Pengaruh menggemari drama Korea terhadap minat belajar mahasiswa FIS UM 2020

Authors

  • Tia Seksiati Rahayu Universitas Negeri Malang
  • Rafelita Cindra Inata Wahyudi Universitas Negeri Malang
  • Ridho Firman Haqiqi Universitas Negeri Malang
  • Rizky Ayu Lestari Universitas Negeri Malang
  • Thamira Imanuna Kamilah Universitas Negeri Malang
  • Prawinda Putri Anzari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um063v1i8p959-966

Keywords:

menggemari drama Korea, minat belajar, mahasiswa FIS UM 2020

Abstract

The effects of globalization which resulted in the acceleration of information exchange made many teenagers or students like Korean dramas so they prefer to spend their time just watching a Korean drama. In the end, the student is negligent and forgets about his obligation, namely studying, which can reduce interest in learning. And formulation the problem research is how the  inspiring of favoring Korean dramas on the learning interest of FIS UM 2020 students and how long it takes students to watch Korean dramas. In this study, a quantitative survey method was applied by distributing questionnaires to respondents. In determining the sample, researchers used purposive sampling. As for the study population, namely all students of FIS UM 2020, as many as 948 students with a sample of 100 respondents. Researchers collected data using a research instrument, namely a questionnaire in the form of a google form. The data analysis technique uses the SPSS 25 application to test the validity, reliability, t test and f test. As for the results of this research prove the influence of having a passion for Korean drama on student interest in learning at the FIS UM 2020. Evidenced in the t test and f test. where the T test resulted in a sig value of 0.01 less than 0.05 with t hit 7.136 more than t tab 1.66039. In addition, in the f test it was found that the sig value 0.01 less than 0.05 or the f hit value was 50.928 more than 3.94. The duration needed to enjoy Korean dramas is 1 hour with 34 respondents. Thus, this study has a conclusion in the form of the influence of favoring Korean dramas on the learning interest of FIS UM 2020 students, so that it gives results Ha is accept and H0 is reject.

Efek globalisasi yang mengakibatkan percepatan pertukaran informasi membuat banyak kaum remaja atau mahasiswa menggemari drama Korea sehingga mereka lebih memilih menghabiskan waktu hanya untuk menonton sebuah drama Korea. Pada akhirnya mahasiswa tersebut lalai dan lupa akan kewajibannya yakni belajar yang dapat menurunkan minat belajar. Adapun rumusan masalah penelitian yakni bagaimana pengaruh menggemari drama Korea terhadap minat belajar mahasiswa FIS UM 2020. Serta berapa durasi yang dibutuhkan mahasiswa dalam menonton drama Korea. Dalam penelitian ini menerapkan metode kuantitatif survey dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penentuan teknik sampling menggunakan purposive sampling. adapun populasi penelitian yakni seluruh mahasiswa FIS UM 2020 sebanyak 948 mahasiswa dengan sampel sebanyak 100 responden. Peneliti mengumpulkan data menggunakan instrument penelitian yakni kuesioner yang berupa google formulir. Adapun teknik analisis data memanfaatkan aplikasi SPSS 25 untuk menguji validitas, reliabilitas, uji t serta uji f. Adapun hasil riset ini membuktikan adanya pengaruh menggemari drama Korea terhadap minat belajar mahasiswa FIS UM 2020. Terbukti pada uji t serta uji f. Dimana uji T dihasilkan nilai sig 0,01 kurang dari 0,05 dengan t hit 7,136 lebih dari t tab 1,66039. Selain itu, dalam uji f didapatkan bahwa nilai sig 0,01 kurang dari 0,05 atau nilai f hit 50.928 lebih dari 3.94. Durasi yang banyak dibutuhkan untuk menggemari drama Korea sebanyak 1 jam dengan 34 responden. Dengan demikian maka penelitian ini memiliki kesimpulan berupa adanya pengaruh menggemari drama Korea terhadap minat belajar mahasiswa FIS UM 2020, sehingga memberikan hasil dimana Ha diterima dan H0 ditolak.

References

Asheriyanti, T. P. (2019). Pengaruh Tayangan K-Drama (Korean Drama Terhadap Perubahan Perilaku Mahasiswi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Bimantoro, D. (2019). Pengaruh Tayangan Drama Korea Terhadap Minat Belajar Bahasa Korea pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya).

Cresswell, J. W. (2012). Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Educational Research. https://doi. org/10.4135/9781483349435, (10).

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718-734.

Nurismawan, A. S., & Winingsih, E. (2020). Penerapan Konseling Individu Strategi Self-Management untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Menonton Drama Korea pada Peserta Didik Kelas X MIA 7 SMA Negeri 2 Lamongan. Jurnal BK UNESA, 11(3).

Ramlah, R., Suparman, A. R., & Larasati, C. N. (2019). Dampak Perilaku Kecanduan Tayangan Drama Korea terhadap Prestasi Belajar Kimia Remaja Usia 17 Hingga 19 Tahun Di SMA Negeri 1 Manokwari. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 2(1), 99-105.

Riawan, A. R., & Ervina, A. (2021). Analisa pengaruh pembiayaan tempuh terhadap aksesibilita angkutan umum menuju stasiun KRL Kota Bekasi. Jurnal Penelitian Transposrtasi Darat.

Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi: Dari sosiologi klasik sampai perkembangan terakhir postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 11, 25.

Suyanto, B. (2015). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Prenada Media.

Topan, D. A., & Ernungtyas, N. F. (2020). Preferensi Menonton Drama Korea Pada Remaja. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 37-48.

Downloads

Published

2021-08-23

Issue

Section

Articles