DARI RUANG KELAS KE DUNIA NYATA PELAJARAN BERHARGA DARI BANGKU KULIAH PPG KE PPL DI SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um063v4i6p4Keywords:
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Pendidikan Guru, SMPAbstract
Abstrak: Pengalaman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP memberikan kesempatan bagi mahasiswa calon guru untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di ruang kuliah ke dalam situasi nyata di lingkungan sekolah. Artikel ini mengeksplorasi perjalanan mahasiswa calon guru dari teori di bangku kuliah hingga praktik di SMP, menyoroti bagaimana PPL di SMP Negeri 4 Malang membantu dalam pengembangan keterampilan pengajaran, manajemen kelas, dan kemampuan adaptasi. Selain itu, artikel ini membahas tantangan dan hambatan yang dihadapi selama PPL serta upaya yang dilakukan untuk mengatasinya. Melalui pengalaman ini, mahasiswa calon guru tidak hanya belajar menjadi pendidik yang efektif tetapi juga mengalami pertumbuhan pribadi yang signifikan, membentuk identitas profesional, dan mendapatkan inspirasi dari interaksi dengan peserta didik dan komunitas sekolah. Pengalaman PPL menjadi elemen kunci dalam mempersiapkan mahasiswa calon guru untuk menghadapi dunia kerja dan membawa perubahan positif dalam dunia pendidikan.
References
Ibda, H. 2018. Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0 .
JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education. 1(1),1-21
Irawan, H. 2011. Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Meningkatkan Kualitas Pelaksanaan Ppl Mahasiswa Angkatan
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar
Mardaleta, D., Sari, E.M., & Wardiwira, F. F. 2023. Penerapan Teaching Factory Pada Elemen Diversifikasi Hasil Perikanan
Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Kejuruan. Jurnal Oase. 2 (2) 92-103. Retrieved from
https://ejurnal.kptk.or.id/oase/article/view/34
Sanga, L.D. & Wangdra, Y. 2023. Pendidikan adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial
& Teknologi. Vol. 5. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067
Siregar, N., Sahirah, R., Harahap, A.A. 2020. Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of
Islamic Education. 1(1). 141-157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.