Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berlandaskan konstruktivisme pada materi persamaan garis
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i10p788-796Keywords:
Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Persamaan Garis, KonstruktivismeAbstract
Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan salah satu bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran di kelas. LKS berlandaskan konstruktivisme menuntut siswa untuk berpikir aktif, kritis serta dapat menemukan dan menerapkan ide-ide mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berlandaskan konstruktivisme pada materi persamaan garis dan mendeskripsikan pengembangan LKS yang valid dan efektif yang berlandaskan konstruktivisme pada materi persamaan garis. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada model 4-D (Four D model) dengan memodifikasi menjadi 3D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development). Berdasarkan hasil uji kevalidan dan uji keefektifan diperoleh hasil skor kevalidan sebesar 3.16 dengan kriteria valid dan skor keefektifan sebesar 88.33 dengan kriteria efektif.
References
Alfiani. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis konstuktivisme materi trigonometri pada Kelas X RSMABI. Malang. FMIPA Universitas Negeri Malang
Anbarini, R. (2014, Maret 15). Konstruktivisme dalam kurikulum 2013, (http://www.kemendiknas.go.id/kemendikbud/berita/2311).
Arifin, A.A. (2012). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan konstruktivis pada materi limit fungsi untuk siswa SMA Kelas XI. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Arikunto, S. (2009). Evaluasi program pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Budiningsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hobri, (2010). Metodologi penelitian pengembangan (Aplikasi pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember : Pena Salsabila.
Jihad, A. (2008). Pengembangan kurikulum matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Thiagarajan, S., Dorothy S.S., & Melvyn I.S. (1974). Instructional development fortraining teachers for exceptional children: A Source Book.Indiana: IndianaUniversity.
Umah, U. (2011). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk Pembelajaran Berbasis Inkuiri pada Materi Limit Fungsi Kelas XI IPA. Malang: FMIPA Universitas Negeri Malang.
Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Implementasi kurikulum 2013 dan relevansinya dengan kebutuhan kualifikasi kompetensi lulusan. Semarang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Martiningsih, Rr. (2014, Juli 17). Menyikapi perubahan kurikulum. http://setjen.kemendikbud.go.id/pustekkom/berita/1661/menyikapi-perubahan-kurikulum#sthash.F6GdGvJd.dpbs