PENERAPAN KONSEP "MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG BERPIHAK PADA PESERTA DIDIK" UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C PESERTA DIDIK PADA PROGRAM PPL PPG PRAJABATAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Authors

  • Saifullah Ahmad El Yasin PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Lingkungan belajar, Peserta didik, Keterampilan 4c

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bagaimana seorang guru dapat membuat lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik, sehingga dapat mengembangkan keterampilan 4c peserta didik sesuai dengan tuntutan abad 21. Penciptaan lingkungan belajar yang berpihak pada peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai cara, dimana untuk menentukan bagaimana/apa cara yang digunakan didasarkan oleh karakteristik peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan informan berjumlah 4 orang, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara secara mendalam. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pembelajaran yang diakibatkan adanya ketidaksesuaian penggunaan metode dan media pembelajaran oleh guru. Untuk mengatasi permasalah tersebut beberapa cara seperti memahami karakteristik dan kondisi peserta didik, menerapkan prinsip Understanding By Design (UbD), menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT), dan menerapkan variasi penggunaan media dan metode pembelajaran dapat diterapkan. Penerapan penggunaan variasi metode dan media pembelajaran dilakukan melalui 3 siklus, dan di setiap siklus terdapat perubahan yang terjadi pada peserta didik, dan menunjukkan cara itu dapat mengatasi permasalahan yang ada.

References

As’ari,A.R. (2016). Penggunaan Backward Design dalam Merancang Pembelajaran Matematika Yang Bernuansa Observation-Based Learning.FMIPA Universitas Negeri Malang.

DOORVINA, D. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMEMPUAN SPEAKING SISWA KELAS XI IPS 3 SMAN 1 MALINAU. STRATEGY: Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 1(2), 231-236.

Irawati, D., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Filsafat pendidikan Ki Hajar Dewantara sebagai landasan pendidikan vokasi di era kurikulum merdeka. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4).

Isjoni. 2013. Cooperative Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta

Khaidir, M., & Pasaribu, M. (2022). Pemanfaatan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Edumaniora : Jurnal Pendidikan Dan Humaniora, 1(02), 269–271. Retrieved from https://journal.cdfpublisher.org/index.php/edumaniora/article/view/60

Naldi, W., Suryadi, S., Herman, T., & Dwiana, R. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Rancangan Understanding by Design (UbD) terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5224-5231.

Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Nganga, L.(2019). Preservice Teachers’ Perceptions And Preparedness To Teach For Global Mindedness And Social Justice Using Collaboration, Critical Thinking, Creativity And Communication (4cs). Journal Of Social Studies Education Research, 10(4), 26–57

Nurhayati, I., Pramono, K. S. E., & Farida, A. (2024). Keterampilan 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication And Collaboration) dalam Pembelajaran IPS untuk Menjawab Tantangan Abad 21. Jurnal Basicedu, 8(1), 36-43.

Nurlitasari, A., & Hamami, T. (2023). Assessment as, for, of learning pembelajaran pendidikan agama Islam tingkat menengah atas. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(2).

Rosyidah, A. N. K., Husniati, Widodo, arif, & Khair, B. N. (2022). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sdn Darek Lombok Tengah. Journal of Elementary Education, 5(1), 53–58. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/9979

Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 11-11.

Setiawati, W., Asmira, O., Ariyana, Y., & Bestary, R. (2018). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills: Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Issue 1).

Suparlan, H. (2015, February). FILSAFAT PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA. Jurnal Filsafat, 25(1), 64.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Anar, A. P. (2020). Pendidikan Ips Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar.Entita: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial,2(2), 185-198.Ministry of Health. (2017). Looking at long-term residential care in a rest home or hospital: What you need to know. Wellington, New Zealand: Author.

Wiggins, G.,andMc Tighe, J. 2005.Understanding by Design: Extended 2nd Edition. Alexandria, VA: ASCD.

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles