Analisis Buku BIPA Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1 Berdasarkan Standar Penulisan Buku Ajar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p717-727

Keywords:

buku ajar BIPA, standardisasi buku, kesesuaian isi

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the anatomy, presentation of material for communication needs, and the suitability of the content of the material with SKL BIPA in the book Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1. This study used qualitative research methods with descriptive content research. The results of the research found, namely, (1) regarding the anatomy of the book, the type and size of the book have similarities with textbooks in general, the design of the book has many colors and images, and the layout is in accordance with the provisions of the book; (2) the presentation of the material has aspects with components in the form of dialogue/reading, material topics, and exercises; and (3) the content of the material in each unit is in accordance with SKL BIPA 1 and 2. The content of the material in each unit is in the form of language knowledge, language skills and cultural insight. The conclusions obtained from this study are that this textbook is able to develop students' communication skills and foster cultural knowledge.

Keywords: textbooks BIPA, book standardization, content conformity

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis anatomis, penyajian materi kebutuhan komunikasi, dan kesesuaian isi materi buku teks dengan SKL BIPA pada buku Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian konten deskriptif. Hasil penelitian yang ditemukan yaitu, (1) pada ranah anatomis buku, jenis dan ukuran buku memiliki kesamaan dengan buku ajar pada umumnya, desain buku memiliki banyak warna dan gambar, serta tata letak yang sudah sesuai dengan ketentuan buku ajar pada umumnya; (2) sajian materi memiliki aspek menyimak dan berbicara, membaca, serta menulis. Setiap aspek memiliki komponen yang sesuai dengan dialog/bacaan, topik materi, dan latihan; serta (3) isi materi dalam setiap unit-unit sudah sesuai dengan SKL BIPA 1 dan 2. Isi materi dalam setiap unit itu berupa pengetahuan bahasa, keterampilan bahasa dan wawasan budaya. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah buku ajar Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1 mampu mengembangkan kemampuan komunikasi pelajar serta menumbuhkan pengetahuan budaya.

Kata kunci: buku ajar BIPA, standardisasi buku, kesesuaian isi

References

Brannen, J. (2005). Memandu metode penelitian: Kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadhila, M. (2015). Materi bacaan dalam buku teks BIPA Lentera Indonesia 3. (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Malang).

Kusmiatun, A., Suyitno, I., S. Widodo, H., Basuki, I. A. (2017). Identifying features of Indonesia for Speaker of Other Language (BIPA) learning for academic purposes. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(4), 197-207.

Nugraha, A. D. S. (2017). Pengajaran BIPA sebagai program diplomasi: Studi kasus pada Pusat Budaya Indonesia, KBRI Dili. Esai disajikan dalam Simposium Internasional Pengajaran BIPA, Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Yogyakarta.

Pannen, P. (2001). Penulisan bahan ajar. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.

Pusbuk. (2006). Pedoman penilaian buku teks pelajaran bahasa dan sastra Indonesia untuk SMP/MTs dan SMA/MA. Jakarta: Depdiknas.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang buku yang digunakan oleh satuan pendidikan. Diakses dari (https://www.slideshare.net/kemdikbud/permendikbud-82016-buku-yang-digunakan-oleh-satuan-pendidikan).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Kursus dan Pelatihan Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Diakses dari http://appbipa.or.id/skl-standar-kompetensi-lulusan/.

Prasetiyo, A. E. (2015). Pengembangan bahan ajar BIPA bermuatan budaya Jawa bagi penutur asing tingkat pemula. (Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Semarang).

Sitepu. (2012). Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: Rosda.

Soewandi, A. M. (1994). Pengajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa asing: Tujuan, pendekatan, bahan ajar, dan pengurutannya. Salatiga: KIPBIPA UKSW.

Susanto, G. (2007). Pengembangan bahan ajar BIPA berdasarkan kesalahan Bahasa Indonesia pembelajar asing. Bahasa dan Seni, 35(2), 231—239.

Suyitno, I., Fawzi, A., Susanto, G., Anggari, P.D., Arista, H.D. (2019). Designing Indonesian learning materials for communicative purposes for foreign learners. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(10) 112—127.

Wojowasito, S. (1976). Perkembangan ilmu bahasa (linguistik) abad 20. Bandung: Shinta Dharma.

Yolferi. (2019). Analisis buku teks Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) berdasarkan standar penulisan buku teks pelajaran. Makalah disajikan dalam Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI, Balai Bahasa Sumatera Utara.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Pratiwi, A. ., Suyitno, I., & Ariani, D. . (2021). Analisis Buku BIPA Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1 Berdasarkan Standar Penulisan Buku Ajar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 717–727. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p717-727

Issue

Section

Articles