Perancangan Motion Comic untuk Meluruskan Stigma Masyarakat terhadap Penderita Skizofrenia

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i52022p628-644

Keywords:

komik, skizofrenia, stigma, motion comic

Abstract

Abstract: Schizophrenia is a severe mental disorder whose main symptoms are hallucinations and the appearance of delusions. Currently, there are quite a lot of people with schizophrenia in Indonesia, namely 6.7 percent of the entire population. Although the number of patients is already large, it turns out that public knowledge about schizophrenia is still low. This causes the patients to receive a bad stigma from the community so that it is difficult for patients to get cured and live a decent life. This paper aims to design comics to reduce the stigma of society towards people with schizophrenia. The method used is the ADDIE (Analysis, Design, Developed, Implementation, Evaluation) model. The results of this product design produce a final product in the form of an mp4 format video which has a duration of 3 minutes 29 seconds. This product has been published through the YouTube website. Based on the results of a survey with 20 respondents through google form which was processed using the Likert scale method, it showed that, as many as 91.6 percent of respondents welcomed this motion comic. In addition, it shows that this motion comic can be a medium of information about schizophrenia which is expected to reduce the stigma.

Keywords: motion comic, schizophrenic, stigma

Abstrak: Skizofrenia merupakan salah satu gangguan jiwa berat yang memiliki gejala utama berupa halusinasi serta munculnya waham atau delusi. Saat ini penderita skizofrenia di Indonesia cukup banyak yaitu sebanyak 6,7 persen dari seluruh penduduk. Walaupun jumlah penderita sudah banyak ternyata pengetahuan masyarakat tentang skizofrenia masih rendah. Hal itu menyebabkan penderita menerima stigma buruk dari masyarakat sehingga penderita sulit untuk mendapatkan kesembuhan dan hidup layak. Tulisan ini bertujuan untuk merancang komik untuk meluruskan stigma masyarakat terhadap penderita skizofrenia. Metode yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Developed, Implementation, Evaluation) model. Hasil dari perancangan produk ini menghasilkan produk akhir berupa video berformat mp4 yang memiliki durasi sebanyak 7 menit 5 detik. Produk ini sudah dipublikasikan melalui situs web youtube. Berdasarkan hasil survey dengan responden sebanyak 20 orang melalui google form yang diolah menggunakan metode skala Likert menunjukkan bahwa, sebanyak 91,6 persen responden menyambut baik motion comic ini. Selain itu hal tersebut menun­jukkan bahwa motion comic ini bisa menjadi media informasi tentang skizofrenia yang diharapkan bisa meluruskan stigma.

Kata kunci: motion comic, skizofrenia, stigma

References

Ariananda, R. E. (2015). Stigma masyarakat terhadap penderita skizofrenia (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/21871/

Bleuler, M. (1978). The schizophrenic disorder. In Long Term Patient and Family Studies. New Haven: Yale University Press.

Dahlan, A. (2015). Komik sebagai media pembelajaran. Retrieved from https://eurekapendidikan.com/komik-sebagai-media-pembelajaran

Hawari, D. (2001). Skizofrenia: Pendekatan holistik bio-psiko-sosial-spiritual. Jakarta: Badan Penerbit FKUI.

Janifer & Napitupulu, J. (2021). Perancangan animasi 2D fiksi guna mempelajari penyakit skizofrenia dengan judul Split Mind. Methodika: Jurnal Teknik Informatika & Sistem Informasi, 7(1), 62–66. Retrieved from https://ejurnal.methodist.ac.id/index.php/methodika/article/view/427

McCloud, S. (1998). Understanding Comics: The Invisible Art. IEEE Transactions on Professional Communications, 41(1), 66–69. doi: 10.1109/TPC.1998.661632

Nasriati, R. (2017). Stigma dan dukungan keluarga dalam merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Medisains: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan, 15(1), 56–65. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/medisains/article/view/1628

Purhita, E. J. (2018, November 3). Kuliah lapangan sketsa. Retrieved from https://stekom.ac.id/site/infoakademik/a8baa56554f96369ab93e4f3bb068c22/KULIAH-LAPANGAN-SKETSA

Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rahmawati, R. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap berita pada website APTISI. Sisfotenika, 8(2), 117–127. doi: http://dx.doi.org/10.30700/jst.v8i2.400

Reed, K. (Producer), & Kahrs, J. (Director). (2012). Paperman [Short motion picture]. USA: Walt Disney Animation Studios.

Riset Kesehatan Dasar. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Retrieved from http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

Safri. (n.d.). Pengertian render, rendering dan contohnya. Retrieved from https://www.grafis-media.website/2017/05/pengertian-rendering-dan-contohnya.html

Santoso, N. O., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2019). Perancangan karya seni fotografi konseptual tentang skizofrenia. Jurnal DKV Adiwarna, 1(14), 10. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/8621

Sovitriana, R. (2019). Dinamika psikologis kasus penderita skizofrenia. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Taylor, D. M. (2006). Schizophrenia in focus. London: Pharmaceutical Press.

World Health Organization. (2022, 10 January). Schizophrenia. Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact- sheets/detail/schizophrenia

Yudhantara, D. S., & Istiqomah, R. (2018). Sinopsis skizofrenia. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Downloads

Published

2022-05-18

How to Cite

Kulsum, U., Wardhana, M. I. ., & Sutrisno, A. . (2022). Perancangan Motion Comic untuk Meluruskan Stigma Masyarakat terhadap Penderita Skizofrenia. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(5), 628–644. https://doi.org/10.17977/um064v2i52022p628-644

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>