Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep siswa SMA pada materi momentum dan impuls

Authors

  • Rahma Widya Kusumaningrum Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Seli Aditya Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Handy Faishal Rahim Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Endang Purwaningsih Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Problem based learning, animation, animasi, concept mastery, penguasaan konsep

Abstract

The purpose of writing this article is to analyze whether there is an increase in the mastery of the concept of groups who learn to use the Problem Based Learning model assisted by animation on momentum and impulse material, as well as describe the difficulties in working on momentum and impulse questions. one group pretest and posttest design. The sample in this study was 27 students of class X. The instrument used in the form of 12 multiple choice questions to measure students' mastery of concepts and to measure the difficulties faced by students was an unstructured interview guide. The research data were analyzed using inferential tests so that the results obtained were differences before and after learning with a gain value of 0.60 with a medium group and an impact strength value of 1.87 with a high group, so it can be concluded that there is a significant effect of animation-assisted problem based learning on concept mastery. student. The difficulties faced by students in general are interpreting physics symbols and understanding the meaning of the problem to determine the right equation to solve the problem. The implications of research results on education are that it can be an effort to improve students' mastery of concepts and identify student difficulties for evaluation to optimize the next learning process.

 

Tujuan penulisan artikel ini adalah menganalisis apakah terdapat peningkatan penguasaan konsep kelompok yang belajar menggunakan  model Problem Based Learning berbantuan animasi pada materi momentum dan impuls, serta mendeskripsikan kesulitan – kesulitan dalam mengerjakan soal momentum dan impuls Penelitian ini memakai  metode mix method - embedded experimental design dengan desain one group pretest and posttest design. Sampel pada penelitian ini 27 siswa kelas X. Instrumen yang digunakan berupa 12 soal pilihan ganda untuk mengukur penguasaan konsep siswa dan untuk mengukur kesulitan yang dihadapi siswa adalah pedoman wawancara tak terstruktur. Data penelitian dianalisis menggunakan uji inferensial sehingga didapatkan hasil terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan nilai gain 0,60 dengan golongan sedang dan nilai kekuatan dampak 1,87 dengan golongan tinggi, sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan pembelajaran problem based learning berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep siswa. Kesulitan yang dihadapi siswa secara umum yaitu menginterpretasi simbol – simbol fisika dan memahami maksud dari soal untuk menentukan persamaan yang tepat untuk menyelesaikan soal. Implikasi hasil penelitian terhadap pendidikan yaitu dapat menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa dan identifikasi kesulitan siswa guna evaluasi untuk mengoptimalkan proses pembelajaran selanjutnya.

References

Agustina, K., Kristiyanto, W. H., & Noviandini, D. (2017). Learning Design of Problem Based Learning Model Based on Recommendations of Sintax Study and Contents Issues on Physics Impulse Materials with Experimental Activities. International Journal of Active Learning, 2(2), 68–81.

Allo, R. A., Sugiarti, & Salempa, P. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Animasi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar (Studi pada Materi Pokok Karakteristik Zat). Jurnal Chemica, 18(2), 80–89.

Handayani, M. W., Swistoro, E., & Risdianto, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 36–44. https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.36-44

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan. (2015). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 221–225.

Hwang, A. (2018). Online and Hybrid Learning. Journal of Management Education, 42(4), 557–563.

Irwanuddin, & Dwikoranto. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Momentum dan Impuls Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X SMAN 1 Kamal. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 06(03), 214–218.

Jehanus, C. R., Ayu, H. D., & Sundaygara, C. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau Dari Kerja Ilmiah. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 39–45. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1359

Kaniawati, I., Samsudin, A., Hasopa, Y., Sutrisno, A. D., & Suhendi, E. (2016). The Influence of Using Momentum and Impulse Computer Simulation to Senior High School Students’ Concept Mastery. Journal of Physics: Conference Series, 739(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/739/1/012060

Klassen, A. C., Creswell, J., Plano Clark, V. L., Smith, K. C., & Meissner, H. I. (2012). Best practices in mixed methods for quality of life research. Quality of Life Research, 21(3), 377–380.

Laskaryani, C., Mukhlis, R., & Hadma, Y. (2020). Problem Based Learning Berbantuan Exe Learning Pada Materi Momentum Dan Impuls: Dampak Berpikir Kritis. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Fisika FITK, 2(1), 274.

Lutfiyadi, M., & Budiyono, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Permainan Kareka (Kartu Remi Fisika) Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. National Conference on …, September, 247–254.

Martina, M. Y., & Hau, R. R. H. (2021). Identifikasi pemahaman konsep impuls dan momentum pada siswa kepeminatan fisika 1. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 2(2).

Nardin, Muris, & Tawil, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Belajar dan Penguasaan Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(2), 117–127.

Putri, M. D., & Marpaung, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Multirepresentasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Tingkat SMA Pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 8(4), 26–32.

Rahmawati, F., Soegimin, & Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungwaru. Jurnal Penlitian Pendidikan Sains, 5(2), 1039–1047.

Rahmawati, S., Kusairi, S., & Sutopo. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa Yang Belajar Materi Momentum dan Impuls Berbasis Scientific Approach Disertai Formative Assessment Berbantuan WEB. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 1–6.

Rivai, H. P., & Yuliati, L. (2018). Penguasaan Konsep dengan Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Materi Fluida Dinamis pada Siswa SMA. 1080–1088.

Rohmah, F., Pramono, S. E., & Yusuf, A. (2020). Problem Based Learning Assisted by Mobile Learning to Improve Conceptual Understanding of Primary School Students. 9(1), 51–58.

Saifullah, A. M., Sutopo, S., & Wisodo, H. (2017). Senior high school students’ difficulties in solving impulse and momentum problems. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 1–10.

Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). The Generic Science Skill Profile of High School on Theory Momentum and Impulse. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1), 0–7.

Sidabutar, P. K., & Motlan. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Materi Pokok Momentum dan Impuls. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 7(4), 34–41.

Taqwa, M. R. A., Rivaldo, L., & Faizah, R. (2019). Problem Based Learning Implementation to Increase The Students’ Conceptual Understanding of Elasticity. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2), 107–116. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3339

Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal PINUS, 1(2), 96–102.

Yuberti, Latifah, S., Anugrah, A., Saregar, A., Misbah, & Jermsittiparsert, K. (2019). Approaching problem-solving skills of momentum and impulse phenomena using context and problem-based learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 1217–1227. https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1217

Yulianti, D., Wiyanto, Rusilowati, A., Nugroho, S. E., & Supardi, K. I. (2019). Problem based learning models based on science technology engineering and mathematics for developing student character. Journal of Physics: Conference Series, 1170(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1170/1/012032

Downloads

Published

18-03-2022

How to Cite

Rahma Widya Kusumaningrum, Seli Aditya, Handy Faishal Rahim, & Endang Purwaningsih. (2022). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan animasi terhadap penguasaan konsep siswa SMA pada materi momentum dan impuls. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(3), 190–197. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2258

Issue

Section

Articles