ANALISIS PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN SAWOJAJAR 5 MALANG

Authors

  • Distian Fisti Ramdini PPG, Universitas Negeri Malang
  • Lila Miftakhul Rohma PPG, Universitas Negeri Malang
  • Inna Zahrotul Layyina PPG, Universitas Negeri Malang
  • Fany Hasanah Suryanto PPG, Universitas Negeri Malang
  • Hidayatu Rohmah PPG, Universitas Negeri Malang
  • Khuril Azizah PPG, Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Arafik PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Profil pelajar Pancasila, SDN Sawojajar 5 Malang, Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila terjadi dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen terhadap siswa kelas 4, 5, dan 6 beserta guru-guru yang terlibat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pelajar memiliki pemahaman awal yang baik tentang nilai-nilai Pancasila, tetapi penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan pembelajaran masih perlu ditingkatkan. Faktor-faktor seperti lingkungan keluarga, budaya sekolah, dan kurikulum menjadi penentu utama dalam membentuk profil pelajar Pancasila. Implikasi dari temuan ini adalah perlunya strategi pembelajaran yang lebih terintegrasi dan berkelanjutan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila di SDN Sawojajar 5 Malang. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi profil pelajar Pancasila dan efektivitas strategi pembelajaran yang diimplementasikan.

References

AD, O. Y., Ariyanto, P., & Huda, C. (2022). Analisis Penguatan Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Fase B di SD Negeri 02 Kebondalem. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12861-12866.

Alanur, S. N., Jamaludin, J., & Amus, S. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179-190.

Ernawati, Y., & Rahmawati, F. P. (2022). Analisis profil pelajar pancasila elemen bernalar kritis dalam modul belajar siswa literasi dan numerasi jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 6132-6144.

Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 133-141.

Ilmiah, N. (2022). Analisis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Meningkatkan Jiwa Wirausahawan Pada Peserta Didik Fase B UPT SD Negeri 40 Gresik. Al-Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 20(3), 683-693..

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter peserta didik di sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687-706.

Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis Implementasi Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1638-1645.

Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila SD Negeri Deresan Sleman. Journal of Nusantara Education, 2(1), 1-10.

Winarsih, B. (2022). Analisis penerapan pendidikan karakter siswa kelas III melalui program penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 2388-2392.

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). Konstruksi profil pelajar pancasila dalam buku panduan guru PPKN di sekolah dasar. Jurnal Civic Hukum, 7(1).

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles