Implementasi SCRUM pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang: Bidang Bimbingan Konseling

Authors

  • Mahisha Laila Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ilham Zaeni Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Zafifatuz Zuhriyah Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Malang, Jl. Tugu No.1 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v1i72021p526-535

Keywords:

: pengembangan sistem informasi, bimbingan konseling, scrum

Abstract

The development of digital applications at State 4 Malang, including counseling, aims to facilitate the management of data related to teachers and students. Counseling provides services for the personal, social, learning, and career problems of students and teachers. The development method used is the SCRUM model framework. The service process in the field of counseling has not yet a clear service flow. Thus, with the SCRUM method, the information system development process can change and there is no need to return to the initial steps of the method. SCRUM can manage projects more efficiently and make teamwork more effective through a step process known as sprint. The process of implementing the sprint in the creation of the Application Digital Studium Et Sapientia (ADI STETSA) project was carried out in 5 sprints. The field of counseling was developed in the 4th sprint. The features developed have been approved by the person in charge of the counseling field. The resulting features are alumni, specialization and cross-interest, and consultation. An information system based on a website and a mobile application. This development is equipped with a software requirement specification document as a reference for using the system, especially for schools.

Pengembangan aplikasi digital pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Malang, termasuk bimbingan konseling, bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data yang berkaitan dengan guru, dan siswa. Bimbingan konseling memberikan layanan masalah pribadi, sosial, belajar, dan karier siswa serta guru. Metode pengembangan yang digunakan adalah kerangka kerja model SCRUM. Proses pelayanan bidang bimbingan konseling belum memiliki alur pelayanan yang jelas. Sehingga, dengan metode SCRUM proses pengembangan sistem informasi dapat berubah dan tidak perlu kembali pada langkah awal metode. SCRUM dapat mengelola proyek menjadi lebih efisien dan membuat kerja tim menjadi lebih efektif melalui proses tahapan yang disebut dengan sprint. Proses pelaksanan sprint dalam pembuatan proyek sistem Aplikasi Digital Studium Et Sapientia (ADI STETSA) dilakukan sebanyak 5 sprint. Bidang bimbingan konseling dikembangkan pada sprint ke-4. Fitur yang dikembangkan telah disetujui oleh penanggung jawab bidang bimbingan konseling. Fitur yang dihasilkan yaitu alumni, peminatan dan lintas minat serta konsultasi. Sistem informasi yang dibuat berbasis website dan aplikasi mobile. Pengembangan ini dilengkapi dengan dokumen spesifikasi kebutuhan perangkat lunak sebagai acuan menggunakan sistem khususnya untuk pihak sekolah.

References

Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Azizah, P. A. N., Asfi, M., & Syafrinal, I. (2021). Implementasi Model Scrum Pada Sistem Informasi Pembelajaran Diluar Kampus Untuk Skema Wirausaha Kampus Merdeka. Syntax: Jurnal Informatika, 10(02), 1–12.

Chandra, Y. I., Kosdiana, & Riastuti, M. (2021). Perancangan Aplikasi Pendaftaran Peserta Bimbingan Pendidikan Kepemudaan 87 Jakarta Menggunakan Metode Prototype Berbasis Web. TEKINFO, 22(2), 109–119.

Dewangga, A. F., Wiranti, Y. T., & Natasia, S. R. (2021). Pengembangan Aplikasi Manajemen Usaha Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Scrum (Studi Kasus : Frozen Food Jobis). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Matematika, 1(1).

Ependi, U. (2018). Implementasi Model Scrum Pada Sistem Informasi Seleksi Masuk Mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 49–55. Retrieved from http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/informatika/article/view/640

Gutama, R., & Dirgahayu, T. (2021). Implementasi Scrum Pada Manajemen Proyek Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan (SMEP). Informatics Departement Universitas Islam Indonesia, Vol 2, 7.

Haryana, K. (2019). Penerapan Agile Development Methods Dengan Framework Scrum Pada Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Rapat Umum Berbasis Qr-Code. Jurnal Computech & Bisnis, 13(2), 70–79.

Hermansyah. (2021). Manajemen Lembaga Pendidikan Sekolah Berbasis Digitalisasi Di Era Covid 19. Fitrah, 12(1), 28–46.

Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro Dan Informatika, 1(2), 1–12.

Prastio, C. E., & Ani, N. (2018). Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android ( Case Study : Warkobar Café Cikarang ). Jurnal PETIR, 11(2), 203–220.

