NILAI-NILAI KEBHINEKAAN MASYARAKAT DEMAK PADA ABAD 15 – 16 M UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Authors

  • Adin Nur Kholifah Universitas Negeri Malang
  • Arif Perwira Dhani Universitas Negeri Malang
  • Didit Ditya Fritambiradi Universitas Negeri Malang
  • Luthfiah Ayundasari Universitas Negeri Malang

Keywords:

Kebhinekaan global, Sejarah demak, Profil pelajar pancasila

Abstract

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah memaparkan nilai-nilai kebhinekaan masysrakat Pesisir Demak pada abad ke 15 hingga 16 masehi untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Nilai-nilai kebhinekaan dan kerukunan antar umat yang tercermin dalam kehidupan masyarakat maritim Demak pada 15 - 16 M dapat menjadi pelajaran untuk memperkuat Profil Pelajar Pancasila utamanya pada dimensi Kebhinekaan Global untuk siswa ketika mata pelajaran sejarah.

References

Abdillah, K. M. B., Wardani, R., Widya, & Notaris, M. (2022). Akulturasi Masjid Menara Kudus dan Masjid Agung Demak. Artikel ini disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan IPS, Palembang pada Maret 2024.

Afidah, N. 2021. Perkembangan Islam pada Masa Kerajaan Demak. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan (JASIKA). (Online), Tahun 1, Nomor 1. (https://journal.umy.ac.id/index.php/jasika, diakses 20 April 2024).

Ali. M. 1963. Peranan Bangsa Indonesia dalam Sejarah Asia Tenggara. Jakarta: Bhratara.

Ayuningrum, D. 2017. Akulturasi Budaya Cina dan Islam dalam Arsitektur Tempat Ibadah di Kota Lasem, Jawa Tengah. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan. (Online), Tahun 12, Nomor 2. (https://doi.org/10.14710/sabda.12.2.122-135, diakses 22 April 2024).

Aziz, D. K. 2013. Akulturasi Islam Dan Budaya Jawa. Fikrah: Jurnal Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, (Online), Tahun 1, Nomor 2. (https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/fikrah/article/view/543, diakses pada 21 April 2024).

Cahyani, V. R. 2022. Pengaruh Pesisir Utara Jawa terhadap Aktivitas Perniagaan Kerajaan Demak Abad Ke-15 Hingga Ke-17 M. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah. (Online), Tahun 5, Nomor 2. (http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari, diakses 21 April 2024).

Daldjoeni, N. 2019. Geografi Kesejarahan II: Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Dinas Pariwisata Kabupaten Demak. 2022. Peran dan Fungsi Masjid Agung Demak. (Online) (https://pariwisata.demakkab.go.id/?page_id=370, diakses pada 21 April 2024).

De Graaf & Pigeaud. 1985. Kerajaan Islam di Jawa. Yogyakarta: Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara.

Feranda, P. & Putri, M. F. J. L. 2023. Implementasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Jiwa Berbhineka Global Peserta Didik. (Online), (https://www.researchgate.net/publication/376160348_Implementasi_Pendidikan_Pancasila_dan_Kewarganegaraan_dalam_Membentuk_Jiwa_Berbhineka_Global_Peserta_Didik, diakses 21 April 2024)

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., Arifin, B. S. 2022. Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul - Jurnal Pendidikan. (Online), Tahun 6, Nomor 1. (https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622, diakses pada 20 April 2023).

Leirissa, R. Z., Ohorella, G. A., & Tangkilisan, Y. B. 2012. Sejarah Perekonomian Indonesia. Yogyakarta: Ombak.

Lombard, D. 2005. Nusa Jawa: Warisan Kerajaan-Kerajaan Konsentris. Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Maryam. 2016. Transformasi Islam Kultural ke Struktural (Studi Atas Demak). Tsaqofah & Tarikh. (Online), Tahun 1, Nomor 1. (DOI: 1029300/ttjksi.blil.864, diakses 19 April 2024).

Nisah, N., Widiyono, A., & Slsabela., T. 2022. Konsep Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Optimalisasi Efikasi Diri dan Gaya Belajar Siswa. Artikel ini disajikan di Seminar Nasional Sultan Agung ke-4, Semarang pada17 November 2022.

Nurharjani, D. R., Purwaningsih, E. Febiona, I. 2015. Akulturasi Lintas Zaman di Lasem: Perspektif Sejarah dan Budaya (Kurun Niaga – Sekarang). Yogyakarta: Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB).

Utami, C. S. M., Putri, A. W., Milla, N. P., & Rohman, M. 2023. Ekonomi Perdagangan dan Penyebaran Islam: Menelisik Kejayaan Demak dalam Jaringan Kemaritiman. Book Chapter Ekonomi Jilid 2. (Online), Tahun 4, Nomor, 2. (https://bookchapter.unnes.ac.id/index.php/ie/article/view/113, diakses pada 20 April 2024).

Utami, L. S. S. 2015. Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi. (Online), Tahun 7, Nomor 2. (https://doi.org/10.24912/jk.v7i2.17 diakses 22 April 2024).

Rahardjo, S. & Ramelan, W. D. 1997. Kota Demak sebagai Bandar Dagang di Jalur Sutra. Jakarta: Putra Sejati Raya.

Suyitno, M., Rukhmana, T., Nurmiati, A. S., Romadhon, F., Irawan., & Mokodenseho, S. 2023. Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education. (Online), Tahun 6, Nomor 1. (http://jonedu.org/index.php/joe, diakses pada 21 April 2024)

Taufiq, F. 2019. Hitam Putih Kesultanan Demak: sejarah kerajaan Islam pertama di Jawa dari kejayaan hingga keruntuhan. Yogyakarta: Araska.

Yuliani, W. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. (Online), Tahun 2, Nomor 2. (https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497, diakses pada 21 April 2024)

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles