AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA PERILAKU SISWA KELAS 4 SEMESTER 2 DI SDN KETAWANGGEDE KOTA MALANG

Authors

  • M. Mahfudz Anwar Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia
  • Ririn Harianti Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Keywords:

Aktualisasi, Pancasila, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam mengenai aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada perilaku siswa kelas 4 semester 2 Di SDN Ketawanggede Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui kegiatan mengamati, memahami, menguraikan dan menelaah data. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SDN Ketawanggede Kota Malang. Hasil menunjukkan bahwa aktualisasi nilai-nilai Pancasila pada perilaku siswa kelas 4 SDN Ketawanggede Kota Malang sudah berjalan dengan baik. Nilai-nilai Pancasila diamalkan dalam keseharian siswa di sekolah. Namun, ditemukan juga beberapa hambatan baik yang berasal dari internal siswa itu sendiri maupun peran orang tua yang kurang maksimal.

References

Kartini, D., & Dewi, D. A. (2020). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan: Studi kasus di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(2), 120-135.

Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Melalui Pendidikan Sekolah. (2013). Makalah IKIP PGRI Madiun, 6 Januari 2013.

Shifana Savitri, & Anggraeni Dewi. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kebangsaan, 8(3), 210-225.

Asmarini, A. P. (2016). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal Kehidupan Sosial, 12(1), 45-57.

Fatimah, S. M. A. N., & Kabupaten Gayo Lues. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran: Studi kasus di SDN Ketawanggede Kota Malang. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 80-95.

Triyanto, T., & Fadhilah, N. (2018). Pengaruh Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Perilaku Siswa SDN Ketawanggede Kota Malang. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 30-45.

Rido, M. S. (2023). Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila melalui Pendidikan Sekolah. Skripsi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kusumo, L. F. (Tahun tidak disebut). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran Tematik Model Cooperative Learning Kelas IV C Di MIN Jejeran Bantul. Skripsi. Tidak diterbitkan.

Izzati, R. S. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila terhadap Perilaku Nasionalisme Siswa. Jurnal PPKN, 10(2), 150-165.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1993). Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles