MARAK TREN BUNUH DIRI, DIKLAT WAWASAN KEBINEKAAN GLOBAL TANAMKAN PENTINGNYA SELF LOVE KEPADA MAHASISWA PPG PRAJABATAN
Keywords:
Bunuh Diri, Diklat, Self LoveAbstract
Abstrak: Tren kasus bunuh diri remaja, terutama di kalangan mahasiswa semakin sering ditemukan. Motifnya beragam dan banyaknya kasus tersebut juga disebabkan karena kurangnya dukungan sosial dari dalam diri maupun dari luar. Artikel ini ditujukan untuk mengaitkan diklat wawasan kebinekaan global yang menanamkan pentingnya self love terhadap adanya tren bunuh diri akhir-akhir ini. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dari beberapa bacaan mengenai self love, tren bunuh diri, dan pengamatan langsung pada kegiatan diklat wawsan kebinekaan global. Penelitian ini menghasilkan suatu kaitan antara self love dengan adanya tren kasus bunuh diri yang semakin banyak ditermukan akhir-akhir ini. Diklat wawasan kebinekaan global yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang berperan aktif dalam hal tersebut, yaitu dengan menanamkan self love melalui rangkaian kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 1 April 2024 untuk mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 Universitas Negeri Malang
References
Bransen, Jan. (2015). Self-Knowledge and Self-Love. Ethic Theory Moral Prac, 18,(1) 309-321. https://doi.org/10.1007/s10677-015-9578-4
Karisma, N. & Rofiah, A. dkk (2023). Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 560-567. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439
Kuway, Tirenia, T. (2024). Upaya Penerapan Self Love Untuk Membangun Karakter Positif Pada Remaja Di Era Revolusi Society 5.0. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Keilmuan Mandira Cendikia, 2(7), 193–204. Retrieved from https://journal-mandiracendikia.com/index.php/mdi/article/view/934
Love, L, P. & Singh, S. (2013). Following the Golden Rule and Finishing Gold: Generosity and Success in Negotiation. 285-300.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Semarang: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.