PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI MELALUI MEDIA VIDEO BERGAMBAR SERI BERBASIS STORYTELLING SISWA KELAS V SDN BARENG 1

Authors

  • Nita Wahyu Ningsih Universitas Negeri Malang

Keywords:

Keterampilan Menulis, Media Video Bergambar, Storytelling

Abstract

Abstrak: Keterampilan menulis merupakan suatu kemampuan mengungkapkan gagasan dan ide melalui media tertulis. Keterampilan menulis teks penting untuk dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Dalam kurikulum merdeka belajar, pemerintah menggiatkan praktik literasi di seluruh jenjang pendidikan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa, salah satunya keterampilan menulis. di kelas 5 SDN Bareng 1, keterampilan peserta didik masih cukup rendah. Rendahnya keterampilan menulis peserta didik disebabkan oleh kurangnya minat belajar terhadap menulis. Ketika pembelajaran mengarang, mayoritas peserta didik kurang mengeksplorasi kata sehingga hasil karangannya singkat dan terkesan kaku. Peserta didik juga belum sepenuhnya memperhatikan penggunaan kata hubung dan huruf kapital. Peserta didik membutuhkan semacam media sebagai sarana meningkatkan motivasi belajar, sehingga peserta didik mampu meningkatkan keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas 5 SDN Bareng 1. Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks narasi melalui media video bergambar seri berbasis storytelling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan nilai rata-rata pretest sebesar 63,9 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73. Berdasarkan paparan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa keterampilan menulis teks narasi melalui media video bergambar seri berbasis storytelling oleh siswa Kelas V SDN Bareng 1 telah mengalami peningkatan.

References

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD MI. PRIMARY, 09(01), 27.

Fitriany, F. (2014). Pengembangan Media Gambar Seri Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Kebondalem Mojokerto. Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 02(02), 1–10.

Eliya, Ixsir. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai- Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(2), 337–348.

Khoirurrijal, dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.

Kurnia, R., Arief, D., & Irdamurni, I. (2018). Development of Teaching Material for Narrative Writing Using Graphic Organizer Story Map in Elementary School. International Journal of Research in Counseling and Education, 1(1), 22.

Mariati. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Berbantuan Media Gambar Seri di Kelas VI SD Negeri 025 Teluk Binjai Kecamatan Dumai Timur. PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(3), 455–461.

Megawati. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Keseimbangan Ekosistem. Universitas Negeri Medan.

Rasyid Karo-Karo, Isran & Rohani. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91–96.

Smalzer, W. R. (2014). Write to be Read: Reading, Reflection, and Writing. Cambridge University Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles