MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI MELALUI DIKLAT WAWASAN KEBHINEKAAN GLOBAL (WKG) BAGI MAHASISWA PPG PRAJABATAN GELOMBANG 2 2023 UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Authors

  • Ayu Eka Lestari PPG, Universitas Negeri Malang

Keywords:

Mahasiswa PPG, Toleransi, Diklat WKG

Abstract

Indonesia adalah negara yang bhineka memiliki keberagaman agama, suku, ras dan adat istiadat yang beragam. Namun demikian khebinekaan yang tidak disikapi dengan bijak maka akan menimbulkan konflik yang bermacam-macam, dalam menangani konflik tersebut Universitas Negeri Malang mengadakan Diklat Wawasan Kebhinekaan Global bagi mahasiswa PPG Prajabatan gelombang 2 2023. Tujuan diadakannya diklat tersebut guna menumbuhkan sikap toleransi bagi mahasiswa PPG calon guru-guru professional. Mahasiswa keguruan memiliki potensi yang strategis dalam mempromosikan toleransi, karena pendidikan merupakan wadah untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap toleransi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan saat diklat WKG dan untuk mengetahui seberapa besar manfaat diadakannya diklat WKG. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deksriptif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 2023 jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, selanjutnya dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi dan juga wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasnya setelah diadakan diklat Wawasan Berkebhinekaan Global mahasiswa lebih memahami arti toleransi secara mendalam, sikap toleransi yang dimiliki mahasiwa lebih tinggi dan mahasiswa lebih menghargai perbedaan yang ada di Indonesia.

References

Akhwani, A., & Kurniawan, M. W. (2021). Potret Sikap Toleransi Mahasiswa Keguruan dalam Menyiapkan Generasi Rahmatan Lil Alamin. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 890–899.

Purwati, P., Darisman, D., & Faiz, A. (2022). Tinjauan Pustaka: Pentingnya Menumbuhkan Nilai Toleransi dalam Praksis Pendidikan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3729–3735. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2733

Ridwan Effendi, M., Dwi Alfauzan, Y., & Hafizh Nurinda, M. (2021). Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43–51. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175

Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2024-06-04

Issue

Section

Articles