluid, fluida statis, writing test, tes tulis

Abstract

This article aims to analyze the problem-solving ability of physics on static fluid material for Physics Education students at the Universitas Negeri Malang. This analysis uses descriptive research methods. Determination of the research area and samples using the purposive sampling area method. The population of this research are students majoring in physics at Universitas Negeri Malang who are taking physics education assessment courses. The sample in this study were 20 students in the physics learning assessment course. Methods of data collection using a written test and documentation. The type of written test used is in the form of several questions describing the problem-solving ability of static fluid material, while the documentation is in the form of a list of students' names of research subjects and test scores. The results of this study indicate that the problem-solving ability of static fluid physics in this class is quite good.

 

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah fisika pada materi fluida statis mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Analisis ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penentuan daerah penelitian dan sampel menggunakan metode purposive sampling area. Populasi dari penelitian kali ini adalah mahasiswa jurusan fisika UM yang sedang menempuh mata kuliah asesmen pendidikan fisika. Sampel dalam penelitian ini yaitu 20 mahasiswa pada mata kuliah asesmen pembelajaran fisika. Metode pengumpulan data menggunakan tes tulis dan dokumentasi. Jenis tes tulis yang digunakan berupa beberapa soal uraian kemampuan pemecahan masalah materi fluida statis, sedangkan dokumentasi berupa daftar nama siswa subjek penelitian dan nilai hasil tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah fisika materi fluida statis pada kelas ini cukup baik.

References

Ikhwanuddin, Jaedun, A., & Purwantoro, D. (2010). Problem Solving Dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Berpikir Analitis. Jurnal Kependidikan : Penelitian Inovasi Pembelajaran, 40(2).

Maulidya, A. (2018). Berpikir dan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1), 19.

Siti Nursaila Bt Alias & Faridah Bt Ibrahim. (2015). Problem Solving Strategy in Balanced Forces. International Journal of Business and Social Science, 6(8).

Sudi Dul Aji, Muhammad Nur Hudha, & Astri Yuni Rismawati. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Science Education Journal, 1(1).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sulasmono, B. S. (2012). Problem Solving: Signifikansi, Pengertian, dan Ragamnya. Satya Widya, 28(2), 155–156.

Yulia, V. N., & Budianingsih, Y. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Media Pembelajaran Google Classroom. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 14(1), 88–98.

Downloads

Published

18-03-2022

How to Cite

Achmad Ridho Khuzaini, Yeni Audina, & Bakhrul Rizky Kurniawan. (2022). Analisis proses kemampuan pemecahan masalah fisika materi fluida statis mahasiswa pendidikan fisika Universitas Negeri Malang. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(3), 198–208. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2259

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.