Pengembangan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA

Authors

  • Sunarno Prayogo
  • Hadi Suwono

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i1p8-13

Keywords:

instrument, instrumen tes, scientific literacy, literasi saintifik, XI grade High School, kelas XI, SMA, MA

Abstract

The Research and development purpose to produce scientific literacy test instrument for high school students that validated, reliable, attractive, and easy to understand. Research and development of this research design development of 3-D adaptation of the development model of the 4-D (Thiagarajan, et al, 1974: 5). The development of this model consists of three phases, namely the definition (define), design (design), and development (develop). Based on the analysis of the trial results, can be concluded that of the six aspects are the focus of assessment, product testing scientific literacy test instrument of high school students obtain the average scoring 87 percent. These results indicate that the products have been developed very feasible and can be implemented to measure the ability of the scientific literacy of high school students.

 

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA yang tervalidasi, reliabel, menarik, dan mudah dipahami. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan desain penelitian pengembangan 3-D yang diadaptasi dari model pengembangan 4-D (Thiagarajan, dkk, 1974:5). Pengembangan model ini terdiri dari 3 tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Berdasarkan analisis hasil uji coba, dapat disimpulkan bahwa dari keenam aspek yang menjadi fokus penilaian, produk instrumen tes literasi saintifik siswa SMA/MA memperoleh rata-rata penyekoran 87 persen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan sangat layak dan dapat diimplementasikan untuk mengukur kemampuan literasi saintifik siswa SMA/MA.

References

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djaali, dan Mulyono, Pudji. (2004). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

PISA. (2012). Indonesia Student performance (PISA 2012), (Online) (http://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&treshold=10&topic=PI), diakses pada 15 Januari 2015.

PISA. (2013). PISA 2015 Draft Science Framework, (Online) (http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/Draft PISA 2015 Science Framework.pdf), diakses pada 15 Januari 2015.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rohayati, Tika. (2013). Pengaruh Pembelajaran Interactive Demonstration Terhadap Peningkatan Literasi sains Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Pada Materi Transportasi Pada Tumbuhan, (Online) (http://repository.upi.edu/1538/4/S_BIO_0900430_CHAPTER1.pdf), diakses pada 15 Januari 2015.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadirship Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Downloads

Published

31-01-2021

How to Cite

Prayogo, S. ., & Suwono, H. . (2021). Pengembangan instrumen tes literasi saintifik untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.17977/um067v1i1p8-13

Issue

Section

Articles