Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Songgon

Authors

  • Alfani Aziza Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1124-1138

Keywords:

pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan menulis, teks fabel

Abstract

Abstract: The study was intended to describe the learning process of the 7th grade students of SMP Negeri 1 Songgon in writing fable texts. The three aspects examined are planning, execution, and assessment of dissemination to write the fable text. The approach used is a qualitative approach with a descrip­tive type of research. At this research, the researcher acts as the key instrument. The data sources in this study are the teacher’s lesson plan, the learning activities, and the assessment activities from student’s writings and assessment’s instrument. The collection of data’s techniques in this study are observation techniques, interviews, and document studies. The research instruments used are the observation sheet, a document study guidelines, and the recorder. Data analysis techniques consist of collection, reduction, presentation, and conclusion. The stages of research carried out are preparation, implementation, analysis, and data reporting. From the result of data analysis, it is found that in the learning activity of fable text writing, three activities are performed by the teacher, namely planning, implementation, and learning assessment. The planning consists of the teachers lesson plan and its component. The implementation of learning consist of preliminary, main, and closing activities. And learning assessment includes process and results assessment from three aspects namely affective, cognitive and psychomotor.

Keywords: Indonesian language learning, writing skill, fable text

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis teks fabel di kelas VII SMP Negeri 1 Songgon. Aspek yang diteliti ada tiga macam, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis teks fabel. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini, peneliti bertindak sebagai intrumen kunci. Data dalam penelitian ini bersumber dari RPP yang digunakan guru, kegiatan pembelajaran menulis teks fabel, dan kegiatan penilaian hasil karangan siswa dan instrumen penilaian. Teknik pengum­pulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, pedoman telaah dokumen dan perekam. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penyimpulan. Tahap penelitian yang dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan, analisis dan pelaporan data. Dari hasil analisis data diketahui bahwa dalam pembelajaran menulis teks fabel terdapat tiga kegiatan yang dilakukan oleh guru yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Perencanaan pembelajaran terdiri dari RPP beserta komponennya. Pelaksanaan pembelajaran meli­puti kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian Pembelajaran meliputi penilaian proses dan penilaian hasil dari tiga aspek, yaitu penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kata kunci: Pembelajaran bahasa Indonesia, keterampilan menulis, teks fabel

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menenegah. Retrieved from https://bsnp-indonesia.org

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from https://bsnp-indonesia.org

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Retrieved from https://bsnp-indonesia.org

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Harsiati, T. (2011). Penilaian dalam pembelajaran: Aplikasi dalam pembelajaran membaca dan menulis. Malang: UM Press.

Hayuningtyas, D. (2018). Pembelajaran menulis teks cerpen untuk siswa kelas XI SMKN 3 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Ismawati, E. (2011). Perencanaan pengajaran bahasa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Isdisusilo. (2012). Panduan lengkap menyusun silabus dan RPP. Yogyakarta: Kata Pena.

Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kartikasari, Y. (2020). Pembelajaran menulis teks persuasi kelas VIII E SMP Negeri 9 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Kurniawan, H. (2015). Pembelajaran kreatif bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Prenadamedia Group.

Mulyasa, H. E. (2013). Pengembangan dan implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2012). Penilaian pembelajaran bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rusmono. (2012). Strategi pembelajaran dengan problem based learning itu perlu untuk meningkatkan profesionalitas guru. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi Kurikulum 13. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sastika, I., Hutagalung, T., Nasution, A. A., & Hasibuan, S. A. (2020). Kemampuan menulis teks cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan. Proceedings of Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 87–92. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/41226/

Sukirno. (2016). belajar cepat menulis kreatif berbasis kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wahono, Mafrukhi, Sawali, & Baihaqi, M. (2014). Mahir berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Yuliani, S. (2016). Peningkatan kemampuan menulis teks fabel dengan pembelajaran berbasis portofolio pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pondok Kelapa Bengkulu Tengah. Jurnal Diksa: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 89–99. doi: 10.33369/diksa.v2i1.3246

Downloads

Published

2022-08-29

How to Cite

Aziza, A. (2022). Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Songgon. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1124–1138. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1124-1138

Issue

Section

Articles