Pricillia, T., & Zulfachmi. (2021). Perbandingan Metode Pengembangan Perangkat Lunak (Waterfall, Prototype, RAD). Jurnal Bangkit Indonesia, 10(1), 6–12. https://doi.org/10.52771/bangkitindonesia.v10i1.153

Purnomo, E. M., & Agustina, F. (2021). Penerapan Digitalisasi Alur Bisnis Menggunakan Digital Signature Pada Salah Satu Bank di Indonesia Menggunakan Metode Scrum. Faktor Exacta, 14(2), 72. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v14i2.9330

Riana, E. (2021a). Konsep Penerapan Metode Scrum dan RDC System Dalam Pengembangan System Mobile Taking Order Web. Jurnal Media Informatika Budidarma, 5(1), 297. https://doi.org/-10.30865/mib. v5i1.2688

Riana, E. (2021b). Perancangan Sistem Informasi Integrated Payment (iPayment) Menggunakan Metode Scrum. Jurnal ICT: Information Communication & Technology, 20(2), 344–350. https://¬doi.org/-10.36054/jict-ikmi. v20i2.389

Ritonga, R. A., A’id, A. M., & Megayanti, A. (2021). Implementasi Metodologi Scrum Dalam Pengembangan Aplikasi Eregitrasi Vendor (Studi Kasus: Krakatau It). Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 4(1), 1–13. https://doi.org/10.47080/simika.v4i1.1096

Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020). The Scrum Guide. In Software in 30 Days. Mountain View: Creative Commons. https://doi.org/10.1002/9781119203278.app2

Setiawan, D., Rafianto, N., S, T. D., K, I. B., & Setianto, A. (2021). Implemtasi Scrum & Agile Pada Pengerjaan Sistem Informasi Lentera. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 61–75.

Sholihati, Z. I., & Tahyudin, I. (2022). Pengembangan Aplikasi Tiga-Tingkat Menggunakan Metode Scrum Pada Aplikasi Presensi Karyawan Glints Academy. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 5, 169–176.

Sidik, A., Rahayu, S., & Setiawan, F. F. (2022). Sistem Informasi Hasil Target Produksi Berbasis Web Menggunakan Metode SDLC Studi Kasus PT Victory Chingluh Indonesia. AJCSR (Academic Journal of Computer Science Research), 4(1), 17–21.

Subandi. (2015). Manajemen Mutu Layanan Konseling: Studi Kasus Layanan Konseling di MAN 1 Kota Metro. Al-Idarah, 5(2), 53–74.

Subekti, M., Lukman, L., Indrawan, D., & Putra, G. (2014). Perancangan Case Tools untuk Diagram Use Case, Activity, dan Class untuk Permodelan Uml Berbasis Web Menggunakan HTML5 dan PHP. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications, 5(2), 625. https://doi.org/¬10.-21512/¬comtech. v5i2.2199

Sudaryono, S., Santoso, N. P. L., & Gunawan, I. K. (2020). Perancangan Virtual Assistant Entrepreneurship Menggunakan Metode Scrum. Journal of Innovation and Future Technology (Iftech), 2(2), 66–77. Retrieved from http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/iftech/article/view/1021

Suhaimi, R., Santoso, N., & Siregar, R. A. (2020). Pengembangan Sistem Manajemen Proyek Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(6), 1897–1905. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id

Suharno, H. R., Gunantara, N., & Sudarma, M. (2020). Analisis Penerapan Metode Scrum Pada Sistem Informasi Manajemen Proyek Dalam Industri & Organisasi Digital. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 19(2), 203. https://doi.org/10.24843/mite.2020.v19i02.p12

Susanto, R., & Andriana, A. D. (2016). Perbandingan Model Waterfall dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM, 14(1), 756–757.

Syakti, F., & Oktaviani, N. (2020). Pengembangan Aplikasi Location Based Service Fasilitas Kesehatan Menggunakan Model Scrum. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 5(02), 144–152. https://doi.org/10.32767/jusim.v5i02.1005

Wahyudin, Y., & Rahayu, D. N. (2020). Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 15, 26–40.

Warkim, W., Muslim, M. H., Harvianto, F., & Utama, S. (2020). Penerapan Metode SCRUM dalam Pengembangan Sistem Informasi Layanan Kawasan. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 365–378. https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i2.2711

Wibawa, A. E. Y. (2021). Implementasi Platform Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring Di Mi Muhammadiyah Pk Kartasura Pada Masa Pandemi Covid-19. Berajah Journal, 1(2), 76–84. https://doi.org/10.47353/bj.v1i2.15

Wibowo, N. C. H., Milenia, F. I., & Azmi, F. H. (2019). Rancang Bangun Bimbingan Konseling Online. Walisongo Journal of Information Technologt, 1(1), 13–24.

Widayati, Y. T., Prihati, Y., Widjaja, S., Prakoso, S. A., & Notobudojo, A. R. (2021). Implementasi Twitter Bootstrap dalam Pengembangan Aplikasi Web E-Commerce (Studi Kasus Toko Putra Reban Kendal). Jurnal Transformatika, 19(1), 26. https://doi.org/10.26623/transformatika.v19i1.3541

Widiyanto, W. W. (2018). Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (Rad). Jurnal Informa Politeknik Indonusa Surakarta ISSN, 4(1), 34–40. Retrieved from http://www.informa.poltekindonusa.ac.id/-index.php/¬informa/¬article/¬view/34

Yogi, & Topiq, S. (2021). Aplikasi Platform Web Koperasi Simpan Pinjam Menggunakan Framework Laravel. EProsiding Teknik Informatika (PROTEKTIF), 2(1), 154–157.

Downloads

Published

28-07-2021

Issue

Section

Articles