PENERAPAN METODE SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 MALANG DI KELAS XI-3

Authors

  • Mochammad Fardianto Nurdin PPG, Universitas Negeri Malang
  • Aditya Nugroho Widiadi PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Scaffolding, ZPD, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Scaffolding merupakan pendekatan yang merujuk pada pemberian bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan dan mengurangi frekuensi bantuan tersebut secara berkala. Pada konsep Zone Of Proximal (ZPD) dalam pembelajaran sejarah merupakan zona di mana siswa dapat mencapai sesuatu dengan usahanya sendiri atau bantuan dari orang lain, yang dalam konteks ini adalah memahami materi pembelajaran Sejarah. Peran guru dalam metode ini adalah sebagai fasilitator yang bertugas memberikan sarana atau wadah kepada siswa untuk mendukung proses belajarnya, memberikan bimbingan kepada siswa atau yang disebut dengan Scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik analisis data secara induktif dari informasi atau data-data yang telah diperolah di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan Langkah-langkah penerapan metode Scaffolding pada Zone Of Proximal (ZPD) pada pembelajaran sejarah di kelas XI-3 SMA Negeri 1 Malang dengan tetap mempertimbangkan kemampuan awal dan karaktersitik kebutuhan dan gaya belajar siswa.

References

Asmara, Y. (2019). Pembelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontekstual. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora 2.

Herdin Muhtarom, D. K. (2020). Pembelajaran Sejarah Yang Aktif, Kreatif dan Inovatif Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bihari: Pendidikan Sejarah dan Ilmu Sejarah.

Mamin, R. (2008). Applying of Scaffolding Study Method on Main Subject of Unsure Periodic System. Chemica.

Mustika Zahro, S. M. (2017). The Implementation Of The Character Education In History Teaching. Historica.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, F. (2020). Implementasi Metode Scaffolding Dalam Pembelajaran Sejarah Lokal. Sajaratun Pendidikan Sejarah Universitas Flores.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles