PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 7 SMP SRIWEDARI MALANG

Authors

  • Anissa Maulida Zahrani Universitas Negeri Malang
  • Pidekso Adi Universitas Negeri Malang

Keywords:

Wordwall, Problem Based Learning, Minat Belajar

Abstract

Abstrak: Penggunaan media pembelajaran serta metode kerap ditemukan mengalami kendala karena kurangnya kesadaran guru dalam menerapkan media pembelajaran. Penyebab kurangnya minat siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa di kelas menggunakan media pembelajaran wordwall berbasis game online dengan kuis materi yang diajarkan, metode yang digunakan Problem Based Learning. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian tujuh siswa di kelas 7 SMP Sriwedari Malang. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan penerapan media pembelajaran berbasis game online melalui website wordwall dan metode Problem Based Learning berhasil, siswa mengalami kelonjakan presentasi nilai hingga 50 persen dan keaktifan hingga 87,5 persen.

References

M. Suardi, “Belajar Dan Pembelajaran Tujuan Belajar Dan Pembelajaran,” Uwais Inspirasi Indonesia, no. March, hlm. 175, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://www.coursehero.com/file/52663366/Belajar-dan-Pembelajaran1-convertedpdf/

H. Belajar, “©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan Model Pembelajaran,” vol. 5, no. 2, hlm. 157–161, 2023.

M. T. Amir, Inovasi Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Gravindo Persada, 2007.

E. Saelan Malewa, M. Al Amin, U. S. Negeri, B. Lita kec Tanete Rilau Kab Barru, I. Teknologi dan Bisnis Bina Adinata Jl Sukun, dan J. Kec Gantarang Kab Bulukumba, “Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Materi Zakat Di Uptd Sd Negeri 65 Barru the Use of Wordwall Application in Increasing Students’ Interest in Learning Zakat Material At Uptd Sd Negeri 65 Barru,” Jurnal Educandum, vol. 9, no. 1, hlm. 22-30pemilihan datapenyajian data, 2023.

I. R. Baisa, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif,” Belantika Pendidikan, vol. 1, no. 2, hlm. 86–93, 2019, doi: 10.47213/bp.v1i2.25.

S. Arikunto dan S. Suhardjono, “Penelitian Tindakan Kelas: Penelitian Tindakan Kelas,” Bumi Aksara, hlm. 1–32, 2017, [Daring]. Tersedia pada: https://www.sman2prg.sch.id/upload/file/71262145PTKAdiWahyudiNoor,S.Pd.pdf

A. W. D. D. Warso, Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Dee publish, 2021.

Serly dan Ayunda, “Penerapan Game Interaktif Wordwall Berbasis Website Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sebagai Bentuk Penerimaan Teknologi Dalam Merdeka Belajar,” vol. 1, no. 2, hlm. 40–42, 2022, [Daring]. Tersedia pada: www.ccsu.edu/wmln

N. Herta, B. C. Nupus, R. Sanggarwati, dan T. Y. Setiawan, “Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Seminat Nasional Paedagoria, vol. 3, hlm. 527–532, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://wordwall.net/

A. D. D. Utami, A. Marini, N. Nurcholida, dan S. Sabanil, “Penerapan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, hlm. 6855–6865, Jun 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3365.

A. Octaviana, D. Marlina, dan N. Kusumawati, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Grudo 3 Ngawi,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 1, hlm. 6752–6760, 2023.

L. B. Subagja, “Pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi berbasis website wordwall.net dan e-LKPD wizer.e terhadap motivasi belajar siswa,” Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, hlm. 141–150, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/5042

A. A. Pramesti, D. W. Ekowati, dan F. Febriyanti, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD pada Pelajaran Bahasa Indonesia,” Jurnal Simki Pedagogia, vol. 6, no. 2, hlm. 489–499, Mei 2023, doi: 10.29407/jsp.v6i2.316.

Downloads

Published

2024-06-11

Issue

Section

Articles