Deskripsi keterampilan calon guru dalam mengembangkan multimedia pembelajaran fisika ditinjau dari pemahaman konsep hubungan roda-roda pada gerak melingkar

Authors

  • Cahyani Intan Ramadani Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur
  • Bakhrul Rizky Kurniawan Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Sahal Fawaiz SMP Negeri 4 Malang, Jl. Veteran No.37, Kota malang, 65145, Indonesia

Keywords:

Understanding of concepts, Pemahaman konsep, skills, keterampilan, multimedia development, pengembangan multimedia, teacher candidates, calon guru

Abstract

This research was conducted with the aim of knowing how the skills of prospective teachers in developing multimedia learning physics in terms of understanding the concept of the relationship of the wheels in circular motion. This research was conducted on 41 prospective physics teachers at the State University of Malang who have taken basic physics courses and are currently taking physics learning multimedia practice courses. Based on the results of the study, it shows that not all prospective teachers who have the correct understanding of the concept are able to develop circular motion animations that are in accordance with the concept. There is only 1 teacher candidate (2.4%) who is correct on the nine concepts tested and is able to present multimedia products in the form of animated wheel relations based on the correct concept.

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan calon guru dalam mengembangkan multimedia pembelajaran fisika ditinjau dari pemahaman konsep hubungan roda-roda pada gerak melingkar. Penelitian ini dilakukan terhadap 41 calon guru fisika Universitas Negeri Malang yang telah menempuh mata kuliah fisika dasar dan sedang menempuh mata kuliah praktik multimedia pembelajaran fisika. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa tidak semua calon guru yang memiliki pemahaman konsep yang benar, mampu mengembangkan animasi gerak melingkar yang sesuai dengan konsep. Hanya terdapat 1 calon guru (2,4%) yang benar pada sembilan konsep yang diujikan dan mampu menyajikan produk multimedia berupa animasi hubungan roda-roda berdasarkan konsep yang benar.

References

A. Setiawan. (2012). Pemanfaatan ICT untuk Pembelajaran Sains. 27–28.

Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10.

Desy, D., Desnita, D., & Raihanati, R. (2015). Pengembangan alat peraga fisika materi gerak melingkar untuk SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 4, SNF2015-II.

Gunawan, G. (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. FKIP Universitas Mataram.

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. (2017). Modul digital interaktif berbasis articulate studio’13: Pengembangan pada materi gerak melingkar kelas x. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231.

Ivers, K. S., & Barron, A. E. (1998). Multimedia projects in education: Designing, producing, and assessing. Libraries Unlimited Englewood, CO.

Manik, E. (2021). Menimbang Kompetensi Calon Guru Matematika dalam Penyelenggaraan Pembelajaran Daring. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 13–22.

Nur’aini, D. A., Lestari, P. D., & Kurniawan, B. R. (2020). Pengembangan Asesmen Formatif Berbasis Komputer untuk Mengetahui Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Hukum Bernoulli. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 5(2), 106–112.

R. Annisa, B. Astuti, & B. Naini Mindyarto. (2019). Tes Diagnostik Four Tier untuk Identifikasi Pemahaman dan Miskonsepsi Siswa pada Materi Gerak Melingkar Beraturan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(1), 25–32. https://doi.org/10.25273/jpfk.v5i1.3546

Richiyanti, S. (2020). Pengaruh Dan Penanganan Cybercrime Dalam Perkembangan Teknologi Informasi. Kodifikasi, 2(2), 46–56.

Winarti, T., & Nurhayati, S. (2014). Pembelajaran praktikum berorientasi proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2).

Wungguli, D., & Yahya, L. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Dimensi Tiga. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 41–47.

Downloads

Published

18-03-2022

How to Cite

Cahyani Intan Ramadani, Bakhrul Rizky Kurniawan, & Sahal Fawaiz. (2022). Deskripsi keterampilan calon guru dalam mengembangkan multimedia pembelajaran fisika ditinjau dari pemahaman konsep hubungan roda-roda pada gerak melingkar . Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 2(3), 172–182. Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/mipa/article/view/2256

Issue

Section

Articles