IMPLEMENTASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF DAN MENARIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 16 MALANG

Authors

  • Sahidan Almas Ghozali Universitas Negeri Malang
  • Listyo Yudha Irawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Wordwall, IPS

Abstract

Abstrak: Penelitian ini ingin mengeksplorasi dan menganalisis implementasi penggunaan media pembelajaran Wordwall sebagai alat interaktif dan menarik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SMPN 16 Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan efektivitas Wordwall dalam meningkatkan partisipasi siswa serta untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangan media ini dalam konteks pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Responden dalam penelitian ini adalah salah satu guru IPS di SMPN 16 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall dalam pembelajaran IPS di SMPN 16 Malang mampu meningkatkan partisipasi siswa dan dianggap sebagai media interaktif dan menarik. Siswa-siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi dalam pembelajaran ketika menggunakan Wordwall, terutama karena sifat interaktifnya yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi secara aktif. Meskipun demikian, terdapat beberapa kekurangan yang diidentifikasi dalam penggunaan Wordwall. Kekurangan utama yang disoroti adalah fitur yang terbatas dan tampilan yang kurang variatif. Kemudian terdapatnya kendala dalam menyesuaikan konten pembelajaran dengan format yang tersedia di Wordwall. Selain itu, beberapa siswa juga menyampaikan bahwa mereka menginginkan lebih banyak variasi dalam tampilan dan aktivitas yang dapat dilakukan di Wordwall.

References

Abdussamad, Zuchri. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Bidaya: Media Komunikasi Ilmu-Ilmu Sosial Dan Budaya, 12(1), 127–150

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi VI, Cetakan ke 13, PT. Asdi Mahasatya, Jakarta.

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Japar, Muhammad, dkk. 2019. Media dan Teknologi Pembelajaran PPKN. Surabaya, Jakad Publishing

M. Thobroni, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruz media, 2015), h. 17

Nasution, Toni dan Lubis Maulana Arafat Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial, Yogyakarta: Samudra Biru, 2018.

Siti Farhaniyah, “Penerapan Media Berbasis Wordwall Untuk Meningktakan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 127 Kota Jambi” (Skripsi, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi, 2021), 13.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles