Implementasi Literasi Informasi Ekstrakurikuler Dhamysoga Librarian Club dalam Kegiatan Pembuatan Konten Promosi Perpustakaan SMA Negeri 5 Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p410-419

Keywords:

Literasi informasi, Ekstrakurikuler DLC, Pembuatan konten promosi

Abstract

Abstract: Extracurricular Dhamysoga Librarian Club is a non-formal education forum in developing the interest and talents of Senior High School 5 Malang students in librarianship and literacy activities. Activities that are actively carried out by DLC during the period of pandemic are the creation content of promotional libraries. These activities require skills and abilities in information literacy, so that the information submitted and received is appropriate and can be accounted for. This research aims to describe the implementation of information literacy in activities of creating promotional library content conducted by extracurricular DLC. The type of research used is quantitatively descriptive. The data was obtained from the score of the result of filling the questionnaire with research data, the source of 27 members who were active in November 2020-November 2021. Data analysis techniques with correlation and simple linear regression test. The result found that there is a correlation and effect between information literacy and library promotional content creation. The higher the implementation of information literacy is higher too the value of promotional content creation activities.

Keywords: information literacy, extracurricular DLC, promotional content creation

Abstrak: Ekstrakurikuler Dhamysoga Librarian Club adalah pendidikan non formal sebagai wadah mengembangkan minat dan bakat siswa SMA Negeri 5 Malang dalam kegiatan kepustakawanan dan literasi. Kegiatan yang masih aktif dilakukan oleh DLC pada masa pandemi yaitu kegiatan pembuatan konten promosi perpustakaan. Kegiatan tersebut membutuhkan kemampuan literasi informasi agar informasi yang didapat dan disampaikan tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi literasi informasi dalam kegiatan pembuatan konten promosi perpustakaan SMA Negeri 5 Malang yang dilakukan oleh ekstrakurikuler Dhamysoga Librarian Club. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Data diperoleh dari skor hasil pengisian angket dengan sumber data penelitian yaitu 27 anggota ekstrakurikuler DLC yang aktif di bulan November 2020 hingga November 2021. Teknik analisis data dengan uji korelasi dan uji regresi linier sederhana. Hasil didapatkan bahwa adanya hubungan dan pengaruh antara literasi informasi dengan kegiatan pembuatan konten promosi, semakin tinggi implementasi literasi informasi maka semakin tinggi pula nilai kegiatan pembuatan konten promosi.

Kata kunci: literasi informasi, ekstrakurikuler DLC, pembuatan konten promosi

References

Budiwanto, S. (2017). Metode statistika untuk mengolah data keolahragaan. Malang: UM Press.

Elsevier. (2019). A Librarian’s guide to marketing promotions. Retrieved from https://www.elsevier.com/__data/assets/pdf_file/0006/910257/A-Librarians-guide-to-marketing-promotions.pdf

Harahap, W. R. (2021). Penerapan strategi promosi perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(1), 103–116. doi: http://dx.doi.org/10.30829/jipi.v6i1.9314

Mirazita, Y., & Rohmiyati, Y. (2015). Studi literasi informasi mahasiswa KO-Asisten Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro menggunakan The Empowering Eight Model. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 78–85. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9509

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Drucker, K. T. (2012). PIRLS 2011 International Results in Reading. Chestnut Hill, Massachusetts: TIMSS & PIRLS International Study Center, Boston College. Retrieved from https://timssandpirls.bc.edu/pirls2011/international-results-pirls.html

OECD. (2015). PISA 2015 Results in Focus. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf

OECD. (2019). Programme for International Student Assessment (PISA) results from PISA 2018. , Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Rahmala, I. D., Suwignyo, H., & Kurniawan, T. (2018). Kemampuan literasi informasi pemustaka berdasarkan Information Literacy Standards for Student Learning. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 6–12. doi: https://doi.org/10.17977/um008v2i12018p006

Rasmira, Lubis, D. P., & Gandasari, D. (2019). Literasi informasi penyuluh pertanian di kabupaten Cianjur. Jurnal Penyuluhan, 15(2), 254–265. doi: https://doi.org/10.25015/15201924345

Raya, A. B., Kriska, M., Wastutiningsih, S. P., Cahyaningtyas, M. U., Djitmau, A., & Cahyani, G. F. (2018). Strategi pemanfaatan aplikasi Desa Apps dalam literasi informasi pertanian. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 16(2), 274–285. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalkmp/article/view/26341

Satuan Tugas Gerakan Literasi Sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Gerakan literasi sekolah. Retrieved from https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2019/07/Desain-Induk-Gerakan-Literasi-Sekolah-2019.pdf

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian (Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suhendri, R. R. (2019). Pelaksanaan literasi informasi pada mahasiswa Universitas Methodist dalam penelusuran informasi (Undergraduate thesis, Universitas Sumatera Utara, Medan). Retrieved from https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/23153

Vega, J. A. M. (2015). School libraries, information literacy and reading promotion initiatives in Spain. Proceedings of the 2006 IASL Conference. doi: https://doi.org/10.13140/RG.2.1.4783.2166

Wicaksono, H., & Kurniawan, A. (2016). Analisis keterampilan literasi informasi pustakawan Pusat Informasi Ilmiah di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto berdasarkan model The Big 6. Lentera Pustaka, 2(1), 21–44. doi: https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i1.12355

Wijetunge, P., & Singh, D. J. (2005). Introducing the information literacy model “Empowering 8” in South Asia with special reference to India and Sri Lanka. Proceedings of the 34th IASL Conference 2005: Information Leadership in a Culture of Change, 1–15. Retrieved from https://journals.library.ualberta.ca/slw/index.php/iasl/article/view/8008

Yudistira. (2017). Literasi informasi pustakawan di Perpustakaan Fakultas Teknik UGM menggunakan pengembangan model The Big 6. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 97–106. doi: https://doi.org/10.22146/bip.26069

Downloads

Published

2022-03-28

How to Cite

Fernanda, P. A., & Syahri, M. . (2022). Implementasi Literasi Informasi Ekstrakurikuler Dhamysoga Librarian Club dalam Kegiatan Pembuatan Konten Promosi Perpustakaan SMA Negeri 5 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(3), 410–419. https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p410-419

Issue

Section

Articles