MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK DIFERENSIASI DI KELAS 2 SD LAB UM

Authors

  • Rifdah Nadia M Universitas Negeri Malang
  • Anas Thohir Universitas Negeri Malang

Keywords:

Asesmen Diagnostik, Diferensiasi, Pendidikan Pancasila

Abstract

Abstrak :Penelitian ini dilakukan dengan tujuan dapat meningkatkan pembelajaran pendidikan pancasila melali asesmen diagnostik diferensiasi dikelas 2 SD. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data primer berasal dari SD LAB UM yang terdiri dari pendidik dan siswa kelas 2. Sumber data sekunder diperoleh kajian literatur, dan artikel ilmiah. Dengan subjek penelitian siswa kelas 2 SD dengan jumlah sampel 28 siswa, serta instrumen penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah pelaksanaan asesmen diagnostik dengan pendekatan diferensiasi yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa lebih mudah memahami mata pelajaran pendidikan pancasila pada materi keberagaman identitas personal, hal ini terlihat dari tugas dan proses pembelajaran yang dilakukan siswa menjawab dengan baik dan sudah mengenali keberagaman identitas personal dirinya dan temannya. Asesmen diagnostik yang dilakukan sangat membantu pendekatan  diferensiasi sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga rencana proses pembelajaran yang sudah dirancang berjalan dengan maksimal dan mencapai tujuan pembelajaran tersebut

References

Amalia, N., & Siswanto, J. (2024). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIANSI TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD N KARANGREJO 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 2276-2285. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2765

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504.

Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi asesmen diagnostik dalam pembelajaran ipa pada masa pandemi covid-19 di smp/mts wilayah menganti, gresik. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 165-170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/37361

Kusumaningpuri, A. R. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPAS Fase B Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 8(1), 199-220. https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1321

Maryam, A.S. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi.

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Pedoman Pelaksanaan Kurikadum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Puspitasari, I., Kusumaningrum, P. H., Ardiningsih, S., Dinarti, S., & Wahyuningsih, T. (2024). Implementasi Pembelajaran Diferensiasi dalam Mengatasi Keberagamaan Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1), 82-93. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2720

Rizali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374

Salma, V. M., Nugroho, S. E., & Akhlis, 1. (2016). Pengembangan E-Diagnostic Test Untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Fluida Statis. Unnes Physics Education Journal, 5(1), 18-25. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v5i1.1 2701

Sulastri, S., Supriyati, Y., & Margono, G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Lintas Minat Kimia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. 722-733. https://doi.org/http://doi.org/10.30998/prokaluni.v2 10.160.

Downloads

Published

2024-06-12

Issue

Section

Articles