IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER MANDIRI MELALUI PENGELOLAAN KELAS DI KELAS 3 SDN KETAWANGGEDE KOTA MALANG

Authors

  • Susi Puspitasari PPG, Universitas Negeri Malang
  • Ririn Harianti PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Karakter Mandiri, Implementasi, Pengelolaan Kelas

Abstract

Salah satu hal yang penting untuk ditanamkan sejak usia dini ialah kemampuan mandiri. Kemandirian dapat membantu mempersiapkan menjadi individu yang tangguh dan siap menghadapi rintangan di masa depan, salah satu nya dengan pengelolaan di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penanaman karakter mandiri melalui pengelolaan kelas di kelas 3 SDN Ketawanggede Malang, termasuk strategi-strategi, kendala yang dihadapi, serta upaya-upaya untuk mengatasi tantangan tersebut. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai melibatkan proses kondensasi data (Data Condensation), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan (Conclusions Drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru kelas 3 SDN Ketawanggede Malang dalam mengimplementasikan penanaman karakter mandiri melalui pengelolaan kelas telah menunjukkan hasil yang cukup baik. Namun, terdapat kendala-kendala yang dihadapi oleh guru, seperti perbedaan latar belakang dan kemampuan siswa, serta keterbatasan waktu dan jumlah siswa yang banyak, memang merupakan tantangan yang cukup besar. Untuk mengatasi kendala tersebut, upaya-upaya yang dilakukan oleh guru kelas 3 SDN Ketawanggede Malang dalam mengatasi tantangan menanamkan karakter mandiri pada siswa melalui pengelolaan kelas, seperti memberikan bimbingan dan pendampingan yang lebih intensif, melibatkan siswa yang lebih mandiri sebagai "tutor sebaya", serta membuat variasi kegiatan dan sistem penugasan, telah menunjukkan hasil yang cukup baik.

References

Asrori, A. (2006). Psikologi Remaja.Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Bumi Aksara

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Halimatussa’diah, Y., & Napitupulu, R. H. M. (December 2023). Penerapan Metode Pembiasaan untuk Mendorong Perkembangan Kemandirian Anak. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 90-96. DOI: http://dx.doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3147

Handayani, N., & Watiyah, W. (January 2023). Peran Guru BK Dalam Mengurangi Kesenjangan Sosial Ekonomi Siswa Al-Ikhlas. MUHAFADZAH, 2(1), 30-37. DOI: 10.53888/muhafadzah.v2i1.575.

Kartika, Y. (2022). Penerapan Metode Pemberian Tugas Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak Pada Usia 5-6 Tahun di TK PGRI Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Intan Lampung.

Maryono, M., Budiono, H., & Okha, R. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Mandiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1),20-38. DOI: http://dx.doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6750

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Nuriana, D. (2018). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Sikap Siswa Pada Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 51-62

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan Kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. KORDINAT. 16(1), 31-46

Samawi, M. & Hariyanto. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, R. D. & Rosyidah, A. Z. (2019). Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 3(1), 1-12.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta, CV: Bandung

Syahrizal, F., Suhartono, S., & Rokhmaniyah. (2022). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter dalam Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Adikarso Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 99-105. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v10i1.55363

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles